Air Terjun Kedung Pedut – Yogyakarta dengan semua keistimewaan yang tiada habisnya. Menyimpan sejuta keindahan disetiap sisi daerahnya, dan Kulon Progo salah satunya.

Kawasan di daerah istimewa Yogyakarta ini memiliki segudang pesona alam dengan sejuta keindahan yang masih jarang ditemukan.

Saat ini Kulon Progo sedang mengembangkan potensi wisatanya, dan siapa sangka, kamu akan banyak menemukan serpihan – serpihan keindahan surga saat mengunjunginya.

Air Terjun Kedung Pedut salah satunya, air terjun yang memiliki dua warna di dalamnya, menampilkan keunikan sekaligus keindahan yang tersuguhkan oleh alam.

Nama air terjun satu ini pasti masih terdengar asing, atau mungkin ada yang belum pernah mendengarnya. Tapi jangan salah dengan keindahan panorama yang ada di sana.

Bahkan keindahan air terjun ini bisa dikatakan mampu mengalahkan keindahan air terjun lainnya yang ada di Yogyakarta.

Penasaran bagaimana dengan Air Terjun Kedung Pedut ini? Tenang, kali ini Labiru akan mengulasnya untukmu. Simak ulasan dibawah sampai habis ya.

 

Keunikan Air Terjun Kedung Pedut, Airnya Memiliki Dua Warna

Air Terjun Kedung Pedut ini memiliki keunikan sendiri yang menarik hati. Untuk kamu yang belum pernah kesini, saat melihat gambar pasti mengira bahwa itu adalah editan.

Sepertinya memang kamu harus ke sini dan membuktikan sendiri, karena warna air di sini memang asli seperti itu tanpa efek edit sama sekali.

 

Ada dua warna di air terjun ini yang bisa kamu nikmati, yaitu warna putih jernih, berasal dari kejernihan air yang mengalir di sini, sekaligus menandakan bahwa kondisi alam masih sangat baik dan asri.

Warna kedua yang bisa kamu temukan di sini adalah hijau tosca, banyak yang menyebut biru tosca juga. Warna tersebut terbentuk karena pengaruh batuan dasar sungainya.

Batuan dasar sungai di sini akan larut secara perlahan sehingga mengubah warna air menjadi hijau ke biruan tosca, seperti yang terlihat saat ini.

Warga sekitar juga sering menyebut Air Terjun Kedung Pedut ini dengan sebutan waterpark alami. Karena, di air terjun ini, ada sebuah kolam renang yang terbentuk secara alami.

Airnya pun berasal dari sumber mata air yang terjun langsung dari mata air yang jaraknya tidak jauh dari kawasan ini.

 

Keindahan Air Terjun Kedung Pedut Dengan Kolam Berkabut

Selain air dua warnanya, keunikan lainnya yang bisa kamu temukan di air terjun ini adalah aliran airnya yang banyak dan adanya kolam alami.

Aliran air yang banyak juga merupakan daya tarik air terjun ini. Aliran air yang tidak membentuk pusaran membuat terciptanya kolam-kolam air alami yang aman bagi anak-anak bermain.

Di air terjun ini, aliran air juga tidak deras dan mudah untuk dijangkau oleh para pengunjung di sini. Gulungan air dari air terjun yang jatuh ke kolam menciptakan kabut tebal di kolam alami yang tercipta.

Kolam alami ini merupakan kedung, atau bisa dibilang merupakan sebuah cekungan yang mempunyai kedalaman sekitar dada sampai leher orang dewasa.

Di kolam alami ini kamu bisa berenang dan bermain air, sedangkan di sekitar air terjunnya kamu tidak disarankan untuk bermain air disana karena kedalaman yang cukup dalam.

Tapi, kamu masih bisa menikmati keindahannya dengan memandangnya dari jauh dan mengabadikannya dengan lensa kamera.

Air Terjun Kedung Pedut

 

Fasilitas Yang Menyatu Dengan Keasrian Dari Keindahan Alam

Beberapa fasilitas juga sudah bisa kamu temukan di destinasi ini, seperti kursi, jembatan yang dibuat dari kayu, warung-warung penjual makanan, musholla, toilet hingga ruang ganti dan masih banyak lagi.

Yang menarik dari tersedianya fasilitas di sini seperti jembatan kayu, ia menyatu dengan keindahan alami di sini, seakan mempercantik keindahan yang telah di suguhkan alam.

Bahkan saat kamu sedang berenang dan menikmati keindahan alam, kamu bisa melompat dari jembatan kayu ini ke bawah kolam alami.

Kamu akan merasakan sensasi tersendiri yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, kesegaran dan keindahan ditambah dengan sensasi melompat menjadi satu padu sekaligus kamu rasakan.

 

Cara Mencapai Lokasi Dengan Suguhan Keindahan Alami

Kedung Pedut ini sebenarnya tidak sulit untuk kamu kunjungi. Destinasi ini berada 16 kilometer dari kota Wates, ibukota Kulon Progo.

Mobil dan motor bisa menjangkau Air Terjun Kedung Pedut ini. Hanya saja, menuju ke sana kamu memang perlu melewati jalanan yang tajam dan sempit.

Banyak jalanan menanjak yang cukup panjang dan juga tikungan yang bisa saja tiba-tiba ada di depan.

Saat sudah sampai, untuk menuju ke air terjun ini, kamu masih harus berjalan kaki. Tapi, jalan yang harus ditempuh sudah cukup bersahabat, tidak terlalu terjal dan tergolong landai.

Jadi kamu tidak perlu khawatir, sambil berjalan kamu bisa menikmati keindahan alam.

Nah, itu dia ulasan, mengenai air terjun dua warna di Yogyakarta yang menyimpan begitu banyak keindahan.

Liburan akhir pekan, sepertinya Air Terjun Kedung Pedut ini bisa menjadi pilihan. Selamat liburan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda