Ekowisata Sungai Mudal – Bingung mau ke mana lagi yang asyik di Jogja yang suasananya berbeda? Yuk, membolang ke wisata alam di sisi barat Jogja. Kulon Progo memiliki banyak sekali wisata yang akan membuatmu terkesan. Namun, pernahkah kamu ke wisata air yang satu ini, Ekowisata Taman Sungai Mudal? Dijamin akan membuatmu lebih terkesan dengan kolam surga yang tersembunyi di balik hutan Jogja.

Taman Sungai Mudal berlokasi di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 90 menit dengan kecepatan normal (40-60 km/jam). Namun, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima karena akses menuju lokasi cukup berat.

Memang cukup menantang, namun sepanjang perjalanan kamu akan terbayar dengan keindahan panorama hamparan sawah dan pepohonan rindang yang menyegarkan. Perjalananmu pun akan terasa lebih singkat dari yang kamu kira karena suasana perjalanan yang sejuk dan sangat memanjakan mata. Namun, pastikan kamu tetap berhati-hati dalam berkendara ya.

 

Ekowisata Taman Sungai Mudal (Credit: Shutterstock/Adi Wijayanto)

Panorama Savana Ilalang 

Sebenarnya bukan tanaman ilalang. Namun, perkebunan tebu yang sedang berbunga putih sehingga sangat mirip dengan padang ilalang yang sangat estetik dan cinematic. Sayangnya, kamu tidak akan menemukan panorama ini setiap saat. Sebaiknya berkunjunglah setelah bulan Juli.

Terletak di pinggir jalan, kamu pasti akan menemukan hamparan perkebunan tebu ini jika mengikuti rute jalan ini. Menariknya, kamu bisa berswafoto dengan angle terbaik dari ketinggian yang hampir sejajar dengan bunga tebu. Sungguh, pemandangan langka yang akan sulit kamu dapatkan di Jogja.

Rute ini cukup berat karena beberapa tikungan menanjak cukup tajam. Kamu juga akan melewati jalan sempit yang cukup terjal. Akan lebih asyik ditempuh menggunakan kendaraan bermotor bersama sahabat-sahabatmu. Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi sangat prima.

Aquarium Alami Berwarna Aquamarine / Tosca

Sesampainya di lokasi, kamu pasti akan terkesima oleh daya tarik kolam air dari mata air irigasi yang berwarna tosca atau hijau kebiruan. Kolam yang ada memiliki beberapa tingkatan. Pada tingkatan pertama, kedalamannya lebih tinggi sehingga warna birunya pun terlihat lebih tajam namun cerah.

Pada tingkatan ke 2, ada aliran air berwarna hijau yang lebih bening. Kolam teratas memiliki warna hijau yang lebih gelap. Warna air dapat menjadi hijau hingga biru tosca tergantung debit air. Karena itu, pastikan kamu datang di waktu dan musim yang tepat.

Nah, waktu terbaik untuk menikmati wisata Ekowisata Sungai Mudal adalah ketika musim penghujan tiba. Hal ini dikarenakan debit air akan meningkat namun tidak membuat air menjadi keruh, tetapi malah semakin memperkuat warna alami biru tosca kolam tersebut.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Sungai Mudal

Tidak perlu khawatir memikirkan budget. Kamu hanya perlu merogoh kocek kurang dari Rp 10.000,- jika menggunakan kendaraan roda 2. Tiket masuk hanya Rp 6000,-, belum termasuk parkir sebesar Rp 2000,- untuk sepeda motor atau Rp 5000,- untuk biaya parkir mobil.

Jam operasional wisata mulai pukul 08.00-17.00 WIB. Kamu tidak perlu khawatir akan ramai. Biasanya tidak terlalu banyak pengunjung, apalagi jika selain akhir pekan, melainkan hari kerja produktif. Saat sedang sepi pengunjung, kamu dapat menikmati liburan layaknya sedang berlibur di asset pribadi.

Ekowisata Murah Meriah Fasilitas Semi Private

Kamu tidak bisa berenang? Duh, tenang. Kamu tetap dapat bersantai sembari menyeruput minuman dingin dengan nyaman dan rileks. Pengelola menyediakan penyewaan ban karet apung seharga Rp 10.000,-/ban yang bisa menjadi solusi terbaik untuk ingin berendam tapi takut tenggelam. Hahaa~

Soal urusan perut, kamu pun tidak perlu khawatir. Setelah lelah bersenang-senang, kamu bisa melepas dahaga dan mengisi perut. Tepat sekali di sebelah kolam, terdapat warung makan sederhana yang juga menyediakan berbagai jenis gorengan, camilan, dan minuman dengan harga terjangkau.

Bahkan, jika kamu tidak membawa pakaian ganti, kamu juga dapat membeli celana santai yang bisa kamu gunakan untuk berenang. Setelah selesai berenang, nikmatilah kamar mandi dengan air yang sangat segar dan sejuk. Kamu cukup membayar Rp 2000,- untuk menggunakan kamar mandi.

Cocok buat kamu yang ingin berlibur ke wisata alam namun malas membawa persiapan yang ribet. Fasilitas penunjang yang ada di sini sangat membantu kamu untuk tetap nyaman dan menikmati liburan dengan tenang. Sungguh, salah satu short escape terbaik di Jogja Barat.

Suasana Alam Negeri Dongeng

Tempat terbaik untuk self-healing untuk kamu yang hendak melepas penat adalah kolam teratas yang ada di Sungai Mudal. Selain tidak terlalu ramai, suasana sejuk dari pepohonan rindang lebih terasa. Namun, kamu perlu mempersiapkan tenaga untuk menaiki puluhan anak tangga kayu untuk sampai ke atas.

Tenang, usahamu akan terbayar dengan segarnya udara, keindahan panorama, dan sejuknya suanana Sungai Mudal. Dijamin deh tingkat stress dan beban pikiranmu akan segera terhempas lepas. Cocok juga nih buat kamu yang sedang buntu, kehabisan ide atau butuh referensi baru untuk pekerjaan kamu. Rilex-in aja dulu.

Ekowisata Taman Sungai Mudal ini sangat cocok bagi kamu yang sedang membutuhkan ketenangan, jauh dari keramaian atau hiruk pikuk kesibukan kota dan lebih dekat dengan alam. Kamu bisa datang berdua dengan pasangan atau sahabat kamu. Kalau mau ramean juga seru kok tergantung tujuanmu.

Jadi, sudah punya rencana untuk self-healing di mana sebelum menyambut tahun baru 2023?

 

Baca Juga:
7 Resto & Cafe Jogja Instagramable di Gunung Kidul
10 Hotel Estetik di Jogja, Dijamin Desain Unik dan Artistik

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda