Air Terjun di Bali – Ketika berkunjung ke destinasi wisata terpopuler yang dijuluki Pulau Dewata ini, pasti pantai adalah yang pertama kali terpikirkan di benak para wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Padahal, wisata alam Bali juga tidak kalah indahnya.

Bukan tanpa alasan mengapa popularitas wisata alam Bali tidak sepopuler wisata baharinya. Selain karena letaknya yang cukup jauh, juga sebagian besar medan yang harus kamu tempuh cukup melelahkan. Tentu tidak semudah ketika kamu hendak ke pantai.

Alasan ini tidak akan berguna bagi para pecinta wisata alam dan adventure, bukan? Jika kamu adalah salah satunya atau sudah bosan dengan wisata yang itu-itu saja di Bali, maka pilihan wisata air terjun terbaik ini sudah saatnya masuk dalam bucket-list kamu untuk perjalanan kamu berikutnya.

 

Credit: TravelingYuk

Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul adalah yang pertama wajib masuk dalam bucket-list kamu saat berkunjung ke Bali. Tidak hanya 1, ada 7 air terjun yang berada di area yang sama dengan ketinggian bervariasi mencapai 100 meter. Untuk mencapai lokasi, kamu perlu menempuh jarak sejauh 300 meter melewati jalan dan anak tangga yang cukup licin.

Belum lagi, kamu juga harus rela basah basahan menyeberangi sungai sedalam paha orang dewasa, Oleh karena itu, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sesuai dan mempersiapkan perlengkapan darurat yang memadai untuk meminimalisir resiko yang tidak diinginkan di tengah perjalanan.

Meski membutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan, semua akan terbayarkan dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Udara segar dan suasana segar akan menemani sepanjang perjalananmu menuju lokasi. Area air terjun ini terletak di Desa Sekumpul, Sawan, daerah Buleleng.

Sebenarnya ada banyak sebutan untuk air terjun ini, mulai dari Air Terjun Pemuatan sampai Seven Points Waterfall yang lebih terkenal di kalangan turis asing. Biaya masuknya pun tergolong sangat terjangkau, yaitu mulai 2 ribu rupiah saja per orang bagi wisatawan domestik.

 

Credit: IDNTimes

Air Terjun Banyu Wana Amertha

Masih di kawasan Buleleng, wisata alam yang ada di area ini sebenarnya sangat menakjubkan. Hanya saja belum banyak tereksplore oleh wisatawan karena medannya yang cukup sulit. Bagi pecinta wisata alam dan adrenalin pasti sangat tidak keberatan untuk blusukan sampai lokasi hidden gem terbaik di Bali ini.

Jika Air Terjun Sekumpul adalah 7 air terjun yang berkumpul, maka Banyu Wana Amertha merupakan air terjun yang aliran airnya bertumpuk – tumpuk. Untuk sampai ke lokasi, kamu perlu melalui akses jalan dengan medan yang cukup melelahkan setelah membayar biaya masuk kawasan sebesar 10.000,- saja per orang.

Meski begitu, sepadan dengan hasil yang akan menunggumu ketika sampai di titik lokasi air terjun ini berada. Udara dan air yang ada di hutan ini terasa sangat dingin namun sejuk dan menyegarkan. Tidak heran sebab aliran Banyu Wana Amertha berasal dari sumber mata air asli dari hutan lindung yang berada di Wanagiri. Landscape alamnya pun terbilang sangat indah, cocok bagi kamu yang senang mengabadikan momen yang fotogenic.

 

Credit: PiknikNesia

Air Terjung Aling-aling

Tak ada habis-habisnya memberikanmu kejutan, Buleleng menjadi destinasi yang wajib masuk dalam bucket-list kamu jika kamu adalah pecinta air terjun sejati. Yup, dari kebanyakan wisata air terjun terbaik di Bali, 4 terbaik di antaranya berada di kawasan Buleleng.

Salah satunya adalah Air Terjun Aling Aling yang terletak di Sambangan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter dengan kontur dinding yang unik sehingga membuat air terjun jatuh terbelah dua. Untuk mencapai lokasi, kamu harus berjalan kaki sekitar 10 menit melewati areal persawahan dan menuruni ratusan anak tangga.

Memang butuh perjuangan untuk bisa sampai ke lokasi tapi tidak akan membuatmu merasakan kelelahan karena pemandangan yang akan kamu lalui sepanjang jalan sangatlah menarik. Bagi kamu yang tidak bisa berenang, sebaiklah cukup menikmati suasana air terjun dari jarak yang aman.

Pasalnya, kedalaman cekungan dasar kolam mencapai 4 meter. Kolam ini dikelilingi oleh tebing – tebing curam yang ditumbuhi pepohonan. Menariknya lagi, di sekitaran lokasi ini terdapat banyak air terjun lainnya yang bisa sekalian kamu kunjungi. Beberapa diantaranya seperti Air Terjun Kroya, Air Terjun Kembar, Air Terjun Cemara, Air Terjun Pucuk, dan Air Terjun Cangina.

 

Credit: Liputan6

Air Terjun Leke Leke

Berikutnya adalah salah satu air terjun terbaik di Bali yang berlokasi cukup dekat dari kawasan kota dan memiliki akses jalan atau medan tempuh yang mudah. Meski begitu, pemandangan tidak kalah menarik dengan air terjun yang telah kita bahas sebelumnya. Air terjun ini bernama Air Terjun Leke Leke.

Jika sudah pernah sampai ke lokasi, kamu pasti akan mengakui bahwa landscape air terjun ini sangat cinematik. Suasananya sangat tenang, sejuk, dan memiliki udara segar alam pegunungan. Terlebih lagi, kamu tidak perlu melihat tempat wisata yang ramai wisatawan sehingga kamu bisa mengabadikan momen dari angle manapun sesuai preferensi estetika kamu.

Kamu perlu melakukan perjalanan sejauh 500 meter di jalan yang sudah tersedia dengan akses yang sangat mudah. Sedangkan, untuk biaya masuknya memang cenderung lebih mahal daripada beberapa air terjun yang sudah kita bahas sebelumnya, yaitu sebesar 20.000,- per orang. Pasalnya, selain dekat, medan tempuhnya pun sudah dapat diakses dengan mudah oleh para wisatawan.

 

Credit: IDNTimes

Air Terjun Banyumala

Kembali lagi ke Buleleng, salah satu air terjun terbaik di Bali berlokasi di Sukasada yang masih masuk kawasan Buleleng. Air terjun ini membentang sepanjang 20 meter dengan dinding tebing yang tertutup oleh tanaman hijau yang terlihat rapi bak taman buatan. Karena diameter air terjun yang cukup lebar, maka kolam dasarnya pun cukup luas sehingga kamu bisa puas berenang di area ini.

Bagi kamu yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir karena kedalamannya masih cukup aman yaitu setinggi dada orang dewasa. Sesampainya di lokasi pasti kamu tidak akan tahan akan godaan landscapenya sangat terlihat sangat cinematik untuk segera kamu potret sebanyak-banyaknya dari berbagai angle terbaikmu.

Baca Juga:
7 Tempat Wisata di Gianyar Bali, Surganya Wisata Alam Hijau
Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Bali Terbaik, View Menakjubkan!

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali