Penginapan Unik di Jogja – Bosan liburan di hotel? Atau bingung karena ribet cari hotel yang cocok dan strategis untuk menikmati masa liburanmu di Jogja? Kamu bisa menggunakan cara baru untuk liburan seru di Jogja yang anti-mainstream, loh.

Yogyakarta merupakan kota wisata yang unik, hemat, dan memiliki banyak objek wisata yang menarik wisatawan untuk mengunjunginya. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Malioboro dan sekitarnya.

Terkhusus bagi kamu yang ingin liburan akhir pekan bersama keluarga dengan waktu yang terbatas, kamu pasti tidak mau diribetkan dengan persiapan liburan yang menyita waktu atau malah kelelahan setelah pulang dari liburan tapi tetap ingin pengalaman liburan terbaik. 

 

Jogja Camper Van (Credit: Phinemo)

Jogja Camper Van

Mau jalan – jalan tanpa pusing memikirkan hotel yang strategis? Penyewaan camper van di Jogja ini terbilang yang paling populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa menyewa van dengan supir atau lepas kunci, sehingga lebih leluasa menyesuaikan kebutuhan liburanmu. Untuk biaya sewa mulai 900.000,- per malam untuk satu van. 

Harga tersebut sudah termasuk bahan bakar, BBM, supir, sarapan dan makan malam, serta retribusi lokasi wisata atau camping. Fasilitas basic yang akan kamu dapatkan adalah tenda, matras atau kasur angin, kursi lipat, piring, gelas, sendok, kompor portable, dan teflon.

Lokasi yang bisa menjadi pilihanmu, diantaranya, Bukit Watu Mabur, Waduh Sermo, Pantai Glagah, dan Pantai Watu Kodok. Selain itu, ada paket untuk honeymoon, grup, hingga corporate atau perusahaan. 

Kamu juga bisa menikmati fasilitas lain dengan biaya tambah seperti BBQ sederhana, penjemputan, bioskop outdoor, api unggun, memancing di danau, kano, jeep di hutan pinus, helper, extra tenda, hingga paket kegiatan outbond

Menariknya, jika berencana melakukan pemesanan paket corporate, sudah termasuk dengan dokumentasi, beef, dan kegiatan memancing. Tertarik untuk mengadakan liburan perusahaan di Jogja dengan camper van?

 

Nuvantara Camper Van

Nuvantara

Mau jalan – jalan ala traveler dengan mobil VW combi yang instagramable? Pakai van dari Nuvantara aja. Penyewaan van jenis VW combi ini memiliki koleksi van yang lucu dan instagramable dengan warna-warna yang memikat mata.

Kamu bisa menyewa berbagai ukuran van  mulai 400.000,- per orang dengan fasilitas tenda, peralatan makan, peralatan masak, kanopi, meja, dan kursi lipat. 

Ada beberapa paket yang ditawarkan. Kamu bisa jalan-jalan sambil camping atau piknik di tepi danau, yaitu Waduk Sermo. Kamu juga bisa mengunjungi situs-situr bersejarah seperti Candi Prambanan dan beberapa seniman Jogja. Aktivitas lain yang tidak kalah seri, kamu bisa menonton bioskop outdoor, api unggun, BBQ, sunrise atau sunset,  dan menikmati malam beratapkan langit terbuka. 

 

Nira Camper Village (Credit: Orami)

Nira Camper Village

Glamping bubble tent pertama di Yogyakarta ini memiliki konsep menginap di alam terbuka atau semi outdoor. Sebelumnya, Nira Camper Village juga sudah memiliki penginapan dengan konsep camper van. Tendanya berbentuk bubble transparant, sehingga kamu bisa menikmati sensasi unik menginap di alam terbuka dengan view persawahan dan alam bebas. 

Fasilitas yang kamu dapat selayaknya kamu menginap di hotel. Sudah termasuk sarapan, AC portable, kamar mandi terpisah, living room dengan konsep lesehan, pantry, televisi, bean bag, dan private plunge pool. Selain itu, kamu juga bisa menambah fasilitas BBQ. Untuk menginap di Nira Camper Village, kamu harus merogoh kocek mulai  800.000,- per malam dengan kapasitas maksimal 4 orang. 

Penginapan unik di Jogja yang satu ini berlokasi di Cangkringan, dekat dengan wisata populer Lava Tour Merapi dan beberapa objek wisata menarik di sekitar area kaki Gunung Merapi. 

 

Pallatina Glamping (Credit: TravelKompas)

Pallatina Glamping

Menginap seru di alam sambil menikmati panorama Gunung Merapi? Pallatina Camp ini cocok untuk keluarga modern yang senang berkegiatan di alam namun memiliki mobilitas tinggi dan waktu yang terbatas. Kamu bisa menikmati suasana alam dengan konsep glamour camping dan fasilitas layaknya hotel tanpa perlu ribet mempersiapkan liburanmu.

Ada tiga tipe tenda yang bisa kamu pilih, yaitu standart, VIP, dan luxury. Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap seperti pendingin ruangan, colokan, televisi, teko, satu set kopi dan teh, lemari, kamar mandi bersama untuk tipe kamar non-VIP, layanan sarapan, BBQ, dan makan malam.

Selain menginap, kamu juga bisa menikmati aktivitas wisata dengan biaya tambahan seperti berkuda dan Lava Tour Merapi dengan harga mulai 350.000,- per jeep berkapasitas maksimal 4 orang. Bakal betah deh kamu menginap di tempat ini. Selain memiliki konsep unik di tengah suasana alam, menawarkan fasilitas lengkap, tempatnya juga sangat estetik dan instagramable.

 

Glamping Seribu Batu Songgo Langit (Credit: WisataHits)

Glamping Seribu Batu Songgo Langit

Ingin merasakan pengalaman menginap di hutan pinus yang anti-mainstream? Tenang, kamu tidak perlu repot mempersiapkan tenda atau peralatan camping lainnya sendiri kok. Di kawasan objek wisata hutan pinus Batu Songgo Langit, kamu bisa menikmati sensasi menginap di tengah hutan pinus yang menenangkan.

Menyediakan pilihan paket mulai dari harga 800.000,- sampai 1.250.000,- per tenda atau per malam dengan fasilitas yang berbeda-beda. Kamu tidak perlu membayangkan suasana hutan malam yang seram karena suasana di lokasi berbeda dari yang kamu bayangkan. Alih-alih seram, malah lampu-lampu temaram membuat suasana menjadi sangat romantis.

 

Melchos Glamp Camp (Credit: Google Maps/HeyGD)

Melchos Glamp Camp

Masih di kawasan Kaliurang dekat Gunung Merapi. Kamu bisa menemukan banyak aktivitas dan objek wisata menarik di area ini. Pengalaman menginap yang berbeda akan menjadi nilai tambah untuk membuat liburanmu semakin menyenangkan. 

Ingin liburan santai yang tidak melelahkan? Kamu juga bisa kok sekedar staycation di akhir pekan sembari BBQ dan menikmati malam di bawah langit terbuka bersama keluarga dan orang tersayang.

Bagi kamu pecinta konsep bohemian yang estetik, Melchos Glamp Camp bisa menjadi pilihan terbaikmu. Kamu bisa menikmati sensasi camping mewah ini dengan harga 850.000,- untuk 4 orang dengan tipe Deluxe Family Package. Tipe lain yang bisa kamu pilih, ada juga tipe superior dan standart denga fasilitas lengkap layaknya hotel.

 

Arkamaya Sembung (Credit: HarianJogja)

Arkamaya Sembung

Penginapan unik di Jogja dengan konsep glamp camp yang tergolong baru ini berlokasi di Jalan Lembah Wisata, Kaliberot, Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul. Terletak di atas Bukit Sembung dengan panorama hamparan hijau perbukitan yang indah.

Lokasi ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai ketenangan atau membutuhkan tempat terbaik untuk short escape atau pun self-healing. Kamu bisa menikmati berbagai wisata alam bebas, ekowisata, dan mini zoo. 

Untuk menginap di tempat ini, kamu harus membayar mulai 500.000,- hingga 750.000,- per malam dengan fasilitas kamar mandi pribadi, AC, TV, handuk, amenities, air mineral, kopi dan teh, room service, wi-fi, dan akses gratis ke infinity pool.

 

Giri Wanara Camping Resort (Credit: Tiket[dot]com)

Giri Wanara Camping Resort

Beralih ke Jogja bagian selatan, yaitu Gunung Kidul. Tidak dapat dipungkiri popularitas Gunung Kidul sebagai salah satu tujuan wisata utama di Jogja di kalangan wisatawan memang semakin meningkat, terutama karena daya tarik pantainya. 

Saat ini, banyak fasilitas pendukung yang semakin menambah daya tarik kawasan selatan Jogja ini. Kamu bisa menemukan banyak resort atau villa dengan konsep unik dan berbagai resto semi cafe yang menjadi one stop destination karena dikemas dengan konsep unik dan instagramable

Kamu bisa merasakan sensasi menginap dengan panorama perbukitan hijau yang indah dan udara yang sejuk mulai 900.000,- hingga 1.200.000,- per malam sudah termasuk sarapan. Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap layaknya hotel.

 

Guru Giri Mountain Cabin

Penginapan unik di Jogja yang terakhir ini memiliki konsep cabin dengan nuansa alam. Ingin merasakan pengalaman menginap di cabin bernuansa alam di tengah pepohonan rindang? Konsep estetik yang menyatu dengan alam membuat suasana cozy di cabin mewah ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Selain penginapan, terdapat resto semi cafe indoor dan outdoor dengan konsep minimalis yang super cozy dan estetik. Sungguh menggugah jiwa para pemburu foto estetik. Untuk harga makanan dan minumannya pun cukup terjangkau, yaitu mulai 12.000,- hingga 36.000,- saja. 

Untuk menginap di cabin, kamu perlu merogoh kocek sebesar 899.000,- per malam atau per kamar. Kamu juga memesan BBQ, loh.

Baca Juga:
10 Hotel Estetik di Jogja, Dijamin Desain Unik dan Artistik
Lava Tour Merapi, Wisata Jeep Jogja Paling Populer

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda