Air Terjun Terbesar di Dunia – Keindahan wisata alam dan fenomena unik di berbagai belahan dunia ini memang menjadi salah satu hal paling menarik. Banyak fenomena menarik dan terbilang ‘luar biasa’ sehingga banyak dikagumi oleh manusia.

Tempat-tempat spektakuler yang tidak umum menjadi salah satu keindahan paling misterius bagi manusia. Pasalnya, membuat banyak orang pun akhirnya penasaran dengan keindahan hingga sejarah dan seluk belum fenomena di tempat-tempat tersebut.

Air terjun adalah salah satu tempat unik yang menjadi favorit wisatawan. Air terjun banyak tersebar di seluruh daerah. Namun, bagaimana dengan air terjun terbesar di dunia?

Pernahkah kamu membayangkan air terjun yang biasanya hanya seluas beberapa meter saja, tapi ternyata ada air terjun yang bahkan mencapai kiloan meter tingginya ataupun lebarnya? Berikut kita simak air terjun paling spektakuler di dunia.

 

Credit: Beautiful Worl Travel Guide

Angel Falls

Dilansir dai Encyclopedia Britannica, Angel Falls memiliki tinggi mencapai 979 meter atau nyaris 1 kilometer. Masyarakat setempat, menyebutnya dengan nama Kerepakupai Meru. Guinness World Records menetapkan air terjun ini sebagai air terjun tertinggi di dunia. Bahkan, UNESCO pun mengakui dan mencatat Angel Falls sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia.

Bukan hanya dari tingginya saja, namun debit air di air terjun ini juga tinggi. Air terjun ini berlokasi di tempat yang terpencil dan cukup sulit dikunjungi oleh wisatawan biasa, tepatnya terletak di Taman Nasional Canaima, Bolivar, Venezuela. Meskipun sulit, bukan berarti lokasi ini tidak dapat dikunjungi. Saat ini, ada spot khusus yang menjadi start untuk melihat air terjun ini menggunakan kendaraan udara seperti helikopter.

 

Credit: andBeyond

Air Terjun Victoria

Air terjun ini terletak di perbatasan Zimbabwe Selatan dan Zambia Utara, berada di tengah-tengah aliran Sungai Zambezi yang memiliki arus cukup deras. Uniknya, air terjun ini memiliki lebar hingga 1.700 meter dan diperkirakan dua kali lebih dalam dan lebih lebar daripada Air Terjun Niagara yang berlokasi di Kanada yang juga terkenal sebagai salah satu air terjun terbesar di dunia.

Arus air terjun ini cukup deras, yakni mencapai 935 meter kubik per detik dan bisa lebih tinggi ketika musim penghujan. Bahkan, air terjun ini juga terkenal sebagai kolam iblis mematikan karena memiliki jurang yang cukup curam dengan arus kuat air yang jatuh ke dasar sungai membuat spot ini terkenal mematikan. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak dapat berkunjung ke tempat ini.

Terdapat spot yang biasa dikunjungi wisatawan di mana spot ini tergolong bagian paling aman dari arus air di lokasi ini. Meski begitu, wisatawan pun hanya boleh turun ke kolam atau sungainya pada akhir musim panas atau awal musim gugur. Pasalnya, debit dan ketinggian air sedang dalam kondisi rendah sehingga cenderung lebih aman daripada ketika musim lainnya.

 

Credit: Hotel

Air Terjun Niagara

Siapa sih yang nggak tahu Air Terjun Niagara di Kanada ini?

Air terjun sudah sejak lama populer sebagai salah satu air terjun terbesar di dunia. Tempatnya yang tidak jauh dari beberapa kota populer di dunia seperti Ontario, Kanada, Amerika Serikat, dan negara bagian New York pun membuatnya menjadi salah satu yang paling menarik minat wisatawan.

Selain itu, air terjun terbesar lain yang biasanya terletak di dalam hutan belantara atau tempat terpencil yang lebih sulit dikunjungi. Tempat ini lebih terkelola dengan baik karena lokasinya yang lebih mudah ditemukan. Terdapat beberapa atraksi yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Salah satu aktivitas yang dapat kamu lakukan adalah menyusuri sungai dengan fasilitas penyewaan perahu untuk menjelajahi spektakulernya panorama di sekitar kawasan ini. Air terjun ini juga menjadi sumber utama dari pembangkit listrik tenaga air bagi warga sekitar, loh.

 

Credit: IndonesiaTraveler

Air Terjun Iguazu

Mengutip Touropia, air terjun ini terletak di perbatasan Argentina dan Brazil. Bahkan, air terjun ini mengalahkan Air Terjun Victoria atau Victoria Falls yang memiliki lebar mencapai 1,7 kilometer. Air terjun ini memiliki bentuk menyerupai tapal kuda yang membentang spektakuler sejauh 2,7 kilometer atau 1,7 mil. Wow!

Namanya sendiri di ambil dari kata Guarani yang berarti “air yang luar biasa”. Tidak hanya lebarnya yang menakjubkan, debit air di air terjun ini pun cukup deras. Meski begitu, keindahan alam air terjun ini masih dapat kamu jangkau dan nikmati dengan cara menyusuri aliran Sungai Iguazu menggunakan perahu. Kamu dapat melihan landscape sungai yang luas dengan panorama air terjun yang spektakuler.

 

Credit: Traveloka

Air Terjun Dettifoss

Air terjun ini terletak di kawasan Taman Nasional Vatnajokull, Islandia bagian Timur Laut. Dettifos Falls merupakan salah satu air terjun terbesar sekaligus yang terkuat di kawasan Eropa maupun di dunia. Pasalnya, debit volume air rata-rata mencapai 193 meter kubik per detik. Tentu, beberapa spot memiliki debit air yang jauh lebih kuat dari angka tersebut.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 44 meter atau setara 144 kaki. Sebagai salah satu air terjun terbesar di dunia yang memiliki arus atau debit air yang cukup tinggi, air terjun ini juga menyimpan potensi besar sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air terbesar di kawasan Islandia.

Selain itu, letaknya berada di dalam kawasan wisata Taman Nasional sehingga memiliki akses yang cenderung lebih mudah untuk kamu kunjungi daripada kebanyakan air terjun besar di dunia yang berada di tempat terpencil.

 

Baca Juga:
5 Air Terjun Tertinggi di Dunia, Keindahan Spektakuler yang Misterius
Megahnya 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Surganya Para Petualang