Makanan Khas Nusantara – Senang berburu kuliner? Maka kamu wajib mencoba beberapa rekomendasi makanan khas berikut ini. Indonesia memiliki banyak sekali makanan khas nusantara. Setiap daerah pun memiliki kuliner khas daerahnya masing-masing.

Berberapa makanan lokal yang wajib kamu coba akan lebih menarik jika kamu mencoba versi di daerah masing-masing. Jika kamu ingin mengajak atau menawarkan orang asing atau yang baru pertama kali, maka kamu wajib mencatat daftar makanan – makanan nusantara ini.

 

Credit: Liputan6

Rendang

Siapa yang tidak mengenal rendang? Makanan khas Indonesia ini sudah sangat terkenal hingga mancanegara. Kuliner yang berasal dari Minangkabau ini selalu ada di setiap warung atau restoran Padang di Indonesia. Restoran Padang di Indonesia bisa kamu temukan di manapun karena sudah sangat menjamur hampir di seluruh kota bahkan pedesaan.

Rendang adalah salah satu menu wajib andalan yang disajikan di resto makanan khas Padang. Kuliner ini menggunakan daging sebagai bahan utamanya yang diolah dengan menggunakan bumbu kaya rempah yang unik. Bahkan, makanan ini pernah dinobatkan sebagai makanan terenak nomor 1 versi CNN Travel.

 

Credit: Kompas

Pempek

Makanan yang kedua adalah jajanan khas Palembang yang menggunakan bahan daging ikan dan tepung kanji ini. Pempek Palembang sudah ada sejak abad ke-16 di Indonesia. Cita rasa khas percampuran rasa asam, manis, pedas, dan gurih menjadi salah satu alasan mengapa pempek banyak menjadi favorit masyarakat.

Pempek pun memiliki banyak varian seperti lenjer, bulat, kulit ikan, dan kapal selam. Varian kapal selam adalah yang paling terkenal dari sekian banyak varian. Varian ini berisi telur ayam yang disajikan menggunakan kuah bercita rasa khas yang unik.

 

Credit: Liputan6

Nasi Goreng

Membahas perihal makanan khas nusantara tentu tidak lengkap jika tidak menyebutkan nasi goreng. Bahkan, kuliner ini kerap direkomendasikan sebagai makanan utama yang wajib dicoba saat pertama kali ke Indonesia. Dilansir dari hasil survey CNN Internasional, nasi goreng masuk peringkat ke dua dalam daftar “50 Makanan Paling Enak di Dunia”.

Hampir seluruh restoran yang menjadikan makanan nusantara pasti menawarkan varian menu nasi goreng. Kamu bahkan akan banyak menemui banyak lapak makan yang secara khusus menjual makanan ini. Varian nasi goreng di Indonesia pun sangat beragam. Mulai dari nasi goreng seafood, ayam, daging, pete, teri, hingga berbagai jenis inovasi menarik yang lezat.

 

Credit: MasakApaHariIni

Gudeg

Saat mendengar nama gudeg, kamu pasti akan teringat dengan Kota Jogja. Kuliner ini merupakan makanan khas Jogja yang kerap dijadikan oleh-oleh wisatawan saat berkunjung ke Jogja selain jajanan bakpia. Gudeg merupakan olahan nangka udah yang dimasak menggunakan santan dengan cita rasa manis khas makanan Jogja.

Gudeg dapat disajikan dengan nasi hangat maupun bubur. Makanan pendampingnya pun cukup beragam dan khas, seperti kuah santan kental, krecek, ayam, tempe, tahu, dan telur. Bagi kamu yang menyukai khas cita rasa manis, makanan ini bisa menjadi salah satu makanan terbaik yang pernah kamu coba.

 

Credit: EndeusTV

Nasi Liwet

Bergeser ke Solo yang tidak jauh Kota Jogja, ada makanan khas yang juga wajib kamu coba, yaitu nasi liwet. Jika kamu tidak terlalu menyukai cita rasa manis khas Jogja, cobalah mencoba makanan khas Solo ini. Nasi liwet merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan santan sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang sekilas mirip dengan nasi uduk.

Nasi liwet biasanya disajikan dengan lauk pendamping seperti suwiran ayam, kuah santal kental atau biasa disebut dengan areh, sayur labu siap, dan pelengkap seperti telur dan sejenisnya. Makanan ini cocok untuk menjadi menu sarapan maupun makan malam.

 

Credit: Dapur KOBE

Tengkleng

Bagi kamu pecinta olahan daging kambing, maka kuliner ini wajib masuk dalam daftar kuliner yang harus kamu coba. Tengkleng merupakan makanan berkuah dengan bahan utama tulang kambing yang sekilas mirip dengan kuliner khas nusantara lainnya, yaitu gulai kambing. Ada cerita menarik yang melatarbelakangi kuliner satu ini.

Konon, pada zaman dahulu hanyalah bangsawan dan orang Belanda yang mampu menyantap jenis makanan daging kambing. Sedangkan, para juru masak dan para pekerja hanya kebagian bagian yang tersisa seperti tulang, kaki, dan kepala untuk dimakan. Ide olahan tulang-tulang kambing dengan daging yang sedikit ini membuat para juru masak ingin menciptakan makanan enak yang layak disantap.

 

Credit: Liputan6

Bakso

Makanan khas Indonesia yang sudah menjadi bagian dari setiap bagian daerah di Indonesia adalah bakso. Saat ini, kamu pasti tidak akan sulit menemukan kuliner ini baik di perkotaan hingga ke pedesaan. Olahan daging giling yang dibuat berbentuk bulat-bulat ini memang lezat. Saat ini, ada banyak varian bakso yang bisa kamu temui.

Mulai dari bakso dengan isian bermacam-macam hingga yang ukurannya tidak tanggung-tanggung besarnya. Bakso disajikan dengan kuah gurih, mie putih, mie kuning, dan beberapa pelengkap seperti bawang goreng, daun sop, dan sejenisnya. Jika kamu bosan dengan sajian bakso biasa, saat ini banyak varian bakso unik yang bisa kamu coba.

 

Lumpia Makanan Khas Kuliner

Credit: Okezone Lifestyle

Lumpia

Jajanan lumpia ni merupakan salah satu jajanan khas Semarang yang terkenal hingga menyebar ke banyak daerah di Indonesia. Jajanan tradisional ini sebenarnya berasal dari Tiongkok yang saat ini bahkan banyak yang mengira bahwa lumpia adalah makanan asli khas nusantara karena sudah sangat lekat sebagai makanan lokal.

Lumpia merupakan jajanan olahan tepung beras yang dibentuk menjadi lembaran-lembaran tipis yang kemudian diisi dengan berbagai macam isian lalu digulung dan digoreng. Isian yang biasa digunakan adalah rebung, telur, sayuran segar, hingga makanan laut.

 

Credit: Fimela

Rawon

Satu lagi makanan khas Indonesia yang terbilang salah satu yang paling berkelas karena biasanya ada dalam pilihan menu di bandara ataupun di restoran-restoran mewah yang menawarkan makanan khas Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri.

Makanan ini merupakan olahan daging yang disajikan menggunakan kuah rempah khas berwarna kehitaman. Rawon berasal dari Jawa Timur. Sup daging ini menggunakan bahan utama kluwek yang dicampur dengan porongan daging sapi lalu disajikan bersama nasi, dan topping pelengkap seperti daun bawang, telur asin, tauge, sambal, dan kerupuk udang.

 

Credit: detikFood

Sate Lilit

Makanan ini adalah makanan khas Bali yang tidak dapat kamu lewatkan. Jika kamu berkunjung ke Bali, kamu akan dengan mudah menemukan makanan ini di berbagai lokasi wisata seperti Denpasar, Gianyar, hingga Badung. Berbeda pada sate pada umumnya.

Sate lilit merupakan gumpalan adonan yang terbuat dari daging sapi yang membalut tusuk sate. Selain itu, kamu bisa langsung menyantap sate ini karena bumbu sudah meresap ke dalam olahan daging sehingga tidak lagi disajikan bersama bumbu kacang seperti sate pada umumnya.

 

Baca Juga:
Rekomendasi 12 Kuliner Malam Malang yang Enak dan Legendaris
7 Kuliner Mblusukan Jogja Paling Populer, Hidden Gem Tersembunyi