Wisata Kuliner Banyuwangi– Banyuwangi kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang begitu eksotis. Selain itu ternyata Banyuwangi juga terkenal akan masakan khas tradisionalnya seperti sego cawuk, rujak soto, dan masih banyak lagi. Nah kami (Labirutour) akan membahas mengenai tempat wisata kuliner yang ada di banyuwangi yang wajib kalian coba saat di kota banyuwangi:

Baca: Rekomendasi Tempat Outbound di Banyuwangi Terbaru Tahun ini

Pecel Pincuk Bu Tin

wisata kuliner banyuwangi

Pecel pincuk bu tin khas Banyuwangi

Ketika Anda sedang berada di Banyuwangi, maka Anda pun bisa mencoba untuk sarapan Nasi Pecel Pincuk Bu Tin yang lezat ini. Nasi pecel yang di pincuk dengan daun pisang ini disajikan dengan pincuk dalam ukuran yang agak besar, sehingga Anda pun akan puas untuk memakannya. Ada beragam lauk yang tersedia mulai dari telor, ayam, ati ataupun limpa. Untuk mencobanya, warung pecel ini terletak dekat denagn hotel Slamet Banyuwangi.

Pecel Pitik di Desa Kemiren

wisata kuliner banyuwangi

Masakan Tradisional Pecel Pitek khas Desa Kemiren Banyuwangi

Pernah mendengar Suku Osing di Banyuwangi? Jika pernah, maka kuliner yang satu ini adalah salah satu kuliner khas Suku Osing yang asli Banyuwangi. Makanan ini bisa dinikmati dengan lezat dan biasanya digunakan sebagai makanan untuk kepentingan adat.

Nasi pecel pitik adalah nasi pecel yang dibuat dari urap-urap ayam kampung dengan parutan kelapa. Ayam ini biasanya disuri-suir dan diurap dengan kelapa mentah namun sudah dibumbui.

Warung Pesantongan Kemangi Kemiren

wisata kuliner banyuwangi

Salah satu potret cemilan khas dari banyuwangi

Warung Pesantongan Kemangi menjadi destinasi wisata kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Berlokasi di desa wisata Kemiren Banyuwangi, Warung Pesantongan Kemangi menyajikan berbagai kuliner lezat yang bisa Anda coba.

Berbagai makanan khas Banyuwangi disajikan di Warung Pesantongan Kemangi. Tidak hanya itu, makanan ringan seperti kucur, serabi, hingga tape buntut juga bisa Anda nikmati disana. Menikmati makanan tradisional dengan tambahan minuman tradisional menjadi perpaduan yang tepat. Bagi Anda pecinta minuman tradisional, beras kencur bisa menjadi pilihan minuman yang bisa Anda coba.

Rujak Soto

wisata kuliner banyuwangi

Cobain sop rujal khas Banyuwangi

Rujak soto merupakan kuliner khas Banyuwangi yang berisi paduan rujak sayur dan soto. Soto bisa berupa soto daging sapi, ayam, atau babat. Rujak soto disajikan dengan cara menyiram potongan lontong, irisan timun, potongan tempe, kangkung, tauge, daun turi, daging, babat, kikil, usus, dan sambal kacang, serta petis dengan kuah kuning berempah.

Biasanya rujak soto dinikmati bersama es temulawak. Beberapa tempat untuk menikmati rujak soto yang terkenal adalah Pondok Rujak Soto di Jl Basuki Rahmat 143 Karangagung Banyuwangi. Ada juga Rujak Soto Mbok Mbret yang berada di Jalan Raya Jember nomor 72, Banyuwangi.

Sego Bungkus Bu Poer

wisata kuliner banyuwangi

Nasi bungkus kekinian

Sego Bungkus Bu Poer menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Banyuwangi yang sayang untuk Anda lewatkan. Pengunjung bebas memilih nasi dengan pilihan nasi putih, nasi jagung, nasi merah, hingga nasi merah.

Sego Bungkus Bu Poer juga menawarkan berbagai lauk yang bisa Anda pilih. Telur dadar, oseng-oseng mercon, hingga berbagai olahan ikan bisa Anda nikmati disana. Bagi Anda pecinta nasi gudeg, Sego Bungkus Bu Poer juga menyediakan nasi gudeg dengan rasa lezat lho

Rawon Bik Ati Banyuwangi

wisata kuliner banyuwangi

Rawon dari banyuwangi ini beda dari yang lain

Satu lagi destinasi wisata kuliner di Banyuwangi yang sayang untuk dilewatkan yakni Rawon Bik Atik. Bagi Anda penggemar kuliner rawon, Rawon Bik Atik bisa menjadi tujuan saat datang ke Banyuwangi.

Segarnya kuah rawon berpadu dengan gurihnya rempah menjadikan kuliner yang satu ini wajib Anda coba. Empuknya daging khas Rawon Bik Atik juga dijamin lezat saat dinikmati. Selain itu, pelengkap seperti tauge dan sambal juga jangan sampai terlewat saat menikmati satu porsi Rawon Bik Atik Banyuwangi.

Batok Tawon

wisata kuliner banyuwangi

Makanan yang wajib di coba di Banyuwangi

Botok adalah sebutan bagi makanan khas Jawa yang diolah dengan dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Sedangkan tawon adalah bahasa Jawa dari lebah. Ya, makanan ini adalah makanan yang diolah dari sarang lebah.

Rasanya cukup unik dan juga gurih. Makanan ini merupakan salah satu makanan langka yang mungkin tidak ada di daerah lainnya selain Banyuwangi. Oleh karena itu, alternatif makanan yang satu ini patut dicoba.

Sop Kesrut Rodiyah

wisata kuliner banyuwangi

Sop lezat yang sayang untuk di lewatkan

Banyuwangi terkenal dengan Wisata Kawah Ijen yang mempesona. Namun kuliner yang satu ini juga bisa membuat wisatawan ingin kembali ke Banyuwangi di lain kesempatan. Sop kesrut mungkin terdengar tidak begitu familiar di telinga masyarakat luar. makanan ini adlaah salah satu menu makanan yang cukup unik dan enak untuk dinikmati selagi berwisata ke Banyuwangi.

Makanan ini adalah makanan olahan kaldu yang cukup kental, lengkap dengan ayam kampung yang gurih dan asam. Da juga rasa-rasa pedasnya dan sangat menggugah selera dan wajib dicoba.

Bakso Andre

Bakso di dalam bakso

Destinasi wisata uliner di Banyuwangi selanjutnya adalah Bakso Andre. Anda bisa menemukan bakso hamil hingga bakso beranak super jumbo di Bakso Andre. Ukuran bakso di Bakso Andre memang cukup beragam. Ada yang 2kg, 1kg, 0.5 kg, dan beberapa bakso yang berukuran leih kecil.

Sebutan menu di Bakso Andre juga cukup unik yakni Bakso Hamil 3 Bulan, Bakso Hamil 7 Bulan, hingga Bakso Hamil 9 Bulan. Selain Bakso Hamil, Anda juga bisa memilih menu Bakso Beranak untuk dinikmati. Rasa daging yang gurih dan empuk khas Bakso Andre menjadikan bakso ini wajib Anda coba saat berada di Banyuwangi.

Bakso Kiki Genteng Banyuwangi

Warung Bakso yang terkenal di banyuwangi

Bagi Anda yang ingin mencoba bakso di Banyuwangi, ada bainya Anda dateng ke daerah kecamatan Genteng. Bakso Kiki ini merupakan salah satu bakso yang diminati oleh masyarakat, terutama ketika hari lebaran. Ada berbagai macam menu bakso yang bisa Anda nikmati disini mulai dari bakso halus, bakso kasar hingga bakso telor. Bakso ini pun buka mulai pukul 9 pagi hingga 9 malam.

Mie Ayam Ahem Banyuwangi

Mie Ayam khas Banyuwangi

Jika Anda penggemar kuliner mie ayam, Anda pun bisa mencoba mie ayam yang terkenal di Banyuwangi. Mie Ayam Ahem ini memiliki mie dengan tekstur yang kenyal dan daging ayam yang eksta banyak. Berlokasi di Jalan Haryono, Banyuwangi, Mie Ayam Ahem ini bisa Anda coba karena memiliki tempat yang nyaman dan juga rasa yang enak.

Baca Juga: Harga Terbaru Paket Outbound di Banyuwangi

Nah itulah tadi sedikit pembahasan mengenai wisata kuliner banyuwangi yang bisa kalian coba dan rasakan kelezatannya

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda