Air Terjun Tertinggi di Indonesia – Bagi kalangan wisatawan petualangan, menjelajah hutan belantara dan menemukan sesuatu yang spektakuler adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga. Semakin menantang, maka akan semakin bermakna perjalanan tersebut. Ada kepuasan tersediri saat berhasil melewati berbagai rintangan dan tantangan selama petualangan.

Air terjun merupakan salah satu objek wisata yang biasanya semakin indah, akan semakin sulit untuk mencapainya. Banyak air terjun megah yang letaknya berada di tengah hutan belantara, bahkan yang belum terjamah oleh wisatawan biasa. Tak hanya memiliki jalur dan akses yang berat, air terjun ini juga terkadang menyimpan hal-hal misterius yang tidak diketahui wisatawan .

Bagi kamu pecinta air terjun dan tidak ragu untuk menjelajah hutan belantara dengan berbagai tantangan yang misterius, beberapa air terjun ini adalah yang tertinggi di Indonesia.

 

Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia yang terletak di Medan, Sumatera Utara. Tingginya mencapai hampir 250 meter dengan arus yang cukup deras. Pemerintah lokal juga membangun PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) untuk memenuhi kebutuhan listrik warga sekitar.

Sumber aliran air terjun ini berasal dari Danau Toba yang mengalir melalui Sungai Asahan menembus hingga ke Selat Malaka. Pemandangan alam yang megah dan indah akan membayar usahamu untuk sampai ke lokasi yang berjarak sekitar 250 kilo meter dari Kota Medan. Kamu bisa datang ke sini melalui jalur Siantar, Parapat, Balige, dan Posea menuju ke Kabupaten Toba.

 

Credit: Travelpromo

Air Terjun Madakaripura

Salah satu ikon wisata Bromo yang terkenal dengan kemegahan dan keindahan alam liarnya. Air terjun ini memiliki ketinggian yang hampir mencapai 200 meter yang juga menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Air terjun ini memang terkenal namun tidak sepopuler wisata Bromo lainnya sebab akses jalur menuju ke titik lokasi cenderung berat.

Bagi kamu pecinta wisata alam dan adrenalin, air terjun ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaikmu untuk kamu eksplore. Tidak hanya tinggi, debit air di air terjun ini juga cenderung deras. Tempat ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang menghalang gagah melingkar di balik pepohonan liar dan aliran sungai yang indah yang akan kamu termukan sepanjang perjalananmu ke lokasi.

 

Credit: Pancuraji

Air Terjun Nokan Nayan

Salah satu air terjun tertinggi dengan kedalaman 180 meter ini terletak di pedalaman Kalimantan Barat. Derasnya debit air dari air terjun ini sampai membuat tempat ini bagai diselimuti oleh kabut tebal atau awan. Bisa kamu bayangkankan bagaimana derasnya aliran airnya?

Tidak hanya terkenal megah dan indah, tempat ini juga terkenal memiliki banyak cerita dan mitos ghaib yang membuat tempat ini cenderung disakralkan. Bahkan, sering menjadi tempat ritual adat hingga ritual-ritual magis yang berhubungan dengan bangsa jin.

Masyarakat lokal mempercayai bahwa tempat ini adalah sebuah desa makhluk tak kasat mata sehingga terdapat banyak pantangan yang harus kamu patuhi di sini jika tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Credit: iNews

Air Terjun Lembah Harau

Air terjun tertinggi di Indonesia berikutnya adalah Air Terjun Lembah Harau yang memiliki ketinggian 150 meter. Spot ini adalah salah satu objek wisata populer di Sumatera Barat, tepatnya di Payakumbuh. Air terjun ini memiliki tujuh tingkat yang masing-masing tingkat memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Tentu, bagi kamu pecinta wisata alam liar, wajib untuk menjelajah hingga tingkat ke tujuh.

Jalur menuju titik lokasi cenderung berat. Bagi kamu yang masih pemula, sangat disarankan untuk menyewa pemandu lokal karena kamu akan butuh waktu dua hari satu malam untuk mengeksplorasi kawasan Lembah Harau. Datanglah pada waktu yang tepat. Pasalnya, ketika musim kemarau tiba, beberapa spot akan mengalami kekeringan.

 

Credit: Andalas Tourism

Air Terjun Batang Kapas

Berlokasi di Riau, air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 133 meter. Jalur menuju lokasi cukup menantang. Cocok bagi kamu traveler petualang yang senang menjelajahi alam liar yang menantang. Pasalnya, kamu harus menempuh puluhan kilometer dengan jalur terjal dan berlumpur.

Untuk mencapai titik trekking, kamu dapat menyewa ojek lokal. Kemudian, kamu harus trekking menembus lebatnya hutan belantara dalam waktu tempuh sekitar 3 jam untuk mencapai titik utama. Kamu harus tetap berhati-hati ketika di dalam hutan sebab tempat ini masih menjadi habitat banyak binatang buas seperti harimau dan beruang Sumatera.

 

Credit: Kompas

Air Terjun Sipiso Piso

Air terjun ini berlokasi di Sumatera Utara. Nama gunung ini berasal dari nama gunung yang berada di timur laut Air Terjun Sipiso Piso. Ketinggian air terjun ini mencapai 120 meter dengan debit air yang cukup deras. Air terjun ini terletak di ketinggian sekitar 1.860 meter di atas permukaan laut yang terletak di bibir Danau Toba.

Air terjun ini terbentuk di aliran Sungai Raja Nabolon yang merupakan salah satu sungai pemasok air ke Danau Toba. Keindahan tebing hijau yang mengitari tempat ini membentuk landscape alam yang megah dan sangat indah. Air terjun ini juga penting bagi keberlangsungan industri pertanian dan perkebunan masyarakat sekitar.

 

Credit: Tribun Travel

Air Terjun Tumpak Sewu

Tumpak Sewu atau memiliki nama lain Air Terjun Coban Sewu terletak di daerah perbatasan Malang-Lumajang yang memiliki bentuk melebar sedikit cekung dan air menjuntai bak lapisan tirai. Air terjun ini memiliki julukan “Niagararanya Indonesia”. Pasalnya, air terjun ini cukup mirip dengan Air Terjun Niagara yang terletak di Kanada. Bukan hanya versi mininya saja, karena ketinggiannya pun mencapai 100-an meter atau setara 492 kaki.

Terkait informasi ini, ketinggiannya masih simpang siur. Ada yang bilang 110 meter, ada pula yang menyebut 120 meter hingga 180 meter. Air Terjun Tumpak Seru memiliki air mata alami dari Gunung Semeru. Jalur menuju ke lokasi tentu sangat menantang, mengingat air terjun ini terletak di tengah tebing yang sangat tinggi di hutan belantara.

 

Credit: Wikipedia

Air Terjun Kabut Pelangi

Air terjun ini terletak di kaki Gunung Semeru sehingga suasana sejuknya sangat terasa. Masih berlokasi dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di Pronojiwo. Jika kamu datang pada waktu yang tepat, kamu dapat melihat keindahan pelangi di dasar tebing tempat jatuhnya air.

Fenomena ini terjadi karena pembiasan antara air terjun yang bertemu dengan sinar matahari. Keindahan liar suasana hutan belantara bersama megahnya air terjun dan pelangi yang menghiasinya akan membuatmu seakan terbawa ke negeri-negeri dalam dongeng.

 

Credit: Wikipedia

Air Terjun Penimbungan 

Banyak wisatawan yang mengenal Lombok sebagai surga wisata bahari seperti pantai atau lautnya. Jika ingin melihat sisi lain dari Lombok, kamu bisa memilih kawasan Gunung Rinjani. Air Terjun dengan ketinggian 110 meter ini berada di kaki Gunung Rinjani. Sedangkan, aliran airnya berasal dari Sengara Anak. Debit air dari air terjun ini sangat deras hingga membuat lokasi berselimut kabut tebal.

Bagi kamu yang senang mendaki gunung, tentu sudah tidak asing dengan nama gunung tertinggi ke dua di Indonesia ini. Spot ini banyak memikat para pendaki untuk mengobati penat pendakian saat di tengah perjalanan. Kamu dapat menemukannya jika memilih jalur pendakian via Torean.

 

Credit: Travelspromo

Air Terjun Sedudo

Air terjun kali ini tidak hanya terkenal karena keindahannya, namun juga terkenal dengan kesakralannya. Pasalnya, terdapat banyak mitos mistis yang beredar dan sebagian besar berkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Warga setempat juga mempercayai bahwa tempat ini adalah kawasan yang sakral dan tidak sembarang orang dapat berkunjung.

Tempat ini juga banyak menjadi tempat berlangsungnya ritual sakral. Misalnya, pemandian patung pada ritual Parna Prahista pada satu suro dan pemandian pusaka yang disebut Jamasan Pusaka. Tidak heran jika terdapat banyak pantangan.

 

Baca Juga:
Tempat Camping Bogor, Berlibur dengan Suasana Alam Dekat Jakarta
Tempat Wisata Dieng Terindah, Surganya Pecinta Alam

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali