Tour Semarang – Salatiga, sebuah kota yang terletak di Jawa Tengah, terkenal dengan suasana yang sejuk, dan kaya akan budaya serta kulinernya. Tempat ini juga sering disebut sebagai kota pendidikan karena memiliki banyak perguruan tinggi dan sekolah yang berkualitas.

Di sisi lain, Salatiga juga memiliki warisan kuliner yang tak kalah menarik. Bagi kamu pecinta wisata kuliner, kota ini merupakan pilihan yang tepat. Selain memiliki ragam makanan yang legendaris, kamu juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk mencicipinya. Yuk simak apa aja rekomendasi makanan lezat khas Salatiga.

Soto Esto

Credit: Jowonews

Kuliner yang pertama, merupakan menu yang paling ditunggu bagi kamu pecinta Soto Ayam. Rumah makan yang bertempat di Jl. Langensuko No.4, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga ini sudah berdiri sejak tahun 1953. Cita rasa dari Soto Ayam Esto ini membuat para warga sekitar bernostalgia karena rasanya yang tidak pernah berubah. Sebagai pelengkap, rumah makan ini juga menyediakan aneka macam gorengan yang cocok untuk disantap dengan Soto Ayam.

Bakso Babat Tamansari

Credit: Detikfood

Bakso merupakan salah satu makanan yang paling di minati oleh banyak orang di Indonesia. Bakso Babat Tamansari adalah tempat yang wajib kamu coba saat kamu datang ke Kota Salatiga. Cukup dengan Rp30.000,00 kamu dapat merasakan sensasi daging sapi yang wangi dan empuk. Rumah makan ini bertempat di Jl. Diponegoro No.105, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.

Ronde Jago

Credit: Detikfood

Menikmati indahnya kota Salatiga, tidak juga lupa untuk mampir ke tempat kuliner legendnya, “Ronde Jago” sudah berdiri dari tahun 1964. Tempat ini beralamatkan di Jl. Jend. Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga. Tempat ini merupakan tempat yang paling terkenal akan rasa dari sekotengnya yang tergolong unik.

Baca juga: Paket Outbound Banyumili di Salatiga – Harga & Tiket Masuk

Sambal Tumpang Koyor Bu Kori

Credit: Solopos

Kuliner sambal yang sudah melegenda sejak tahun 1940 dan sudah memasuki generasi ketiga dari pemilik pertamanya merupakan tempat yang wajib kamu coba saat ke Kota Salatiga. Cara memasak yang tergolong unik membuat rumah makan ini menjadi salah satu incaran para pendatang. Dimulai dari proses memasak dengan menggunakan kayu bakar sampai melakukan fermentasi bumbu masakan. Hal inilah yang menjadikan cita rasa makanannya unik dan dijamin buat nagih.

Soto Kesambi Gladagan

Credit: Kompasiana

Sarapanmu akan lebih enak kalau makan Soto Kesambi Gladangan yang bertempat di Jl. Gladagan No.682, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga. Soto santan ayam yang memiliki rasa yang gurih dan di sajikan selagi hangat dapat memberikan tenaga untuk memulai harimu.

Bakso ABC Sari Roso

Credit: Orangtuaidaman

Tak lupa dengan makanan berkuah satu ini yaitu bakso. Dengan harga Rp14.000,00 kamu dapat merasakan enaknya mie ayam bakso yang enak di Rumah Makan Bakso ABC Sari Roso ini. Dengan ditemani dengan berbagai gorengan yang dimulai dari harga Rp1.000,00 saja. 

Es Cobra

Credit: Wonosobo Zone

Perjalanan kulinermu gak akan lengkap tanpa rumah makan yang satu ini. Rumah makan legendaris yang satu ini sudah ada sejak lama. Hidangan makannya yang beragam, mulai dari ayam, sayur-sayuran, dan yang paling populer adalah es cobranya. Es cobra ini merupakan es campur dengan berbagai perpaduan yang bahan yang unik di dalamnya, seperti kolang kaling, pepaya, cincau hitam, nanas, dan lainnya. Kalau kamu datang ke sini wajib cobain es cobranya.

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang