Air Terjun Matayangu – Pulau Sumba, pecahan surga yang ada di Indonesia. Kecantikan pulau yang masih alami ini memang selalu memiliki pikat tersendiri. Ditambah lagi daerah yang tersembunyi, membuat penasaran untuk dikunjungi.

Jika kamu mengaku petualang sejati, sepertinya menjelajah melewati perjalanan menantang bukanlah sebuah halangan, untuk menemukan keindahan terbaik dari suguhan alam yang bisa didapatkan.

Air terjun surgawi kali ini memiliki begitu banyak pikat untuk kamu kunjungi. Air Terjun Matayangu terletak di pelosok hutan lindung di salah satu wilayah Sumba Barat. Untuk menuju ke destinasi ini, kamu perlu pemandu dari warga sekitar untuk bisa diantar ke air terjun ini.

Banyak cerita dan keindahan dari air terjun ini yang akan menjadi sebuah pengalaman tidak terlupakan saat kamu mengunjunginya.

Berikut beberapa fakta mengenai Air Terjun Matayangu, yang akan membuatmu bikin termangu dan semakin merasa tertantang untuk mengunjunginya. Simak sampai habis ya.

 

Menerobos Hutan Rimba Demi Melihat Potongan Surga Dunia Air Terjun Matayangu

Dimulai dengan fakta bahwa untuk bisa sampai ke Air Terjun Matayangu ini, kamu harus menerobos hutan rimba terlebih dahulu. Tepatnya hutan rimba Manurara.

Hutan rimba Manurara yang dipadati pohon-pohon raksasa ini menjadi tempat tinggal berbagai jenis Burung Endemic Sumba, seperti Julan Sumba, dan Kakatua Jambul Jingga.

Jalanan yang harus kamu lewati di hutan ini juga licin dan basah. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati saat perjalanan menerobos hutan ini.

Air Terjun Matayangu

Saat sudah mendekati air terjun, kamu mulai bisa mendengar suara air. Hal yang kembali mengisi energi yang mulai terkuras dengan perjalanan panjang dan penuh tantangan.

Dalam perjalanan menerobos hutan ini, kamu akan dihibur dengan suara burung di kawasan hutan. Seakan menyemangatimu untuk menuju keindahan Air Terjun Matayangu.

 

Mata Air Yang Keluar Dari Lubang Goa Hingga Cerita Mistis Didalamnya

Keunikan Air Terjun Matayangu adalah dari bagian bibir jurang air terjun dengan ketinggian kurang lebih 50 meter, terdapat gua kecil yang Mengeluarkan air.

Gua tersebut dikatakan sebagai mata air yang tak pernah kering, meski air terjun utama surut di musim kemarau.

Dan ketika daerah aliran sungai Matayangu besar, maka air muncul dari dua arah, dari mulut tebing Matayangu dan lubang gua.

Air Terjun Matayangu

Untuk kedalaman kolam di bawah air terjun ini sampai saat ini tidak ada yang mengetahuinya pasti. Warga setempat yang mengatakan air terjun ini terhubung dengan laut Wanokaka, yang terletak di sebelah selatan air terjun.

Tidak hanya itu, ada cerita mistis yang dikatakan oleh warga. Bahwa jika warga sekitar mulai mendengar suara-suara dari gua, itu merupakan pertanda bahwa ada warga sekitar yang meninggal dunia.

 

Keindahan Surgawi Yang Bisa Kamu Nikmati

Terlepas dari mitos yang berkembang dan dipercaya warga desa, Air Terjun Matayangu merupakan air terjun dengan keindahan yang begitu menenangkan dan memiliki potensi wisata yang besar.

Tapi, akses jalan yang harus melintasi hutan masih menjadi kendala bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan air terjun tersebut.

Bahkan warga sekitar juga mengatakan bahwa banyak sekali yang ingin mengunjungi air terjun yang menyuguhkan potongan keindahan surgawi ini, tapi setelah melihat medan yang harus dilalui, mereka mengurungkan niat.

Semoga saja pemerintah dinas pariwisata dan dinas kehutanan setempat bisa secepatnya membuat jalan yang layak untuk akses menuju air terjun ini.

.

Itu dia beberapa ulasan fakta mengenai Air Terjun Matayangu. Bagaimana, sukses membuatmu termangu?

Nah, buat kamu yang ingin mencoba mengunjungi air terjun ini, membuktikanmu sebagai petualang sejati, disarankan kamu untuk menggunakan sepatu bot, baju panjang atau jaket ya.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda