Kuliner Malam Malang – Selain sebagai kota wisata alam yang populer di Indonesia maupun kancah negara, wisata kuliner di Kota Apel ini juga tak kalah menariknya loh. Banyak kuliner legendaris yang sudah dirintis selama puluhan tahun lamanya dan masih bertahan hingga saat ini.

Jika kamu berkunjung ke Malang, tidak ada salahnya kamu berburu kuliner, terutama pada malam hari. Banyak kuliner legendaris yang baru bukan ketika malam tiba hingga dini hari. Apalagi saat kamu tiba-tiba terserang lapar tengah malam atau menjelang dini hari.

Kalau kamu bingung mau berburu kuliner apa, LABIRU akan memberikan daftar kuliner malam yang enak dan legendaris untuk kamu pertimbangkan dan menjadi pilihan yang tepat sesuai dengan selera kulinermu.

 

Warung Malam Nasi Pecel Rawon Ngaglik (Credit: Instagram/Faiz_Oppa)

Warung Malam Pecel & Rawon Ngaglik

Kamu penasaran bagaimana rasanya nasi pecel yang notabenenya berbumbu kacang dipadukan menjadi satu dengan kuah rawon yang memiliki rasa kaldu sapi? Warung legendari yang satu ini menyajikan sajian unik tersebut.

Mungkin terdengar aneh bagi banyak orang. Namun, nyatanya banyak yang mengakui kelezatan menu sajian utama ini sehingga menjadi best seller sebab banyak dipilih menjadi favorit pengunjung, loh.

Berlokasi di Jl. Arif Margono yang merupakan jalan utama menuju Alun – Alun Kota Malang dengan jarak tempuh sekitar 500 meter-an saja. Warung ini biasa buka pada malam hari pukul 07.00 – 04.00 dini hari. Cocok untuk kulineran malam, nih.

Nasi pecel kuah rawon biasanya disajikan dengan rempeyek. Selain menu utama, ada berbagi jenis lauk lain sebagai pelengkap, seperti ayam goreng, gorengan, tempe-tahu, sate-satean khas angkringan, telur dadar, telur ceplok telur asin, empal, pepes, babat, paru, peyek dan masih banyak lagi.

Untuk menu minuman menawarkan beberapa pilihan seperti teh, jeruk, kopi, wedhang jahe, susu dan minuman botol. Kamu juga bisa memesan bumbu kacang, bumbu rawon, dan peyek seharga 100.000-an per kilogramnya. Untuk harga menu utama mulai 7000 – 20.000. Sedangkan, harga minuman mulai 2000 – 5000.

 

Sego Telur Bareng

Sego Telur Bareng (Credit: Instagram/SegoTelurBareng)

Tahu Telor Bareng

Kuliner ini merupakan salah satu makanan khas Malang yang tidak bisa kamu lewatkan. Ada banyak warung makan yang menjual makanan ini. Namun, salah satu yang paling legendaris dan populer, serta direkomendasikan oleh banyak pecinta kuliner yang mengulas pengalamannya di jagat maya yaitu warung Tahu Telor Bareng.

Makanan ini terbuat dari tahu putih yang dipotong dadu lalu dicampur dengan telur dan digoreng dengan tambahan selendri, mentimun, kecambah dan disiram dengan sambal kacang. Berlokasi di Jl. Terusan Ijen No. 18 daerah Bareng. Biasanya buka di siang hingga malam hari pukul 20.00.

 

Sego Ceker Glintung

Sego Ceker Glintung (Credit: Phinemo)

Sego Ceker Glintung

Warung ini juga merupakan warung legendaris yang ada di Malang yang dibangun sejak 1987.
Berlokasi di Kawasan Glintung, Jl. Letnan S Parman, tepat depan Carefour Blimbing. Buka mulai pukul 21.30 – 01.00 WIB. Cocok nih untuk menjadi pilihan kuliner malam saat kamu tiba-tiba lapar di malam hari.

Warung ini menyajikan menu ceker berbumbu pedas sebagai sajian utamanya. Namun, bukan berarti tidak ada menu lain, seperti sayap, kepala ayam dan bagian usus. Kuliner ini sangat menggoda terutama bagi kamu pecinta olahan ceker.

Teksturnya kenyal dan empuk dengan bumbu pedas dan kuah nyemek yang menggoyang lidah. Sejak dulu hingga sekarang kualitas rasanya tidak berubah. Tenang, buat kamu yang tidak menyukai makanan pedas, ada juga olahan ceker yang tidak pedas sehingga kamu masih tetap bisa menikmatinya dengan santai.

Untuk harga satu porsi menu utama mulai 15 ribu saja, cukup ekonomis untuk menghemat budgetmu namun tetap dapat menikmati kuliner yang enak. Ada juga banyak menu pendamping seperti bakwan jagung, tempe, kepala ayam, sate jeroan ayam dengan harga rata-rata 1000-an.

 

Tahwa

Tahwa (Credit: Kompas)

Tahwa Mas Agus

Kuliner malam legendaris yang satu ini cocok dikonsumsi ketika malam hari saat udara dingin menusuk hingga ke tulang. Minuman ini dibuat dengan resep asal Tionghoa yang diwariskan secara turun temurun. Selain enak, juga menyehatkan loh.

Usaha kuliner ini sudah berdiri sejak 1989. Berlokasi di pinggiran Jl. Aris Munandar, daerah Klojen, menggunakan gerobak sederhana yang jauh dari kesan mewah meskipun termasuk salah satu kuliner legendaris yang cukup terkenal di Malang.

Bahan utamanya berupa endapan sari kedelai menjadi kembang tahu yang kemudian disiram menggunakan siraman kuah jahe hangat. Teksturnya lembut dan jika dimakan langsung lumer di mulut dengan kuah hangat menyengat langsung melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

Cukup merogoh kocek 7000 – 9000 saja, kamu sudah bisa menikmati hidangat hangat legendaris ini. Pastikan kamu datang lebih awal di jam buka mulai pukul 10.00 – 22.00 jika tidak ingin kehabisan.

 

Warung Subuh

Warung Subuh (Credit: TripAdvisor/Anddy)

Warung Subuh

Dapat serangan lapar tengah malam?
Jangan khawatir, kamu bisa coba berburu kuliner di tempat ini karena buka mulai pukul 17.00 – 03.00 dini hari. Berlokasi strategis di Jl. Raya Langsep No. 11A, Malang. Tempat ini memiliki space yang cukup luas dan nyaman dengan pilihan menu cukup beragam, mulai dari kuliner lokal hingga Eropa pun tersedia.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai 12.000 – 67.000 per porsi. Kamu bisa menemukan berbagai olahan kuliner daging, ayam, seafood, makanan berkuah, lauk pauk dan berbagai jenis makanan lokal yang banyak menjadi favorit masyarakat Indonesia berada di satu tempat.

 

Sego Ceker Glintung

Sego Ceker Glintung (Credit: Instagram/bastichendra)

Ceker Setan

Olahan ceker ayam dan sayap ayam pedas menjadi salah satu yang paling favorite dan populer di Malang selain baksonya. Berlokasi di kawasan kampus dan menjadi pilihan kuliner yang selalu buka di saat warung makan lain sudah tutup menjadi 2 dari sekian banyak alasan.

Kalau berkunjung ke Malang, kamu wajib mencoba makanan ini setidaknya sekali. Makanan ini banyak menjadi favorit mahasiswa karena berada di kawasan kampus yang biasanya memang disesuaikan dengan kantong mahasiwa. Kamu tidak perlu merogoh kocek mahal kok, hanya sekitar 15.000 saja per porsinya.

Melihat tampilan hidangannya saja sudah membuat tergoda untuk segera mencicipi rasa pedas kental berpadu rasa manis dan asin yang kompleks. Bagi pecinta makanan pedas dan ceker, kamu pasti akan jatuh cinta dengan rasanya.

 

Nasi Goreng Jumbo Pak Dji

Nasi Goreng Jumbo Pak Dji (Credit: Google Maps/Nasi Goreng Jumbo Pak Dji versi Jumbo)

Nasi Goreng Jumbo Pak Dji

Mencari kuliner di dekat Stasiun Malang sebenarnya sangat mudah. Bahkan, tersedia pusat kuliner yang dinamakan Sriwijaya Culinary Centre. Nah, ada nih kuliner yang patut kamu coba di sekitaran stasiun. Pemilik warung sendiri sudah berjualan selama 35 tahun.

Berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Gang Manunggal No. 18. Lokasi persisnya berada di bagian belakang Stasiun Malang. Warung ini buka mulai pukul 14.00 – 22.00 WIB. Menyediakan menu utama berupa nasi goreng dan bakmi goreng dengan porsi jumbo. Cocok nih buat kamu yang kelaparan setelah perjalanan panjang.

Rasa nasi gorengnya cenderung gurih dan tidak terlalu asin. Ada campuran daging ayam, sosis, sayur, dan telur orak-arik. Untuk satu porsi nasi goreng dan bakmi goreng biasa bisa kamu dapatkan dengan 25 ribu saja. Sepadan dengan porsi besar yang kamu dapatkan. Bahkan, untuk porsi besar seharga 35.000 bisa untuk 3-4 orang jika kamu tidak terlalu lapar atau porsi makanmu kecil.

Selain menu utama, juga menyediakan menu lain seperti ansi mawut, bihun, capcay, fu yung hai, lo mie, dan ayam goreng. Tentu menyediakan berbagai jenis minuman khas warung lokal dengan harga terjangkau.

 

Bakso President

Bakso President (Credit: TripAdvisor)

Bakso President

Malang terkenal dengan kuliner baksonya. Salah satu yang paling terkenal dan menjadi favorit banyak orang lokal maupun wisatawan ialah Bakso President. Lokasinya berada persis depan rel kereta api.
Usaha bakso ini sendiri di rintis sejak tahun 1970-an oleh Alm. Abah Sugito dan istrinya.

Awalnya mereka menjual dengan cara dipikul sampai akhirnya ramai pembeli dan berhasil membeli sebuah gerobak. Terus berkembang sampai mampu membeli sebuah bangunan di dekat rel kereta api. Namanya sendiri pun sempat berubah dari Bakso Manalagi menjadi Bakso Presiden karena letaknya yang dekat dengan Bioskop President.

Menawarkan bakso dengan varian isi banyak dan tersedia juga jenis bakso halus dan bakso urat.
Bakso disajikan dengan bumbu kacang mete. Adapun harganya sebesar 16.000 per porsi dan tambahan 4000-10.000 jika kamu ingin menambah varian isian.

 

Sate Landak Bu Ria

Sate Landak Bu Ria Malang (Credit: KSMTour)

Sate Landak Bu Ria

Bosan berburu kuliner yang itu-itu saja hanya berbeda tempat dan rasa? Kamu bisa mencoba kuliner yang agak ektrim berupa sate landak asli. Tapi, jangan bayangkan bentuk landak yang masih berduri-duri tajam ya. Sudah dipotong khas sate, kok.

Untuk teksturnya agak kenyal seperti daging kambing, namun untuk rasanya lebih mirip daging ayam. Kamu perlu merogoh kocek sebesar 15.000-40.000 per porsi. Wajar saja karena bahan bakunya yang tidak dijual bebas seperti daging ayam di pasaran.

Semisal kamu belum tertarik untuk mencoba menu andalan warung ini, kamu bisa loh mencoba makanan lain yang lebih membuatmu tertarik. Siapa tahu kamu tertarik dengan jenis sate biawak, kelinci, bulus, atau mungkin ayam dan kambing saja deh yang sudah biasa.

Olahan lain seperti rawon, gule, pecel, soto babat, hingga asam manis kodok pun ada. Semua jenis daging yang bisa kamu nikmati di sini memiliki kadar protein tinggi yang bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit tertentu seperti asma atau masalah kejantanan.

 

Pos Ketan Legenda

Pos Ketan Legenda (Credit: PingPoint)

Pos Ketan Legenda

Warung ketan yang dulunya di depan kantor pos ini sudah melegenda sejak 1967. Sayang jika kamu melewatkan kuliner yang menjaga ketahanan rasanya selama puluhan tahun.

Olahan ketan yang digunakan menggunakan bahan ketan terbaik dari Thailand karena lebih mudah diolah dan lebih awet daripada ketan lokal. Kamu juga bisa memilih puluhan varian topping loh, seperti kacang kedelai, parutan kelapa, gula jawa cair dan masih banyak lagi.

 

Angsle dan Ronde Titoni

Angsle dan Ronde Titoni (Credit: Wawa Yasaruna’s)

Angsle dan Ronde Titoni

Warung ronde berusia 74 tahun ini menawarkan menu utama wedang ronde dan angsle yang terkenal enaknya. Cocok untuk menemai sejuknya suasana malam Kota Malang. Walaupun tempatnya tidak begitu besar, namun selalu ramai pengunjung. Kamu bisa datang antara pukul 18.00-22.00 WIB.

Untuk harganya cukup terjangkau, hanya 10.000 saja per porsi dengan isian ronde polos, ronde isi kacang, pacar cina, dan kacang kering. Varian yang menjadi favorit di sini adalah wedang angsle, ronde kering, kacang basah.

Angsle memiliki rasa yang lebih gurih dan manis dengan isian berupa kacang hijau, roti tawar, putu mayang, ketan dan petulo. Untuk ronde kering agak mirip mochi dengan isian gula merah manis legit yang dibalut kacang cincang.

 

Mie Tarik Noodle Inc

Mie Tarik Noodle Inc (Credit: Noodle Inc)

Noodle Inc

Kedai mie tarik hand-made dan halal yang berlokasi di Jalan Soekarno – Hatta DR 1-2, Malang. Menyajikan mie sebagai menu utamanya. Konsepnya berupa open kitchen sehingga kamu dapat menyaksikan langsung proses pembuatan mie tariknya.

Noodle Inc┬áini buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 23.30 WIB. Selain mie tarik yang menjadi menu utamanya, tersedia jenis mie lainnya yang bisa kamu nikmati, seperti varian ramen, kwetiaw, bakmi, Mie Tarik Pangsit, Mie Tarik Sapi, Mie Tarik Asam Pedas, dan Mie Tarik Ayam.

Selain menu mie, resto ini juga menyediakan dimsum dan makanan khas Chinese. Harga per porsi mulai 8000 – 25.000 belum termasuk PPN. Resto juga menyediakan aneka minuman untuk melengkapi hidanganmu.

Baca Juga:
Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Malang dengan Fasilitas Terbaik
Rekomendasi 9 Wisata Malam Malang Hits, Favorit di Kalangan Wisatawan

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang