Pulau Banda yang berada di Kepulauan Maluku banyak disebut buku sejarah sebagai pulau yang kaya. Kekayaan yang ada di pulau Banda adalah rempah-rempahnya yang membuat pulau ini menjadi rebutan bangsa-bangsa besar dunia untuk menguasainya. Tapi kejayaan pulau Banda sudah lama berlalu. Meskipun begitu, pulau kecil ini sangat layak kamu kunjungi karena keunikannya. Apa saja sih keunikan Pulau Banda ? Yuk simak ulasan Labiru berikut  yaa….

Penghasil Pala Terbesar di dunia | Keunikan Pulau Banda yang Utama 

Pala, yang menjadikan Banda Neira rebutan imperialis dunia di masa lalu

Pulau Banda memang terkenal dengan buah palanya yang bisa dijadikan rempah-rempah. Buah pala punya nilai jual termahal pada zamannya, tepatnya pada masa kolonial dulu. Karena keunikan Pulau Banda ini, tak heran kalau Portugis dan Belanda memperebutkannya. 

Gunung Api Banda

Keunikan Pulau Banda Neira

Gunung Api Banda, Maluku

Di pulau Banda sebuah gunung yang menjadi ikon pulau ini.  Dengan tinggi hanya mencapai 656 mdpl, kamu bisa mendakinya dan akan mendapatkan pemandangan Pulau Banda yang luar biasa dari atas gunung.

Benteng Belgica | Keunikan Pulau Banda Peninggalan Zaman Kolonial 

Keunikan Pulau Banda Neira, kepulauan banda neira

Benteng Belgica, Banda Neira. Arsitekturnya hampir sama seperti kantor Pentagon.

Karena dulu pulau Banda adalah pulau yang menjadi rebutan dua negara imperialis besar, di sini juga ada benteng bersejarah yang jadi saksi bisu.

Benteng ini bernama Benteng Belgica. Salah satu keunikan Pulau Banda yang harus kamu kunjungi. Benteng ini dibangun oleh VOC pada tahun 1611. Tujuan dibangunnya benteng ini untuk menghalangi upaya rakyat Banda yang melakukan protes terhadap pemerintah VOC karena saat itu melakukan monopoli pala.

Benteng ini dihuni sekitar 30-40 tentara pasukan VOC. Karena bangunannya yang berbentuk segi lima, Benteng Belgica  sering juga disebut sebagai Pentagon of Indonesia.

Rumah Budaya Banda Neira

Keunikan pulau Banda Neira, Maluku

Rumah Budaya Banda Neira, Maluku

Liburan akan terasa lebih lengkap kalau kamu mendapat sesuatu hal bermanfaat, yaitu pengetahuan. Nah, kalau kamu berlibur ke Banda, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Budaya Banda Naira. Rumah ini berisi alat-alat tradisional asli Banda, lalu ada juga lukisan-lukisan jadul di sini.

Sejarah Istana Mini Banda Naira

Keunikan Pulau Banda

Istana Mini Banda Neira, salah satu bangunan peninggalan masa kolonial yang masih tersisa di Pulau Banda

Di Pulau Banda juga terdapat istana yang menjadi salah satu keunikan Pulau Banda. Disebut mini karena bentuknya seperti rumah biasa, tidak seperti istana pada umumnya. Jangan berpikiran kalau mininya itu kayak rumah hobbit  atau semacamnya ya. Istana ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal Jan Pieterzon Coen, Gubernur Jenderal VOC pada masa itu.

Banda Neira, dan banyak daerah di Kepulauan Maluku lainnya menyimpan keunikan dan misterinya sendiri-sendiri. Namun, sebelum memutuskan berlibur, pastikan hanya Labiru partner liburan terbaikmu.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda