7 Makanan Khas Jogja – Selain berkunjung ke destinasi-destinasi wisata nya, saat kamu ke Jogja tidak afdol rasanya jika kamu tidak mencicipi kulinernya. Banyak kuliner khas kota Jogja yang menjadi primadona baik untuk penduduk lokal maupun untuk wisatawan.

Kuliner ini umumnya merupakan kuliner tradisional khas Yogyakarta. Saat hari-hari biasa, tempat-tempat kuliner ini sudah ramai pengunjung. Apalagi saat hari libur atau musim liburan. Hampir dipastikan banyak tempat yang menjual kuliner khas Yogyakarta ramai dipadati pembeli.

Di artikel ini kita akan membahas 7 Makanan Khas Jogja apa saja yang menjadi buruan wisatawan saat berlibur. Simak artikel ini sampai selesai yaaa

 

Sate Klathak

Sate Klathak merupakan sate kambing. Lalu mengapa dinamakan sate klathak? Nama sate klathak diberikan karena saat kita membakar sate ini ada bunyi seperti “Klathak-Klathak” yang berasal dari taburan garam yang dibumbui di sate tersebut.

Tidak hanya itu keunikan dari makanan khas jogja yang terbuat dari daging kambing ini, tidak seperti sate pada umumnya sate yang satu ini ditusuk menggunakan besi bahkan dulu besi yang digunakan adalah jeruji sepeda tapi justru itulah yang membuat sate ini terkenal.

Beberapa lokasi penjual sate klathak yang terkenal di Jogja adalah Sate Klathak Pak Pong, Sate Klathak Pak Bari dan Sate Klathak Mak Adi.

Sate Klathak

Sate Klathak (Cr : Google)

Gudeg

Siapa yang tidak tahu dengan Gudeg Jogja? Kami rasa hampir seluruh orang Indonesia tahu makanan khas Jogja adalah Gudegnya.

Gudeg terbuat dari bahan baku nangka yang masih muda dan santan kemudian diolah dengan cara dimasak dalam waktu yang lama. Makanan ini memiliki warna yang unik yaitu warna coklat dan warna ini sendiri dihasilkan dari warna daun jati yang dimasak berbarengan dengan nangka muda tersebut.

Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi kemudian dengan kuah santan kental lalu bisa juga di tambahkan ayam kampung, tahu, telur, tempe dan sambal yang akan memberi kesan lebih pedas.

Lokasi Guneg yang terkenal di Jogja antara lain : Gudeg Sagan, Gudeg Yu Djum dan Gudeg Wijilan.

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja (Cr : Google)

 

Oseng-Oseng Mercon

Mendengar namanya saja kita sudah heran. Hah kok namanya mercon? Nama mercon ini diambil dari rasa pedasnya makanan ini. Oseng-oseng mercon adalah masakan yang terbuat dari bahan dasar kikil yang dimasak menggunakan cabe rawit yang sangat banyak sehingga menimbulkan rasa pedas bagaikan terkena mercon.

Memiliki rasa yang dominan pedas membuatnya banyak digemari oleh orang-orang, oseng mercon ini memiliki banyak varian ada yang menggunakan kikil, daging sapi, gajah, otot sapi, ayam dan kerang sehingga penikmatnya memiliki banyak pilihan.

Lokasi oseng-oseng mercon yang terkenal di Jogja adalah Oseng-Oseng Mercon bu Narti yang berlokasi di jalan KH Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Oseng-oseng Mercon

Oseng-oseng Mercon (Cr : Google)

Mangut Lele

Kalau berbicara tentang kota Jogja atau kota yang biasa dijuluki kota pelajar ini banyak sekali hal-hal yang sangat menarik untuk diketahui baik itu budaya, wisata alam, sampai ke wisata kulinernya yang memiliki ciri khas tersendiri.

Makanan khas Jogja yang selanjutnya yaitu mangut lele, makanan yang berbahan baku lele ini sudah cukup dikenal dan banyak diminati oleh semua kalangan wisatawan karena rasanya yang enak dan gurih. Pembuatan mangut lele juga menggunakan bumbu-bumbu yang khas.

Mangut Lele yang terkenal di Jogja adalah Mangut Lele Mbah Marto yang berlokasi di Jalan Sewon Indah, Bantul.

Mangut Lele

Mangut Lele (Cr : Google)

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa atau biasa disebut bakmi Jogja, mengapa dikatakan bakmi jawa karena makanan ini di olah dengan bumbu-bumbu khas Jawa sehingga rasanya itu sangat khas banget.

Makanan khas jogja ini sudah terbilang hits di semua kalangan dan tidak sulit untuk menemukan makanan ini karena tersedia dimana-mana baik di tempat makan pinggir jalan sampai di restoran berbintang, bagi para pecinta pedas jangan khawatir karena kita bisa memesan dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

Lokasi Bakmi jawa yang terkenal di Jogja adalah bakmi jawa Mbah Gito yang berlokasi di jalan Nyi Ageng Nis, Rejowinangun, Yogyakarta.

Bakmi Jawa

Bakmi Jawa (Cr : Google)

Baca Juga :

Jadah Tempe

Jadah Tempe ini merupakan salah satu makanan tradisional khas dari lereng gunung Merapi Kaliurang dan sebenarnya jadah tempe merupakan dua makanan yang berbeda yang kemudian digabungkan menjadi satu hidangan yang di mana jadah itu merupakan makan yang berasal dari olahan ketan yang diaduk dengan parutan kelapa dan tempe nya itu di olah dengan cara dibacem.

Beralih ke sejarah asal mula jadah tempe ini terkenal karena Sri Sultan Hamengkubuwono lX mencicipi makanan ini dan beliau menjadi sangat suka sehingga beliau sering mengkonsumsinya.

Lokasi Jadah Tempe yang terkenal di Jogja adalah Jadah tempe Mbah Carik yang berlokasi di Kaliurang, Yogyakarta.

Jadah Tempe

Jadah Tempe (Cr : Google)

 

Soto Sampah

Makanan khas Jogja ini akan membuat para wisatawan penasaran karena namanya yang unik dan beda daripada yang lain namun setelah kita melihat langsung soto nya maka kita akan mengerti mengapa diberi nama soto sampah yaitu dikarenakan bentuk atau penataan soto dalam sebuah mangkuk yang tidak beraturan atau bisa dibilang tidak rapi.

Selain itu isi dari soto ini sendiri yang terbilang memiliki banyak macam yaitu mulai dari nasi nya, jeroan ( babad), campuran daging, seledri, dan yang pastinya ada toge mentah yang akan memberi kesan rasa yang semakin nikmat, jadi jika anda ke Jogja jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini.

Lokasi soto sampah yang terkenal adalah soto sampah alun-alun utara, Yogyakarta

Soto Sampah

Soto Sampah (Cr : Google)

Nah itu tadi 7 Makanan Khas Jogja yang wajib kamu cicipi saat berada di Jogja. Penasaran dengan rasanya? Yukk langsung liburan ke Jogja. Agar liburanmu mudah, cepat dan menyenangkan, Labiru Tour solusinya 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda