Tour Semarang – “I think families should vacation together, and cruising is a wonderful option” begitu kata Marcia Gay Harden. Apakah kamu setuju?

Dari survei yang dilakukan oleh Agoda dengan judul Family Travel Trend pada tahun 2018, 49% orang Indonesia melakukan liburan keluarga lima kali atau lebih dalam setahun.

Hal ini menunjukkan bahwa sudah banyak orang Indonesia yang menyadari bahwa liburan keluarga merupakan momen penting untuk mempererat hubungan antar orang tua dan anak. Selain itu, liburan bersama keluarga juga dapat menurunkan tingkat stres yang diakibatkan oleh pekerjaan maupun tugas-tugas sekolah.

Kamu mencari destinasi wisata di Semarang untuk liburan keluarga yang ramah anak? Berikut beberapa destinasi yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga.

 

Saloka Theme Park

Credit: Detik

Berlokasi di Jalan Fatmawati nomor 154, Gumuksari, Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Saloka Theme Park merupakan Dufannya Semarang. 

Taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah ini merupakan destinasi wisata ramah anak yang menyajikan 25 wahana permainan seru bersertifikasi CHSE, sehingga nyaman dan aman untuk dikunjungi.

Salah satu wahana yang banyak dikenal oleh masyarakat adalah cakrawala atau bianglalanya. Dimana kamu dan keluarga bisa melihat pemandangan deretan gunung Jawa Tengah dan Rawa Pening dari ketinggian 33 meter.

Selain menyediakan wahana bermain, Saloka Theme Park juga menyediakan wahana edukasi bagi anak-anak lho. Jadi selain bermain, anak-anak juga akan mendapatkan edukasi berupa Lumbung Ilmu Galileo yang diperuntukkan bagi anak-anak yang suka sains dan Angon Ingon yang berisi aneka satwa seperti kelinci, kura-kura, jalak bali, belibis, merak biru, hingga golden pheasant.

Saloka Theme Park menyediakan fasilitas lengkap bagi para pengunjung, mulai dari cafe, restoran, tempat ibadah, klinik, toilet, dan lain-lain. 

Untuk menikmati berbagai wahana dan fasilitas di tempat ini, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp120.000,00 saat weekday, dan Rp150.000,00 saat weekend dengan jam berkunjung pada pukul 10.00 – 18.00 WIB.

 

Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah

Credit: Lingkar Jateng

Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah merupakan destinasi wisata ramah anak yang menyuguhkan anjungan khas daerah khusus Jawa Tengah. 

Selain itu, tempat ini juga menyediakan wahana Lumina Grand yang berisi 5 bangunan dari negara lain seperti Jepang, Turki, Meksiko, Yunani, dan juga Arab.

Untuk menarik minat pengunjung, Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah saat ini juga menyediakan wahana lain seperti Jateng Science Center, arena outbond, playground anak, kereta mini, serta sepeda air.

Fasilitas tempat ini pun lengkap, yang dapat membuat pengunjung betah untuk berlama-lama.

Berada di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah, Grand Maerakaca Taman Mini Jawa Tengah dapat dikunjungi pada pukul 07.00 – 18.00 WIB dengan harga tiket masuk hanya sebesar Rp20.000,00.

 

Museum Kereta Api Ambarawa

Credit: Inilah

Museum Kereta Api Ambarawa dikunjungi karena merupakan wisata edukatif bagi anak-anak.

Di tempat ini kamu dan keluarga bisa melihat koleksi kereta api dari zaman Hindia Belanda sampai dengan pra kemerdekaan Republik Indonesia yang terdiri dari 26 lokomotif uap, 4 lokomotif diesel, 5 kereta, serta 6 gerbong yang berasal dari berbagai daerah.

Bukan hanya melihat saja, kamu bahkan dapat menaiki kereta uap ataupun diesel yang disediakan oleh pihak museum, dengan rute yang ditempuh yaitu dari Ambarawa-Tuntang dan Ambarawa-Bedono pergi pulang (PP). Selama perjalanan, kamu dan keluarga akan disuguhi pemandangan menyenangkan dari pegunungan dan juga Rawa Pening.

Museum yang terletak di Jalan Stasiun nomor 1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini buka pada pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan harga tiket masuk sebesar Rp20.000,00 dan tarif untuk menaiki kereta uap atau dieselnya sebesar Rp60.000,00.

 

 

Baca Juga: Pesona Taman Bunga New Celosia Semarang, Surga Warna di Tengah Kota

 

 

Agrowisata Kopeng Gunungsari

Credit: Booking

Berada di ketinggian 1450 mdpl, membuat agrowisata ini menarik untuk dikunjungi karena udaranya yang sejuk dan segar. 

Agrowisata Kopeng Gunungsari ini memiliki fasilitas lengkap mulai dari taman bunga, playground, kebun jambu, kuliner, tempat untuk camping, spot foto, amfiteater, hingga villa atau hotel.

Kamu dan keluarga bisa melakukan swafoto, menginap, berkemah, kulineran, atau sekadar menikmati pemandangan Kopeng yang indah.

Untuk dapat mengunjungi tempat ini, kamu dan keluarga perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000,00 per orang. Agrowisata ini buka 24 jam, yang berlokasi di Jalan Umbul Songo, Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

 

Taman Bunga New Celosia

Credit: Travel Kompas

Taman Bunga New Celosia yang berlokasi di Jalan Wisata Candi Gedong Songo KM 0.5, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang, Jawa Tengah ini merupakan destinasi wisata dengan hawa sejuk khas pegunungan karena terletak di kaki Gunung Ungaran.

Di tempat ini kamu dan keluarga bisa menikmati pemandangan hamparan bunga yang indah serta bangunan warna-warni yang memanjakan mata.

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menikmati berbagai wahana seru seperti bianglala setinggi 35 meter, Flying Bee, hingga Rainbow Slide jika ingin menguji adrenalin.

Dino Land juga tersedia di taman bunga ini, yang pastinya akan disukai oleh anak-anak karena mereka dapat melihat replika dinosaurus.

Taman Bunga New Celosia ini buka pada pukul 08.00 – 17.00 WIB dengan harga tiket masuk saat weekday yaitu Rp25.000,00 dan saat weekend serta high season yaitu Rp30.000,00.

 

Itu dia 5 destinasi wisata ramah anak di Semarang yang bisa kamu dan keluarga kunjungi saat weekend. Lalu, destinasi yang mana yang menjadi pilihanmu?

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang