Tempat Camping di Jogja – Ingin menikmati suasana camping seru tanpa harus mendaki gunung? Yogyakarta punya banyak pilihan menarik yang pasti akan membuatmu ingin langsung mengunjunginya bersama kawan-kawanmu.

Yogyakarta tidak ada habisnya memberikan kejutan-kejutan yang sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Banyak hidden gem seru bagi kamu para pecinta alam. Salah satunya adalah lokasi camping dengan suasana baru yang berbeda.

Banyak tempat camping di Jogja yang menawarkan keunggulannya masing-masing, termasuk di gunung. Namun, ada beberapa lokasi terbaik yang tidak bisa kamu lewatkan. Kamu juga tidak memerlukan effort lebih seperti harus mendaki gunung berjam-jam.

 

Wisata Tanjung Kesirat (Credit: NgeTripMyID)

Pantai Kesirat

Pantai yang juga dikenal sebagai Wisata Tanjung Kesirat terletak ini di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu membayangkan camping di tepi pantai dengan pesisir pantai putih? Sudah biasa.

Letak camping ground ini ada di sebuah perbukitan yang berbatasan langsung dengan tebing yang menghalang ombak lautan. Kamu dapat mendirikan tenda dengan panorama perbukitan, hamparan rerumputan hijau, sekaligus laut lepas.

Lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor yang nantinya akan kamu titipkan di tempat parkir. Parkiran tersebut berjarak sekitar 100 meter dari lokasi. Medan untuk mencapai lokasi pun terbilang cukup mudah dan ada rumah warga tidak terlalu jauh dari lokasi.

Tempat ini terkenal dengan panorama matahari terbit dan matahari tenggelamnya yang sangat eksotis khas dengan sebuah pohon yang tinggi dan agak menjorok ke arah laut. Meski sering dijadikan lokasi camping, tapi tidak terlalu ramai. Jadi, seperti camping di pulau pribadi. 

 

Bukit Pengilon (Credit: Twitter/Ellya)

Bukit Pengilon

Ingin camping ala puncak gunung tanpa perlu ke gunung? Bukit Pengilon menawarkanmu pengalaman lebih dari itu. Kamu bisa camping sambil menikmati hamparan perbukitan hijau dan laut lepas dalam satu waktu. 

Untuk mencapai lokasi ini, kamu perlu menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan. Ada 3 jalur menuju bukit ini yaitu via Balong, Pantai Siung, dan Dusun Duwet. Perjalanan akan banyak kamu tempuh melewati perkebunan hijau. Kamu juga bisa sekalian menikmati Air Terjun Banyu Tibo dalam perjalanan menuju ke puncak bukit.

Ada dua tempat untuk kamu mendirikan tenda. Jika menurutmu berkemah di tengah perkebunan sudah cukup, kamu bisa mendirikan tenda di beberapa camping ground di tengah perjalanan. Jika ingin menikmati sensari yang berbeda, puncak bukit ini adalah lokasi terbaik.

Kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 40 menit dengan perjalanan santai dan istirahat. Semisal kamu tidak ingin trekking, kamu juga bisa menggunakan motor ojek warga atau jeep. Restribusi masuknya pun hanya 20.000 untuk mendirikan tenda di tempat ini.

 

Jogja Camper Van (Credit: Phinemo)

Waduk Sermo

Tempat camping di Jogja ini cocok buat kamu yang ingin camping effortless. Bahkan, tempat ini banyak menjadi tujuan utama camping dengan menggunakan camper van. Sebuah mobil dengan desain khusus yang dilengkapi dengen tenda dan berbagai perlengkapan menginap seperti peralatan outdoor yang lengkap.

Bayangkan sensasi bangun pagi disambut dengan panorama danau dan pantulan matahari terbit yang sangat indah. Lokasi ini banyak menjadi pilihan tempat foto outdoor profesional dan foto prewedding.

Kamu bisa membawa tenda dan peratalan camping sendiri atau menyewa di lokasi dengan harga per tenda sebesar 50.000,-. Sedangkan, untuk perlengkapan tambahan memiliki harga yang beragam. Cocok nih sebagai tempat short escape kamu bareng keluarga atau sahabatmu.

 

Gunung Api Purba (Credit: TuguWisata)

Gunung Api Purba Nglanggeran

Pernahkah kamu mendengar tentang gunung purba? Ternyata, Yogyakarta memiliki gunung purba yang sudah ada sejak 70 tahun yang lalu, loh. Namanya Gunung Api Purba Nglanggeran. Nama tersebut berasal dari nama desanya karena terletak di Desa Nglangeran. Terdapat beberapa camping ground yang bisa menjadi pilihanmu.

Meski memiliki nama “Gunung Api”, lokasi ini merupakan sebuah bukit batu raksasa. Jutaan tahun yang lalu, Bukit Nglanggeran adalah puncak dari Gunung Api Purba. Bukit ini memiliki ketinggian 700 mdpl. Untuk mencapai puncaknya, kamu hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam perjalanan. 

Bukit ini memiliki bentang alam yang unik. Kalau kamu ingat film “Sudirman” yang dibintangi oleh Adipati Dolken, terdapat sebuah lorong yang terhimpit batu raksasa yang menggantung. Sekilas akan mengingatkamu dengan setting film “175 Hours”.

Banyak aktivitas wisata menarik yang bisa kamu lakukan di tempat ini. Selain camping, kamu juga bisa trekking, menikmati spektakulernya matahari terbit dan matahari terbenam, mengadakan sebuah outbond bersama rombonganmu, panjat tebing, mengunjungi desa yang hanya di huni 7 keluarga, atau live in dengan menginap di rumah warga desa.

 

Bukit Ngisis (Credit: Suwatu)

Bukit Ngisis

Bergeser ke sisi Barat Jogja, ada Bukit Ngisis. Tempat camping di Jogja kali ini memiliki suasana dan panorama yang berbeda juga. Kamu akan disuguhkan dengan eksotiknya panorama matahari terbit yang juga menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung.

Camping sambil menikmati suasana sejuk perkebunan teh yang akan mengingatkanmu sekilas dengan film “Sherina”. Panorama indahnya hamparan kebun teh dan sejuknya suasana desa akan selalu membuatnya rindu akan suasana yang ringan tanpa beban.

Kamu dapat membawa tenda dan peralatan berkemah sendiri atau menyewa peralatan di lokasi. Kamu bisa memilih untuk menyewa tenda saja atau kebutuhan lainnya mulai dari 30.000,- sampai 400.000,- per tenda menyesuaikan fasilitas.

 

Baca Juga:
Tips Hemat Liburan di Jogja Tanpa Bikin Dompet Kosong
12 Tempat Angker di Jogja Ini Terkenal Banget, Berani ke Sini?

Nah, itu dia daftar rekomendasi tempat camping di Jogja yang memiliki suasana dan panorama khas yang unik yang bisa menjadi pilihan terbaikmu untuk short escape dari hiruk pikuk kesibukan dalam kehidupanmu.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda