Wisata Kuliner di Lombok– Selain terkenak akan keindah destinasi wisata baharinya ternyata pulau lombok juga memiliki, wisata kuliner yang tak di ragukan lagi akan kenikmatannya. Pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas dalam bidanga pariwisatanya. Saya akan lebih fokus akan lebih fokus membahas wisata kulinernya.

Berwisata ke lombok memang terasa masih kurang jika kalian belom mencoba makanan khas lombok, yang terkenal akan kelezatannya, nah berikut 12 wisata kuliner di lombok yang wajib kalian coba. Berikut:

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Lombok Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Restoran Nasi Balap Payung Inaq Esun

wisata kuliner di lombok

Hidangan Nasi Balap Khas Lombok

Ketika hendak berlibur ke Lombok, kurang sempurna rasanya jika anda tidak mampir ke rumah makan yang satu ini, dimana menyediakan masakan khas Lombok yang rasanya sudah sangat terkenal. Adapun jenis makanannya salah satunya yaitu nasi balap puyung, jika dilihat secara penampilan, kuliner ini terlihat sederhana, namun, jangan tanya soal rasanya yang sangat enak sehingga rumah makan ini sangat ramai pengunjung. Rumah makan ini terletak di jl. Raya Putung, Desa Puyung, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Provinsi NTB

Ayam Taliwang Khas Pak Udin

Hidangan Ayam Taliwang khas Lombok

Ketika hendak berlibur ke Lombok, kurang sempurna rasanya jika anda tidak mampir ke rumah makan yang satu ini, dimana menyediakan masakan khas Lombok yang rasanya sudah sangat terkenal. Adapun jenis makanannya salah satunya yaitu nasi balap puyung, jika dilihat secara penampilan, kuliner ini terlihat sederhana, namun, jangan tanya soal rasanya yang sangat enak sehingga rumah makan ini sangat ramai pengunjung. Rumah makan ini terletak di jl. Raya Putung, Desa Puyung, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Provinsi NTB

Nasi Balap Payung Lombok Tengah

Hidangan Nasi Balap Khas Lombok Tengah

Nasi balap puyung merupakan salah satu menu paling dicari untuk sarapan. Maklum, orang Indonesia mengenal semboyan ‘belum makan kalau belum makan nasi’. Nasi balap puyung ini berasal dari Kampung Puyung, Dusun Lingkung Daye, Jonggat, Lombok Tengah. Penjual yang paling pertama bernama Ibu Inaq Esun yang sudah berjualan sejak tahun 90-an. Namun saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan penjual nasi balap puyung di kota Mataram.

Satu porsi nasi balap puyung yang lengkap terdiri dari nasi putih dengan suwiran daging ayam bumbu pedas, kedelai goreng, kering kentang, oseng buncis, telur bacem (atau telur asin), dan tentu saja sambal khas.

Lokasi: Jalan Raya Puyung, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah 83561 Harga: Mulai dari 17,000 IDR per porsi

Babalung Lombok Tengah

Hidangan Babalungan Lombok Tenngah

Dari penampakannya, mungkin kamu menganggap bebalung sebagai gulai sapi ‘biasa’. Akan tetapi, masyarakat Desa Sasak memiliki resep khusus yang membuatmu akan lebih bertenaga sesudah makan bebalung. Wah, penasaran?

Sup yang memiliki cita rasa kuah yang gurih dengan daging yang lembut ini biasanya menggunakan bahan dasar iga dan tulang sapi. Namun, beberapa tempat makan kuliner Lombok menyajikan menu bebalung kuda yang dipercaya mampu meningkatkan stamina. Sebagian orang juga kerap mencari bebalung kuda untuk obat malaria. Buat kamu yang bukan pecinta kuliner ekstrem, lebih baik coba bebalung sapi dulu. Tidak kalah enak, kok!

Lokasi: Depot Kelebet (Bebalung), Jalan HOS Cokroaminoto No.10, Monjok Timur, Selaparang, Kota Mataram 83122 Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi

Sate Bulayak – Taman Narmada

Hidanagan Sate Bulayak Khas Lombok

Setiap daerah di Indonesia sepertinya punya ragam kuliner sate, betul? Tak terkecuali Lombok, yang punya sate bulayak. Ada sate ayam, jeroan, dan sapi yang bisa kamu pilih; tetapi yang membedakan sate bulayak dengan sate pada umumnya adalah lontong yang dililit dengan daun aren atau enau. Inilah yang dinamakan ‘bulayak’.

Hal unik lainnya dari sate bulayak adalah bumbu kacang yang dimasak dengan santan plus bumbu seperti ketumbar, jintan, bawang dan cabai. Agar lebih mantap, jangan lupa mencocol bulayak ke bumbu yang agak berkuah tersebut. Penjual sate bulayak dapat dengan mudah kamu temukan di area Narmada. Kamu bisa mencicipi sate bulayak sambil mampir ke Taman Narmada yang instagrammable.

Lokasi: Taman Narmada, Jalan Raya Narmada, Lembuak, Kabupaten Lombok Barat 83371

Harga: Mulai dari 25,000 IDR per porsi Pelecing Kangkung

Kalaq Batih

Hidangan Kalak Batin

Kuliner khas Lombok satu ini sudah jarang ditemukan di restoran atau rumah makan di Pulau Lombok.  Bahan utama kelaq batih adalah biji buncis yang sudah tua dicampur dengan daun singkong muda. Kekhasan rasa dari kelaq batih terletak pada bumbu rempah-rempah yang digunakan atau kalau dalam bahasa sasak disebut ragi beleq.

Ragi beleq terdiri dari merica, ketubar, jahe, lengkuas, sedikit kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan penyedap (opsional).

Cara memasak kelaq batih cukup gampang yaitu dengan merebus biji buncis yang sudah tua sampai empuk. Masukkan bumbu yang terlebih dahulu sudah ditumis. Menumis bumbu sebaiknya menggunakan minyak kelapa agar aroma dan rasanya lebih sedap. Selanjutnya masukkan daun singkong. Tunggu hingga daun singkong matang, lalu hidangkan bersama nasi hangat.

Baca Juga:

Nah itulah beberapa wisata kuliner yang wajib kaalian cicipi. Dan buat teman-teman yang mau liburan ke lombok dan nggak mau ribet, tenang kami team labirutour siap membantu dengan cara beli Paket Liburan Lobok. Dan yang budget kritis ada sedikit Tips Liburan ke lombok murah

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda