Kegiatan arung jeram semakin mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Kegiatan susur sungai berarus deras menggunakan perahu karet ini seakan jadi tren baru di Indonesia. Meskipun sudah lama ada di Indonesia, olahraga arung jeram baru benar-benar menjadi tren sejak 5 tahun terakhir. Pulau Jawa yang mempunyai bentang alam bergunung-gunung, memiliki beberapa destinasi arung jeram yang sangat menantang dan memacu adrenalin. Mana saja ? Labiru punya rekomendasi spesial hanya untukmu, Lokasi terbaik Arung Jeram di Pulau Jawa.

Sungai Elo, Magelang, Arum Jeram Jawa Tengah

Arum Jeram Jawa Tengah

Arung Jeram Sungai Elo Magelang

Lokasi terbaik arung jeram di Pulau Jawa yang pertama adalah Sungai Elo. Terletak di Desa Blondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sungai Elo yang tak boleh dilewatkan kamu para penikmat rafting. Lokasinya yang dekat dengan candi Borobudur bisa kamu tempuh sekitar 40 menit menit berkendara dari Yogyakarta. Jeram di sini cukup ramah bagi pemula, tapi kamu tetap harus waspada dengan  arusnya yang terkenal deras.

Dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam untuk menyelesaikan rute arung jeram Sungai Elo, dengan kedalaman air dan tingkat jeram yang tidak sama. Suasana alam yang sejuk ditambah arus yang menantang akan membuatmu ingin segera menjajal rafting di Sungai Elo.

Sungai Citarik Sukabumi, Jawa Barat

Arung Jeram Terbaik di Pulau Jwa

Arung Jeram Sungai Citarik

Sungai Citarik adalah bagian dari Taman Nasional Halimun Salak, Sukabumi. Sungai ini adalah salah satu spot rafting favorit terutama pencinta rafting sekitaran Jawa Barat dan Jakarta, sehingga selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Ada sejumlah rute yang ditawarkan oleh sungai yang memiliki tingkat kesulitan grade 3 ini. Ada yang waktu tempuhnya satu jam sepanjang 5 kilometer, ada juga yang berjarak 17 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Sebagai salah satu lokasi terbaik arung jeram di Pulau Jawa, Sungai Citarik tak hanya menawarkan jeram berbatu yang menantang, tetapi  juga menyajikan beberapa air terjun cantik di sepanjang jalur pengarungan.

Sungai Progo, Magelang Jawa Tengah

rafting sungai bogowonto

Aarung Jeram di Sungai Progo, Magelang

Magelang tak hanya punya Sungai Elo sebagai destinasi arung jeram. Di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini ada salah satu lokasi arung jeram terbaik di Pulau Jawa. Sungai Progo namanya. Di Sungai Progo kamu bisa memilih tingkat kesulitan rendah hingga tinggi dengan aneka pemandangan yang indah.

Kamu akan diajak mengarungi sungai sepanjang 9 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Jeram-jeram yang ada disini akan membuat adrenalinmu semakin terpacu, jadi siapkan dirimu.

Sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat

Arung Jeram Terbaik di Pulau Jawa

Arung jeram sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat

Selama ini sungai Cisadane dikenal sebagai mata air dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di Sungai Cisadane ada sekitar 4-5 jeram yang siap memacu adrenalin.

Masing-masing jeramnya memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Mulai dari grade 2 hingga grade 4. Kamu akan menempuh jarak 13 kilometer pengarungan dengan waktu tempuh 2,5 hingga 3 jam.

Selama pengarungan sungai Cisadane, kamu akan disuguhkan pemandangan hijau di sepanjang aliran sungai.

Sungai Pekalen, Probolinggo |  Jalur Terpanjang Arung Jeram  di Pulau Jawa

Jalur Terpanjang Arung Jeram  di Pulau Jawa

Arung Jeram Sungai Pekalen, menawarkan pemandangan yang indah

Sungai Pekalen bisa dibilang merupakan jalur arung jeram terpanjang di Pulau Jawa. Sungai Pekalen terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Sungai ini memiliki panjang 29 kilometer dan dibagi menjadi tiga area. Sungai Pekalen atas berjarak 12 kilometer, Sungai Pekalen Tengah 7 kilometer, dan Sungai Pekalen Bawah 10 kilometer. Sungai Pekalen ini membentang di tiga kecamatan, yaitu kecamatan Tiris, Gading, dan Maron.

Tingkat kesulitan jeram di Sungai Pekalen memiliki tingkat  kesulitan 2 hingga 3. Kedalaman airnya kurang lebih 1-3 meter.

Nah, itulah tadi daftar lokasi arung jeram terbaik di pulau Jawa. Sudahkah kamu mencoba salah satunya ?

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda