Tempat Wisata Nusa Penida- Nusa Penida Keindahan dan keunikan alam Nusa penida mulai dari tebing-tebing, serta pantai yang indah mampu menghipnotis mata para pengunjung. Tak heran jika banyak wisatawan mancan negara yang berkunjung untuk menikmati keindahannya. Beberapa tempat wisata Nusa Penida wajib banget kamu kunjungi ketika berada di Nusa Penida.

Termasuk kepulauan kecil  selatan Bali, Apabila sobat labiru ingin berlibur ke nusa penida, kalian harus terlebih dahulu  menyebrangi lautan. Banyak spot foto  aesthetic bisa membuat kamu sulit  untuk berhenti berfoto selfi, berikut beberapa Tempat Wisata Nusa Penida wajib dikunjungi

Kelingkung Beach

Wisata Kelingkung Beach Nusa penida Bali

Pemandangan Kelingkung Beach Nusa penida ( Cr : Google )

Tempat Wisata Nusa Penida wajib dikunjungi pertama yaitu, pantai Dawa yang terletak di sisi barat daya pulau Nusa Penida beralamatkan di karang Dawa. Kelingkung beach  menjadi tempat wisata di nusa penida yang wajib banget kamu kunjungi, karena disinilah yang menjadi icon wisata di nusa penida. Pertama kali populer pada tahun 2016 dan langsung menjadi tempat hits di nusa penida hingga sampai saat ini.

Kelingkung beach merupakan singkapan batu laut yang berbentuk seperti badan dinosaurus  yang sedang singgah di lautan untuk meminum air. Termasuk tempat habitat asli ikan pari manta, sehingga kalian bisa sangat jelas melihat ikan pari manta. Keindahan dan keunikan inilah yang mengharuskan kamu untuk mengunjungi tempat wisata nusa penida. 

Rute Lokasi

Terletak di Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk bisa menuju kesini, kalian bisa naik speedboat dari pantai sanur ke pulau nusa penida, setelah sampai di pelabuhan kalian bisa melanjutkan naik motor atau mobil menuju ke pantai.

Jika kalian menggunakan motor, kalian harus berhati-hati karena jalannya masih terjal, jika tidak begitu mahir lebih baik menggunakan mobil.

Lokasi : https://goo.gl/maps/wW83d99eZ3hgidsi7

Broken Beach

 Wisata Broken Beach Nusa penida Bali

pesona Broken Beach Wisata Nusa penida Bali ( Cr : Goggle )

Tempat Wisata Nusa Penida wajib dikunjungi – Meski memiliki nama broken namun pantai ini sama sekali tidak menunjukan sisi kerusakannya, bahkan dalam bahasa Bali memiliki nama pantai Pasih Uung yang artinya “ rusak “ . Meski memiliki arti rusak, pantai broken atau pasih uung  ini tidak menunjukan sisi rusaknya sedikitpun, bahkan terlihat sangat indah yang sayang untuk di lewatkan begitu saja.

Di pulau broken ini, kalian bisa melihat pemandangan tebing yang di tengahnya terdapat lubang, atau trowongan yang tembus. Air laut yang masuk kedalam lubang tersebut, seolah-olah air terperangkap di tengah terowongan. 

Berbentuk melingkar dengan tebing-tebing tinggi di sekelilingnya, ketika musim hujan pemandangannya akan semakin indah karena rumput-rumput yang tumbuh menghijau. Jika kalian berkunjung pada musim kemarau pemandangannya gersang, namun kalian tidak perlu kecewa karena pemandangannya akan tetap mempesona. Sangat sayang di lewatkan ketika kalian berkunjung ke nusa penida tapi tidak menjumpai salah  tempat wisata nusapenida ini.

Rute Lokasi 

Dari pelabuhan sanur menuju nusa penida kalian bisa menggunakan boat dengan lama waktu 30 menit. Setelah sampai di pelabuhan toyo pakeha atau banjar nyuh, kalian dapat menyewa mobil atau motor untuk melanjutkan perjalanan ke broken beach sekitar 60 menit.

Lokasi : https://goo.gl/maps/k6MmChDnYEecGVyu7

Harga Tiket 

Biaya yang harus kalian keluarkan untuk transportasi boat ke nusa penida berkisar Rp.75.000 hingga Rp.100.000, sedangkan sewa mobil atau motor berkisar Rp.50.000 hingga Rp.100.000.

Setelah sampai di lokasi, kalian tidak perlu membayar uang tiket masuk, karena untuk saat ini masih geratis. Akan tetapi kalian perlu membayar Rp.5.000 untuk uang parkir kendaraan kalain.

Gamat Bay

Wisata Diving Gamat Bay Nusa Penida Bali

Diving Gamat Bay wisata Nusa Penida Bali ( Cr : Google )

Tempat Wisata Nusa Penida wajib dikunjungi- Teluk gamat bay terlihat seperti aquarium, namun memiliki arus yang kuat. Untuk bisa menikmati keindahan bawah laut, kalian harus membawa alat snorkeling sendiri karena di sini tidak ada jasa peralatan snorkeling.

Jika kalian ingin snorkeling harus memperhatikan arus air laut, jangan menjauhi tepi pantai  terlebih jika tidak ada perahu di sekitar pantai. Meski arusnya terlihat tenang, namun jika di perhatikan arus di teluk gamat bay cukup deras.

Rute Lokasi

Tidak seperti wisata lainnya yang berada di kawasan nusa penida, untuk bisa ke lokasi gamat bay kalian harus melalui jalan darat untuk bisa mencapai puncak bukit yang menghadap ke pantai, lalu turun mengikuti jalan yang mudah.

Untuk menuju gamat bay dari toyapakeh kalian  harus mengambil persimpangan pertama ke kanan menuju crystal bay dan gamat bay selanjutnya kalian bisa mengikuti panah penunjuk jalan.

Lokasi :https://goo.gl/maps/2HVFGjvNPqnMTj9r7

 

Baca juga semua tentang Bali :

5 Pantai Terbaik di Bali yang Wajib di kunjungi!!!

5 Hotel Unik di Bali, Bikin Liburanmu Makin Berkesan!

Lokasi Terbaik untuk Prewedding Impian di Bali

5 Pura Paling Tekenal di Bali, Bikin Kamu Terpesona!

Crystal Bay

Crystal Bay Sunset Nusa Penida Bali

Pesona Sunset Crystal Bay Nusa Penida Bali ( Cr : Google )

Tempat Wisata Nusa Penida yang wajib di kunjungi ketika kamu berkunjung di nusa penida dan termasuk salah satu wisata terbaik di nusa penida yaitu crystal bay. Sebelum pandemi terjadi tempat ini sangat ramai di kunjungi dan setelah pandemi berlalu kini crystal bay kembali ramai dikunjungi.

Termasuk wisata terbaik di pulau nusa penida, tidak heran jika pulau ini selalu ramai pengunjung. Jika kalian berniat untuk mengunjungi keindahan pulau crystal bay sebaiknya hindari musim liburan sekolah, karena kalian mungkin akan  sulitan untuk berfoto.

Sesuai dengan namanya crystal bay, disini kalian akan merasa tersihir dengan keindahan lautan yang sangat jernih, biru selayaknya crystal yang berkilau cemerlang. Terkenal dengan aktivitas scuba diving atau snorkeling.

Karena kejernihannya air laut ini, kalian bisa melihat keindahan bawah laut yang mempesona. Kalian bisa melihat bermacam-macam ikan warna warni seperti ikan mola-mola, bunga karang yg berwarna warni.

Tidak hanya pemandangan bawah lautnya yang indah. Di sini kalian juga akan terpesona dengan pemandangan sunset , karena pantai ini menghadap ke barat, sehingga kalian akan menyaksikan terbenamnya matahari dengan sangat jelas dan indah.

Rute Lokasi 

Lokasi crystal bay mudah sekali untuk diakses tidak seperti gamat bay yang memerlukan usaha yang cukup melelahkan. Crystal bay terletak di Teluk penida tepatnya Banjar Penida, termasuk dalam area Desa Sakti dan berada kurang lebih 15 km dari pelabuhan nusa penida. Rute yang dapat kalian tempuh yaitu : 

Gunakan fast boat untuk menuju sanur beach harbour, dengan biaya kuarang lebih Rp.75.000 untuk satu kali perjalanan dan memakan waktu tempuh 30 – 4 menit. Sesampainya di pelabuhan nusa penida, gunakan jasa sewa motor dengan harga kurang lebih Rp. 70.000 per hari, lalu lanjutkan perjalanan kalian menuju Toyo Pakeh.

Sesampai di Toyo Pakeh, kalian akan menemukan jalan menanjak menuju sebunibus dan tiba di pertigaan sakti. Lalu ambil jalur ke kanan menuju banjar sakti, kemudian kalian akan sampai di pantai crystal bay. 

Lokasi : https://goo.gl/maps/b2zCJqogW5mLBYP88

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda