One Day Tour Jogja – Kota ini sarat akan sejarah, banyak industri kreatif, wisata alamnya pun benar-benar tidak dapat dipungkiri keindahannya. Pariwisata Jogja berkembang pesat karena mampu memahami kebutuhan pasar dengan banyak menawarkan destinasi wisata modern baru yang langsung menjadi primadona di kalangan wisatawan.  

Bagi kamu yang berencana ke Jogja dalam durasi singkat namun tetap ingin memaksimalkan waktu yang terbatas, atau kamu yang berencana ke Jogja namun ingin jalan-jalan di sekitaran pusat kota yang tidak jauh dari hotel tempatmu menginap, Jogja punya banyak pilihan. 

Ingin liburan di Malioboro tapi bingung mau ngapain aja? Ini loh aktivitas seru yang bisa kamu lakukan seharian hanya dengan explore area Malioboro aja. Cocok banget nih buat kamu yang pengen jalan-jalan tapi nggak tahu mau kemana atau liburan bareng keluarga yang seru tapi tidak jauh dari hotel yang kamu tinggali.

Rencanakan one day tour Jogja kamu mulai dari sekarang. Catat rekomendasi berikut ini.

 

0 KM Malioboro (Credit: Visiting Jogja)

Bersantai dan Menikmati Suasana di Nol KM Malioboro

Spot utama di Jogja yang tidak bisa kamu lewatkan adalah kawasan 0 KM. Suasana klasik Eropa terasa sangat kental di kawasan ini. Gedung-gedung tinggi dan lawas peninggalan Belanda masih berdiri kokok dan difungsikan dengan sangat baik hingga saat ini. 

Belum lagi, tata kota Malioboro saat ini memang didesain sedemikian rupa demi kenyamanan warga dan wisatawan. Menariknya, kamu bisa datang 24 jam ke lokasi ini. Saat pagi hari, kamu menikmati ketenangan suasana kota Jogja atau sekedar berburu foto saat kawasan ini belum terlalu ramai dan padat wisatawan.

Ketika siang hari, kawasan ini ramai wisatawan dan mulai banyak pedangang yang menjajakannya dagangannya di sekitar lokasi, tidak di area utama. Ketika senja hingga malam tiba, suasana romantis dengan lampu-lampu temaram berpadu alunan suara music akustik dari musisi jalanan pun turut memberikan suasana malam Jogja yang khas.

 

Shopping Center Yogyakarta (Credit: JogjaAja)

Berburu Buku Murah di Shopping Center dan Lucky Boomerang Bookshop

Shopping Center sudah lama terkenal terutama di kalangan mahasiswa karena menjadi langganan para mahasiswa. Biasanya ramai pengunjung ketika sore hari dan ajaran baru untuk mencari mata kuliah maupun buku lainnya dengan harga yang terjangkau daripada toko buku pada umumnya. Sedangkan, Lucky Boomerang Bookshop lebih terkenal di kalangan wisatawan dan pecinta novel asing.

Shopping Center merupakan tempat berburu buku murah di kawasan Malioboro. Berlokasi tepat di samping Taman Pintar, kamu akan menemukan lapak-lapak buku murah di tempat ini mulai dari buku-buku baru, best seller dan buku bekas. Selain itu, kamu juga dapat menemukan majalah-majalah lama, koran bekas, hingga jurnal-jurnal lawas. 

Meskipun buku-buku yang dijual dikedua tempat ini terbilang murah, kamu masih bisa tetap menawar atau menegosiasikan kesepakatan harga terbaik loh. Jika kamu pandai menawar kamu akan mendapatkan buku bagus dengan harga miring. 

 

Pasar Bringharjo (Credit: JavaTravel)

Belanja Oleh-Oleh Khas Jogja di Pasar Beringharjo

Tidak lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi tidak mampir berwisata belanja di Pasar Beringharjo. Masih di kawasan Malioboro, dapat kamu tempuh hanya dengan berjalan kaki atau naik becak yang tersedia di sepanjang Jalan Malioboro.

Kamu bisa berburu oleh-oleh khas, souvenir, dan berbagai jenis barang dengan harga yang bersahabat dan masih bisa kamu tawar. Tersedia juga ATM, mushola, kamar kecil, dan food court. Untuk sistem pembayaran, sebagian besar penjual sudah melayani cashless.

 

Andong Malioboro (Credit: Kumparan)

Keliling Malioboro & Alun – Alun dengan Andong

Kalau kamu belum pernah merasakan sensasi berbeda berkeliling Malioboro dengan menggunakan andong atau delman, kamu patut mencobanya setidaknya sekali. Kamu bisa menikmati suasana Malioboro hingga Alun-Alun Jogja dengan harga rata-rata 100.000,- per sekali putaran.

Cocok bagi kamu yang berwisata keluarga karena tidak perlu lelah explore sambil berjalan kaki, terlebih jika kamu membawa orang tua dan anak kecil. Kamu juga bisa loh menawarkan permintaan rute kepada kusir delman, biasanya mereka akan menawarkan rute terbaik untukmu.

 

Foto Baju Adat Malioboro (Credit: RegionalKOMPAS)

Berfoto dengan Baju Adat di Jalan Malioboro

Kamu bisa mencoba pengalaman baru yang unik di Malioboro, yaitu berfoto dengan menggunakan baju adat khas Jawa. Terdapat komunitas fotografer pemuda Malioboro yang menawarkan jasa foto outdoor menggunakan baju adat khas Jogja ini. 

Bekerja sama dengan penyewaan baju adat khas di Malioboro, kamu bisa mencari jasa fotografi yang tersebar di media sosial. Setelah membuat janji, kamu akan membuat janji temu kemudian berganti pakaian di tempat penyewaan baju adat menggunakan becak dengan harga 5000,- saja.

Kamu bisa memilih jenis baju adat dengan kesan elegan atau pakaian lurik dengan berupa beskap bagi laki – laki dan bawahan jarik lengkap dengan aksesorisnya seperti keris, bros, hingga dalaman dan hijab untuk wisatawan yang berhijab.

Tarif yang ditawarkan pun sangat jauh lebih murah daripada sewa fotografer outdoor pada umumnya, apalagi jasa foto studio dengan konsep yang sama. Kamu hanya perlu membayar 25.000,- untuk sewa pakaian adat khas Jawa dan 5000,- per file foto dengan minimal pengambilan 20 file foto. 

 

Teras Malioboro (Credit: TripJogja)

Berburu Kuliner & Pernak Pernik di Teras Malioboro

Dulu, kamu bisa berburu kuliner dan pernak-pernik lucu khas Jogja di sepanjang Jalan Malioboro. Namun, saat ini telah berubah menjadi lebih bersih, rapi dan tertata. Pedagang – pedagang di sekitar Jalan Maliboro telah direlokasi ke Teras Malioboro 1 dan 2.

Relokasi ini juga semakin memudahkan wisatawan karena kamu bisa menemukan berbagai jenis kuliner dan oleh-oleh menarik di satu tempat yang terletak strategis. Bagi kamu yang muslim, terdapat masjid modern bertingkat dua, Masjid ini memiliki konsep bawah tanah untuk memisahkan lelaki dan wanita sehingga kamu dapat beribadah dengan nyaman.

 

keraton yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Mengunjungi Wisata Sekitar Malioboro

Terdapat banyak wisata hemat di sekitar kawasan Malioboro yang bisa kamu kunjungi. Beberapa yang populer di antaranya, seperti Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Taman Sari, Taman Pintar, dan Taman Budaya yang biasanya menjadi tempat banyak pertunjukkan kesenian.

One day tour Jogja di Malioboro jadi lebih menyenangkan jika kamu tahu apa saja aktivitas menarik yang bisa kamu dan keluarga lakukan untuk menghabiskan waktu liburanmu dengan optimal. Wisata Malioboro pun cenderung lebih murah daripada banyak kota wisata lainnya di Indonesia. Kamu bisa liburan lebih hemat!

 

Baca Juga:
Bosan Menginap di Hotel? Pilih Penginapan Unik di Jogja Bernuansa Alam Ini
Wisata Malam Jogja, City Tour Malam Hari di Destinasi Wisata Ini

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda