Pantai di Belitung– Belitung merupakan sebuah Pulau di Provinsi Bangka Belitung. Belitung selain dikenal sebagai Pulau Laskar pelangi karena disinilah syuting film laskar pelangi tersebut. Selain itu ternyata Belitung memiliki banyak tempat wisata Pantai yang eksotis dan menakjubkan.

Pantai merupakan wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, Sahabat ataupun Rekan Kantor, Berwisata di Pantai juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan Menyenangkan.

Wisata di Pantai banyak disukai, Pengunjung bisa bermain air, Berenang maupun hanya sekedar berfoto. Berfoto dengan latar belakang laut memberikan kesenangan tersendiri dan Pastinya Selain bermain di Pantai, Pengunjung bisa mencicipi kuliner seafood yang sangat dinantikan saat berwisata di Pantai.

Tidak usah bingung mencari wisata Pantai di Belitung yang Direkomendasikan untuk Anda, Karena kami akan mengulas secara singkat Pantai yang ada di Belitung. Berikut 10 Pantai di Belitung.

Baca Juga: 20 Tempat Liburan di Belitung Terpopuler, Hits, dan Unik

Pantai Tanjung Kelayan

Pantai di Belitung

Pemandangan bibir pantai Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayan termasuk Destinasi wisata pantai di Belitung terbaik. Pemandangannya yang indah membuatnya jadi primadona di pulau ini. Nggak heran kalau beberapa tahun lalu tempat ini jadi tuan rumah Sail Wakatobi Belitong yang merupakan ajang internasional bergengsi.

Seperti pantai lainnya di Belitung, di sini juga ada batu granit berukuran besar. Warnanya yang hitam pekat sangat kontras dengan jernihnya air di sekitarnya. Ditambah dengan pasir putih yang terhampar luas membuat pantai ini sempurna keindahannya.

Kamu yang suka menikmati senja, bisa menunggu hingga matahari terbenam di pantai ini. Langitnya yang berwarna jingga tampak sangat indah dan membuat suasana terasa makin syahdu.

Pantai Batu Berlayar

Pantai di Belitung

Batu yang terlihat seperti mengapung dan berlayar

Kalau mau melihat banyak batuan besar kamu bisa datang ke wisata pantai di Belitung ini. Ada banyak batu granit menjulang tinggi dengan gagahnya. Disebut dengan Pantai Batu Berlayar karena ada dua batu yang bentuknya seperti layar perahu.

Pantai ini tidak memiliki daratan yang luas karena sebagian besar berisi batu. Meski begitu kamu tetap bisa duduk santai di atas bebatuan sambil berburu foto yang ciamik. Pepohonan rindang di sekelilingnya membuat suasana di pantai ini terasa sangat sejuk.

Air lautnya juga sangat jernih sehingga kamu bisa melihat dasar laut dengan jelas. Batunya terkadang licin saat terkena air, jadi lebih baik kamu hati-hati saat berada di sini.

Pantai Pulau Lengkuas

Pantai di Belitung

Marcusuar peninggalan belanda di Pantai Pulau Lengkuas

Untuk Anda yang baru pertama kali ke pulau Belitung, jangan sampai kelewatan pantai ini. Di pantai Pulau Lengkuas terdapat peninggalan sejarah Belanda pada tahun 1882 berupa mercusuar yang masih berdiri dengan kokoh. Dengan ketinggian 62 meter, mercusuar ini dapat dikunjungi oleh wisatawan yang datang.

Terlepas dari kokohnya mercusuar peninggalan Belanda, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih tentunya menggoda para wisatawan menghabiskan waktu untuk bermain air. Tidak perlu khawatir, disini terdapat lokasi untuk snorkeling yang sayang sekali jika terlewatkan

Tempat snorkeling di pantai Pulau Lengkuas ini memiliki lokasi yang tidak terlalu jauh. Deretan karang serta ikan-ikan yang berada di sekitar pantai turut menjadikan tempat ini sangat mengasyikan untuk berlibur bersama keluarga.

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai di Belitung

Panorama Pantai Tanjung Tinggi

Walaupun pemerintah daerah tidak turun tangan untuk mengelola pantai ini, pantai Tanjung Tinggi tetap memiliki fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan yang datang sehingga dapat menikmati keindahan pemandangan lautnya. Warung makan, toilet, ban pelampung, serta perahu karet sudah tersedia dan siap digunakan.

Jika Anda ingin memiliki foto ala pemeran film laskar pelangi yang sedang berenang di pantai dengan dikelilingi batu granit, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot berfoto.

Karena pantai ini dikelola oleh warga, sehingga untuk masuk ke dalam lokasi wisata, Anda hanya perlu membayar biaya retribusi parkir. Tidak ada harga tiket masuk pantai yang resmi.

Pantai Pulau Burung

Pantai di Belitung

Bebatuan besar yang terbentuk seperti burung

Pulau Burung memiliki lokasi di daerah Belitung utara. Memiliki nama demikian karena terdapat batu besar yang berbentuk menyerupai kepala burung. Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, tetapi pemandangannya indah dan dijamin bikin betah.

Pantai ini sangat cocok untuk melepas penat setelah bekerja, pasir putihnya yang lembut serta pemandangannya yang indah ikut serta menyejukkan suasana. Terdapat beberapa bungalow yang biasanya digunakan untuk beristirahat setelah penat mengelilingi pantai.

Di Pulau Burung, Anda bisa melihat Laut Cina selatan sehingga menjadi salah satu objek destinasi wisatawan yang tidak pernah terlewatkan.

Pantai Penyabong

Pantai di Belitung

Potret dari atas Pantai Penyabong

Siapkan tenaga dan fisik yang kuat kalau mau main ke Pantai Penyabong ya, karena jalanan yang akan sobat tiket lalui cukup panjang dan berliku.  Namun, kamu nggak perlu khawatir, karena selama perjalanan, pepohonan dan perbukitan menjadi teman terbaik sobat tiket.

Salah satunya yang nggak boleh dilewatkan adalah Batu Baginde, batu yang ukurannya besar banget yang menandakan kalau perjalanan sobat tiket sudah dekat. Hampir sama dengan Pantai batu Berlayar, pantai ini juga didominasi oleh batuan granit, tetapi jauh lebih besar dan mengagumkan.

Panorama pulau-pulau yang berada di tengah laut tentunya menjadi sajian yang menyenangkan bagi para wisatawan yang datang. Nah, kalau biasanya pantai di Belitung berombak tenang, Pantai Penyabong punya ombak yang cukup menantang, lho. Jadi, sebaiknya jangan berenang demi keselamatan.

Pantai Serdang

Pantai di Belitung

Wisata Pantai Serdang

Lain lagi dengan Pantai Serdang, pantai di Belitung yang juga sangat diminati wisatawan. Kalau pantai di Indonesia identik dengan pepohonan kelapa di tepinya, pantai satu ini justru dipagari dengan deretan pohon pinus dan rerumputan.

Lalu, kamu juga akan menemukan perahu-perahu nelayan berwarna-warni berderet rapi di garis pantai, semakin menambah keindahan Pantai Serdang. Namun, ombak di pantai ini terbilang tinggi, jadi sebaiknya kamu tidak berenang atau menyelam di sini.

Sebagai gantinya, kamu bisa kok berjalan-jalan sembari merasakan lembutnya pasir pantai. Kalau mau lebih berkesan lagi, kamu datang saja selepas subuh. Matahari terbit di Pantai Serdang katanya yang paling indah.

Perut mulai terasa lapar? Gak perlu khawatir, sobat tiket. Kamu bisa menikmati berbagai hidangan laut dan minum kepala segar di warung-warung yang berada di sekitar pantai.

Pantai Tamak Damar

Pantai di Belitung

Salah satu pantai di belitung yang masih begitu asri

Pantai ini terletak di daerah Belitung Timur. Untuk wisatawan yang ingin membeli makanan laut, lokasi wisata inilah tujuannya. Tambak Damar merupakan tempat nelayan mencari hasil laut. Tak heran jika saat mendatangi pantai ini terlihat banyak kapal nelayan yang menepi di sekitar bibir pantai.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki dari pantai ini adalah memiliki garis pantai panjang, yaitu kurang lebih 3 km tetapi belum memiliki fasilitas pendukung seperti toilet.

Pantai Bukit Batu

Merupakan salah satu pantai di belitung yang di penuhi bebatuan besar

Mungkin banyak wisatawan yang masih asing dengan pantai ini. Tempatnya yang berada dibalik bukit dengan hutan lebat menjadikannya jarang dikunjungi. Bukit Batu memiliki dua area, yaitu bagian berpasir dan bagian batu-batu granit dengan ukuran besar.

Di atas bukit terdapat rumah tradisional berbentuk panggung yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan pantai. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, jangan lupa persiapkan bekal dari rumah, karena disana tidak ada pedagang yang menjual makanan.

Pantai Punai

Merupakan Pantai paling asik untuk menikmati senja

Pantai punai sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati senja. Disana akan disuguhkan pantulan cahaya matahari tenggelam di atas laut dengan warna kuning keemasan.

Punai sendiri merupakan nama burung yang banyak hidup bebas di pantai ini. Wisata ini memang tak seindah Tanjung Tinggi, tetapi suasananya yang sepi dapat merilekskan pikiran. Di depan pantai ini terdapat pulau kecil dengan nama pulau Punai. Jika air sedang surut, kalian bisa berjalan ke Pulau ini.

Pantai Tanjung Pendam

Pantai yang muali ramai di kunjungi

Apabila kalian penikmat sunset, pantai Tanjung Pedam juga menawarkan keindahan pemandangan sunset di atas lautnya. Tidak hanya bisa menikmati keindahan momen matahari tenggelam, di pantai ini juga terdapat taman hiburan. Cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Di pantai Tanjung Pedam juga terdapat galeri yang berupa rumah dari kerajinan tangan dan lukisan yang menawan. Setelah matahari terbenam, pantai ini menyajikan live music untuk para pengunjungnya.

Pantai Nyiur Melambai

Panorama Pantai Nyihur Melambai

Saat sampai di pantai ini, pengunjung akan disambut dengan lembutnya pasir putih. Pantai ini menawarkan pemandangan hijaunya pohon di bukit samak. Di sekitar pantai ini terdapat panggung yang digunakan untuk pertunjukan seni khas Belitung.

Jika mengunjungi lokasi wisata ini, dapat terlihat para pemancing yang berjajar di pinggir pantai. Setelah lelah menikmati keindahan laut, pengunjung dapat menikmati kuliner yang dijajakan oleh beberapa kedai di sekitar lokasi dengan masakan khas Belitungnya.

Nah itulah tadi 10 Pantai di Belitung yang paling populer saat ini. Dan buat kalian yang ingin berlibur ke belitung namun tidak mau ribet mempersiapkan jadwal liburan? Tenan kami labirutour siap membantu dengan cara beli Paket Liburan Belitung Terbaru.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda