Gunung Tertinggi di Indonesia – Gunung merupakan salah satu keindahan alam yang megah dan menakjubkan. Banyak pendaki yang tidak ragu melakukan perjalanan berat hanya untuk sampai ke puncak sebuah gunung. Indonesia memiliki banyak gunung berapi dan tidak berapi yang indah.

Jika kamu suka mendaki, maka daftar gunung tertinggi di Indonesia berikut ini wajib masuk dalam wishlist gunung yang harus kamu daki berikutnya. Setiap gunung memiliki keunikan tersendiri yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tentu kamu akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan dari sensasi mendaki gunung itu sendiri.

 

Credit: MajalahGPriority

Gunung Puncak Jaya

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama terletak cukup jauh dari Ibukota Jakarta atau Pulau Jawa, yaitu di tanah Papua. Gunung ini memiliki nama lain yang dikenal dengan nama Jaya Wijaya ini merupakan barisan pegunungan Sudirman di Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Gunung ini juga yang masuk dalam daftar kawasan Situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan juga dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Indonesia ini memiliki ketinggian mencapai 4.884 mdpl. Tidak hanya itu, gunung ini juga masuk dalam daftar Seven Summit di dunia, loh.

Daya tarik puncak ini tentu tidak dapat kamu ragukan lagi keunikan dan keindahannya. Terdapat padang salju atau gletser yang mana tidak akan kamu temukan di gunung lainnya di Indonesia. Indonesia sebagai negara yang tidak memiliki musim salju membuat keunikan ini sangat langka dan menarik.

 

Credit: Asiatoday

Gunung Puncak Mandala

Gunung lain di tanah Papua yang juga memiliki ketinggian hingga 4000-an mdpl selain Puncak Jaya adalah gunung yang memiliki ketinggian hingga 4.760 mdpl, tidak begitu jauh perbedaannya dengan Puncak Jaya. Nama lain dari Puncak Mandala adalah Julinana Top atau Puncak Juliana. Gunung kedua tertinggi di Indonesia ini merupakan jajaran dari pegunungan Jayawijaya dan sangat terkenal sejak masa penjajahan Belanda.

Dulu, gunung ini juga memiliki keunikan dengan adanya salju yang menyelimuti permukaannya. Namun sayangnya, pemanasan global diperkirakan menjadi penyebab utama salju di kawasan ini perlahan mulai menghilang.

 

Credit: Mila Ayu Hariyanti

Gunung Puncak Trikora

Gunung ketiga yang tertinggi di Indonesia masih dari daerah Papua, yaitu Gunung Puncak Trikora. Terletak di Papua Barat, kawasan ini cukup terkenal di tanah air dan memiliki ketinggian 4.750 mdpl. Terdapat beberapa kawasan hutan yang akan kamu temui seperti Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Ericaceous, dan Hutan Montane.

Jika kamu berminat untuk mendaki gunung ini, kamu harus memulai perjalanan dari kota Dani di Lembah Baliem Wamena. Pastikan kamu mempersiapkan fisik yang prima dan perlengkapan yang memadai. Sebab untuk melakukan pendakian panjang, kamu harus melakukan persiapan matang.

 

Credit: Alfikeer

Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Nggak Pilimsit atau juga dikenal dengan nama Gunung Idenburg pada zaman penjajahan dulu. Masih berada di tanah Papua, salah satu gunung tertinggi ini masih merupakan rangkaian dari pegunungan Maoke. Ketinggiannya mencapai 4.717 mdpl.

Wah, tanah Papua memang surganya para pendaki ulung. Bagi kamu pendaki profesional, kamu patut mempertimbangkan untuk menjelajahi 4 gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Papua ini. Gunung ini tidak direkomendasikan untuk pendaki pemula.

Sebaiknya kamu memiliki pengetahuan praktis dan pengalaman yang cukup untuk mendaki gunung ini karena kamu akan melakukan pendakian yang cukup panjang daripada gunung lain di Indonesia.

 

Credit: TripAdvisor

Gunung Kerinci

Penasaran gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia? Gunung Kerinci terletak di Jambi, Pulau Sumatera. Gunung ini masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Ketinggiannya mencapai 3.805 mdpl. Jika kamu berminat untuk mendaki ke puncak melalui rute yang cenderung lebih mudah, maka kamu perlu mempertimbangkan rute melalui Desa Kersik Tuo yang berada pada ketinggian 1.400 mdpl.

Kamu wajib memasukkan Gunung Kerinci dalam daftar gunung yang ingin kamu daki berikutnya. Bagi pendaki pemula, pastikan kamu sudah mempersiapkan fisik prima dan didampingi oleh pendaki profesional jika memang ingin mendaki ke gunung ini. Walau bagaimanapun, gunung dengan ketinggian ini tidak direkomendasikan untuk pendaki pemula. Kamu bisa memilih gunung dengan ketinggian rendah hingga sedang terlebih dahulu.

 

Credit: IDN Times

Gunung Rinjani

Siapa yang tidak mengenal nama Gunung Rinjani? Salah satu gunung paling terkenal di Indonesia ini pasti masuk dalam daftar gunung yang ingin didaki setiap pendaki lokal, baik pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman. Sama seperti Gunung Kerinci, Gunung Rinjani juga merupakan gunung api aktif di Indonesia.

Bahkan, letusan terakhir terjadi pada tahun 2009 hingga 2010. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 3.762 mdpl. Terdapat sebuah danau kawah berwarna biru yang terletak di 2.000 mdpl yang merupakan salah satu daya tarik utama gunung ini, bernama Segara Anak. Jika kamu tertarik untuk mendaki gunung ini dengan rute yang lebih mudah, kamu bisa mempertimbangkan untuk mulai pendakian dari jalur Senaru.

 

Credit: Liputan6

Gunung Semeru

Masih ingat film “5 CM” yang dibintangi oleh aktor-aktor papan atas Indonesia seperti Pevita Pearce, Herjunot Ali, Raline Shah, Fedi Nuril, hingga Denny Sumargo? Yups, Gunung Semeru menjadi poros dari alur cerita dalam novel dan film populer ini.

Gunung ini terletak di Jawa Timurnya, membentang antara Malang dan Lumajang. Gunung ini pun merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian hingga 3.676 mdpl. Bahkan, erupsi terakhir terjadi pada bulan Desember 2021 lalu.

Gunung ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tentu kamu tidak asing lagi dengan nama salah satu kawasan wisata alam terindah di Indonesia ini. Puncak Gunung Semeru populer dengan nama Mahameru.

Ada pula Kawah Jonggring Saloko yang menjadi salah satu daya tarik dari gunung ini. Rute paling mudah yang bisa kamu lalui jika ingin mendaki adalah via Tumpang, Kabupaten Malang. Kamu akan menemukan keindahan hutan cemara, Danau Ranu Kumbolo, hutan pinus, hingga lembah dan perbukitan tanaman Bungai Edelweis yang indah.

 

Credit: CNN Indonesia

Gunung Sanggar

Gunung berikutnya masih merupakan bagian dari gugusan pegunungan Rinjani. Keindahan alamnya pun tidak perlu diragukan lagi layaknya Gunung Rinjai. Gunung Sanggar berlokasi di Nusa Tenggara Barat dan memiliki ketinggian mencapai 3.564 mdpl.

Meski masuk dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia, gunung ini tidak banyak dikenal, kontras dengan popularitas Gunung Rinjani. Jika kamu menginginkan pengalaman baru yang anti-mainstream dan sepi pengunjung, maka Gunung Sanggar bisa masuk dalam daftar pendakianmu berikutnya. Tantangan jalur pendakian dan keindahan alamnya pun tidak kalah dengan Gunung Rinjani.

 

Credit: Agun Adventure

Gunung Latimojong

Kamu masih asing dengan nama Gunung Latimojong? Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Sulawesi Selatan. Terdapat tujuh puncak dengan pucnak tertinggi bernama Rante Mario di ketinggian 3.680 mdpl. Gunung ini masuk dalam daftar Seven Summit Indonesia.

Jika tertarik untuk mendaki gunung ini, kamu bisa melewati jalur Desa Karangan, Desa Latimojong, Buntu Batu, Enrekang. Pendakianmu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Jika tertarik berkunjung ke Pulau Sulawesi, maka gunung ini wajib masuk dalam daftar pendakianmu.

 

Credit: Inibaru

Gunung Slamet

Gunung Slamet masuk ke 5 wilayah kabupaten yaitu Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal, dan Purbalingga. Gunung ini juga merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Terdapat banyak jalur pendakian yang bisa menjadi pilihanmu, seperti via Bambangan, Guci, Sawangan, Dipajaya, Kaligua, Kaliwadas, dan Baturaden.

Untuk mendaki hingga sampai ke puncak, kamu butuh waktu paling singkat selama 9 jam waktu tempuh. Banyak wisata alam yang bisa kamu temui sepanjang jalur pendakian, seperti Curug Bayan, Curug Ceheng, Curug Carang, Curug Kembar, Curug Cipendok, Curug Penganten, beberapa sumber air panas, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:
Nggak Harus Gunung, Tempat Camping di Jogja Ini Punya Vibes Beda
Megahnya 10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Surganya Para Petualang

Paket Wisata di Jakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Jakarta