Oleh – Oleh khas Bali Kekinian- Salah satu pulau Indonesia yang sangat di kenal duni yaitu Pulau Dewat Bali, terletak di salah satu kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Dewata Bali memiliki berbagai macam destinasi wisata yang tidak boleh di lewatkan, setiap sudutnya mampu membuat siapapun terhipnotis akan ke indahannya.

Selain pemandangan alamnya yang indah, kesenian dan budaya yang masih sangat kental akan membuat kamu terpesona dengan masyarakat bali.

Sangat sayang sekali sudah sampai di Bali namun tidak tau makanan apa saja yang wajib kamu coba dan kamu bawa pulang. Oleh-oleh khas Bali berbeda dengan kota lainnya, sehingga  kalian harus tau apa aja  oleh-oleh khas Bali Kekinian yang wajib kamu borong ketika sudah di bali.

Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali

Kopi Kopi khas Bali Kopi Kintamani (Cr:Google)

Oleh-oleh khas Bali kekinian pertama yang wajib kalian borong yaitu kopi kintamani. Kopi Kintamani di tanam dengan ketinggian 900-1000 mdpl di Gunung Batur serta  menjadi satu dengan kebun  sayur-sayuran, membuat aroma dan citarasanya berbeda dengan jenis kopi lain di Indonesia.

Cita rasa dan aroma yang di hasilkan kopi kintamani cenderung citrusy, hint chocolaty, karamel, yang di sebabkan Oleh proses Penanamannya, sehingga membuat semakin segar.

Rasa dari kopi kintamani ini cukup bagus, yaitu  tidak terlalu pahit dan tidak sepat. Karena para petani sangat memperhatikan cara petik selama masa panen, yaitu hanya memetik golodong merahnya saja. Jika kalian ingin membeli dan melihat langsung proses pengolahan Kopi kintamani, kalian bisa langsung datang ke kawasan Kintamani Bali. Atau kalian bisa juga mendapatkannya di tempat pusat oleh-oleh khas Bali.

Lokasi : https://goo.gl/maps/x99Aa2DJSQgtYstp6

Cara penyajian kopi kintamani ada dua metode yang bisa kalian lakukan, yaitu metode tubruk dan metode penyeduhan V60. Kopi tubruk merupakan teknik penyeduhan khas dari Indonesia. Caranya sangat mudah yaitu dengan mencampurkan kopi dengan gula secukupnya, kemudian diseduh dengan air panas. Metode ini di kanal oleh  masyarakat bali dengan nama kopi salem atau kopi hitam.

Karena kemudahannya metode kopi tubruk, kalian bisa dengan mudah menikmati secara langsung di beberapa warung kaki lima di bali. Biasanya masyarakat bali menikmati kopi tubruk setiap pagi dengan ditemani jajanan khas bali seperti : Laklak, sumping dan godoh.

Untuk metode penyeduhan V60, caranya dengan menuangkan air panas suhu 90°C di atas bubuk kopi secara perlahan dan melingkar. Teknik penyeduhan ini sangat bagus, karena akan mengeluarkan dengan sempurna semua aroma dan rasa khas kopi.

untuk metode V60 memerlukan beberapa alat yaitu : gelas V60 dripper, thrmometer (untuk mengecek suhu air), pemanas air, dan kertas filter V60. Umumnya metode ini di jumpai di kedai-kedai kopi.

Metode penyeduhan kopi V60

Metode penyeduhan kopi V60

 

Pia Legong

Pia Legong Bali

Oleh-oleh has Bali kekinian Pia Legong Bali (Cr:Google)

Pia Legong merupakan cemilan khas Bali yang sangat populer dan termasuk oleh oleh khas Bali kekinian. Sayangnya kalian tidak di perbolehkan membeli dalam jumlah yang banyak, karena setiap pembeli hanya diperbolehkan membeli maksimal 2 pak saja.

Sangat berbeda dengan oleh-oleh khas bali lainnya yang bisa kalian beli sesuka kalian. Pia legong hanya memiliki 3 varian rasa yaitu : mung bean pai (Pai kacang hijau), cheese Pai (Pai keju),chocolate pia (Pia Coklat)

Untuk konsisten pembuatannya dan bahan-bahan yang di gunakan tidak pernah berubah, membuat cemilan khas Bali yang satu ini menjadi populer dan banyak di buru oleh para wisatawan. Pia Legong memiliki kemasan yang elegan serta konsisten tidak pernah berubah, kemasan yang berwarna merah marun serta terdapat gambar wanita yang sedang menari Legong, membuat kemasan terlihat Indah.

Untuk mendapatkan Pia Legong kalian hanya bisa membelinya langsung di satu toko yang  beralamat di jalan by pass Ngurah Rai, ruko kuta Megah 15 Kuta. Berdekatan dengan bandara Ngurah Rai, kalau dari arah Kuta sekitar 200 meter sebelum masuk jalan toll atas laut. 

Jika kalian tidak ingin mengantri di toko, kalian bisa memesan via telepon atau e-mail 3 minggu sebelum pengambilan di toko. Untuk menjaga konsistensi dari rasa dan kemasan, pia lengong tidak membuka cabang di manapun dan tidak melayani pengiriman dalam maupun luar kota. Jadi, tidak usah usah heran ya jika kalian menjumpai harga yang sangat mahal di marketplace.

Lokasi : https://goo.gl/maps/B8UgYAQmgBPcrjgB6

Kue Pie Susu Bali.

Pie susu Sli Bali

Pie susu Sli Bali (Cr:Google)

Oleh oleh khas Bali kekinian yang menjadi primado di Bali selanjutnya adalah Kue Pie susu, bukan hanya wisatawan dalam negeri saja  para wisatawan luar negari ikut memburu  memburu oleh-oleh khas Bali yang satu ini, rasanya tidak afdol jika sudah sampai Bali tapi tidak membeli pie susu yang satu ini. 

Meskipun pie susu ini banyak di buru oleh para wisatawan Bali, kenyataannya pie susu ini bukanlah makanan tradisional Bali. Ternyata pie susu ini terinspirasi dari egg tart Hong Kong. Pie susu populer di Pulau Bali pada tahun 1989 ketika seorang pedagang bernama ibu Tantri terinspirasi dari egg tart Hongkong yang sangat populer di tahun 1940.

Egg tart Hong Kong merupakan kudapan yang hanya di sajikan untuk para pejabat atau kelompok menengah keatas saja. Kemudian ibu Tantri mencoba membuat cemilan yang persis  dengan tart Hong Kong yaitu Pie Susu bermerek Pie Susu Asli Enak.

Mulanya ibu Tantri menjual pie susu buatannya ini hanya menitipkan di beberapa warung. Teksturnya yang renyah, lembut di tengah dan manis, tidak di sangka setiap harinya banyak sekali wisatawan lokal dan luar yang mencari memburu pie susu buatannya dengan merek Pie Susu Asli Enak.

Rasanya yang lezat, tidak heran jika para wisatawan rela membeli berkotak – kotak untuk di bawa pulang. Saat ini banyak sekali masyarakat yang menjual pie susu dengan berbagai merek, tapi ternyata tidak semua merek memiliki rasa yang asli enaknya. 

Ada beberapa merek pai susu asli bali yang asli, rasanya yang lezat dengan kemasan yang menarik. berikut beberapa merek pie susu rekomendasi untuk kalian yang hendak membrong oleh-oleh khas bali :

1. Asli Enak

Pie susu Bali Asli Enaaak

Pie susu Bali merek Asli Enaaak ( Cr; Google )

Pertama kalinya merek Pie Susu Asli Bali yang membuat para wisatawan tergila-gila yaitu, merek Pie Susu Asli Enak yang di buat oleh ibu Tantri. Jika kalian ingin membeli pie susu bermerek Asli Enak, kalian bisa langsung mendatangi tokonya yang ada di beberapa tempat atau memesan sacara online dan di antar ke hotel kalian.  

2. Nirmala

Pie Susu Bali Nirmala

Pie Susu Bali Nirmala (Cr:Google)

Pie Susu Nirmala menjadi rekomendasi pie susu terenak dan terlaris setelah Pie Susu Asli Enaaak. Pie Susu merek ini memiliki tekstur pinggiran yang lebih renyah, tipis, namun adonan egg tart yang tebal dengan beberapa pilihan rasa, seperti Original, coklat, kacang hijau dan keju.

 

3. Bali Man 

Pie Susu ASli Bali merek Bali Man

Pie Susu ASli Bali merek Bali Man (Cr;Google)

Untuk kalian pecinta manis, kalian bisa membeli  merek Bali Man sebagi pilihan kalian. Bali Man memiliki rasa yang sangat legit dan manis dengan ukuran lebih kecil dari merek lainnya, meskipun harganya yang lumayan mahal  berkisar Rp.35.000 hingga Rp.119.000, pie susu ini memiliki ketahanan yang cukup lama yaitu sekitar 5 hari di luar kulkas. Jadi kalian tidak usah khawatir untuk memborong Bali Man.

4. Pie Susu Dhian

Pie Susu Asli Bali Merek Dhian

Pie Susu Asli Bali Merek Dhian (Cr:Google)

Berbeda dengan Bali Man, Pie susu Dhian ini memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki tekstur eeg tart yang legit, dengan pinggiran kue yang tidak terlalu manis dan crispy.  Harga yang di tawarkan cukup murah yaitu berkisar Rp.25.000 hingga 112.000 dengan ketahanan di dalam kulkas bisa mencapai 2 minggu. Tidak heran jika pie susu ini di buru oleh para wisatawan.

5. Pie Susu Sisy

Pie Susu Asli Bali Merek Sisy

Pie Susu Asli Bali Merek Sisy (Cr: Google)

Selanjutnya Oleh oleh khas Bali kekinian yang wajib kamu beli yaitu Pie Susu Sisy. Pie Susu Sisy dikenal sebagi Pie yang tidak menggunkan pengawet dan selalu disajikan secara fresh. sehingga kalian tidak bisa menyimpannya terlalu lama, karena harus segera di konsumsi.

Pie Sisy terkenal juga sebagai Pie Susu terenak yang wajib kamu beli ketika kamu berkunjung ke Bali. Harga yang di tawarkan berkisar Rp.20.000 hingga Rp. 100.000, lebih murah dari merek lainnya. Jika kalian ingin memborong Pie Susu Sisy langsung saja kunjungi tokonya yang berkawasan di jalan Raya Sesetan, Denpasar Selatan dan buka pukul 07.00 – 23.00 waktu Bali.

Kacang Disco

Oleh-oleh khas Bali Kacang Disco

Oleh-oleh khas Bali Kacang Disco ( Cr; Google )

Oleh oleh khas Bali kekinian selanjutnya yang wajib kamu borong adalah Kacang Disco. Kacang ini menjadi salah satu jajanan yang paling di buru oleh wisatawan lokal maupun luar negeri. Tidak seperti kacang pada umumnya, kacang ini merupakan kacang yang di balut tepung, telur dan di padupadankan dengan rempah-rempah khas Bali.

Meskipun memiliki citarasa khas rempah-rempah Bali, kamu bisa merasakan campuran rasa lainnya seperti rasa pedas, rasa barbeque, rasa keju, rasa udang dan rasa original yang tidak benar-benar hanya rasa rempah-rempah khas Bali yang lezat. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bali yang satu ini, kamu bisa membelinya di beberapa toko oleh-oleh yang tersebar di beberapa tempat di Bali. Harga yang di tawarkan tidak terlalu mahal yaitu berkisar Rp.25.000 untuk setiap Box.

Orang lain juga mencari :

Upacara Adat Bali yang Hars KamuKetahui

4 Tempat Wisata Di Nusa Penida, Wajib Di Kunjungi

5 Pantai Terbaik di Bali yang Wajib di kunjungi!!!

Dodol Bulelng Bali.

Dodol Buleleng Khas Bali

Dodol Buleleng Khas Bali (Cr:Google)

Bukan hanya pulau jawa saja yang memiliki dodol, ternyata Bali juga memiliki Dodol yang menjadi ikon bagi daerah Buleleng. Bahan baku yang di gunakan sangat berbeda dengan dodol lain yang ada di pulau jawa, proses pembuatannya tergolong tradisional karena di kerjakan oleh beberapa industri rumahan yang ada di Buleleng, Bali Utara. Dodol ini  juga memiliki ci khasnya yaitu di kemas daun jaung yang membuat aromanya lebih wangi.

Uniknya dari Dodol Buleleng adalah semua kemasan menggunkan daun jagung, tidak ada yang menjual dengan menggunakan pelastik ataupun kotak kerdus. dodol akan di ingat menggunakan tali rafi, setiap satu rentengnya berisikan 10 dodol.

Biasanya Dodol Buleleng digunkan sebagai pelengkap sesajian untuk upacara keagamaan, dengan  ketahanan hingga 3 minggu, sehingga sangat aman untuk di jadikan oleh-oleh ketika kalian ke Bali. Harga yang ditawrkan cukup ramah di dompet yaitu setiap 1 rentengnya hanya di hargai Rp.10.000, meski harganya yang murah tapi memiliki rasa yang lezat.

kebaya Bali

Kebaya Asli Bali

Kebaya Asli Bali (Cr:Google)

Oleh oleh khas Bali kekinian non food yang wajib kamu borong dan kamu wajib koleksi yaitu kebaya khas Bali. Terlihat sama dengan kebaya jawa tengah, namun kebaya Bali memiliki perbedaan yaitu selendang atau Obi.

Jika kebab di jawa tengah meletakan Obi atau selendang di bagian lengan atau pundak, sedangkan obi di bali diletakan di bagian perut dengan makna sebagai pengikat hawanafsu.

Baju Joger.

Kaos Joger Bali

Kaos Joger Bali (Cr:Google)

Tidak afdol rasanya sudah jauh-jauh wisata ke Bali tapi tidak membeli Baju Joger. Baju joger memiliki bahan yang nyaman untuk di gunakan, disain tulisan yang nyeleneh dengan begroun gambar khas bali.

Untuk kalian yang ingin ke Bali, kalian wajib banget nih membeli baju joger untuk oleh-oleh ataupun untuk kalian gunakan sendiri di rumah. Harga yang di tawarkan relatif murah berkisar Rp.100.000 hingga Rp.150.000 tergantung denga ukuran kalian. 

Kalian bisa membeli langsung ketoko Joger yang beralamatkan di jalan raya Kuta. Tempatnya strategis , hanay 10 menit dari bandara Ngurah Rai atau di  jalan raya Luwus Tabanan Bali.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda