Tour Jogja – Berlibur ke pantai merupakan kegiatan seru yang dilakukan bersama teman, keluarga, pasangan, bahkan sendiri, bukan?

Untuk kamu pencinta liburan di pantai, pasti kamu mengetahui bahwa ada banyak pantai di Gunung Kidul yang cocok untuk dikunjungi bersama orang-orang tersayang.

Mulai dari Pantai Wedi Ombo, Pantai Indrayanti, sampai Pantai Drini, pasti kamu tidak asing dengan pantai-pantai tersebut.

Kamu ingin ke pantai di Gunung Kidul, tetapi bosan dengan pantai yang itu-itu aja?

Tenang! Berikut kami rekomendasikan pantai-pantai Gunung Kidul yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

 

Pantai Watunene

Credit: YogYes

Berlokasi di Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, pantai ini masih sepi pengunjung dan memiliki pemandangan yang cantik.

Kamu tahu Pantai Dreamland di Bali? Pantai Watunene ini sering disebut sebagai Dreamland-nya Jogja, lho.

Untuk menuju lokasi pantai, karena jalanannya masih berbatu, kendaraan yang akan kamu gunakan sebaiknya berada dalam kondisi yang baik ya. Utamakan keselamatan!

 

Pantai Midodaren

Credit: YogYes

Pantai yang bibirnya berada di bawah tebing karang ini dikenal sebagai pantai dengan pemandangan sunsetnya yang bagus. Kamu bahkan bisa melihat bukit-bukit yang berada di sekitarnya, mengelilingi pantai tersebut.

Dari atas tebing, kamu bisa mendirikan tenda dan bercamping sekaligus menikmati pemandangan pantai yang cantik.

Lokasi pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu bisa berkunjung ke sini jika ingin menikmati keindahan pantai yang jarang diketahui oleh banyak orang.

 

Pantai Watu Lumbung

Credit: IDN Times Jogja

Dekat dengan Pantai Wediombo, pantai yang satu ini masih jarang diketahui banyak orang.

Pantai Watu Lumbung berlokasi di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.

Pantai ini dipenuhi dengan bebatuan karang yang sangat banyak, serta memiliki ombak yang cukup besar. Namun karena banyaknya batuan karang yang ada, ombak-ombak tersebut dipecah.

Saat pasang tiba, batuan karang di pantai ini tertutup oleh air laut.

 

Baca Juga: 7 Penginapan di Jogja Dekat Pantai, Pilihan Liburan Romantis

 

 

Pantai Seruni

Credit: Visiting Jogja

Berlokasi di samping Pantai Watunene, pantai Seruni ini bisa dinikmati pemandangannya dengan berjalan kaki melewati bawah tebing yang berada di sekitar pantai tersebut jika air laut surut.

Karena bersebelahan dengan Pantai Watunene, maka lokasinya sama dengan pantai tersebut yaitu di Desa Tepus, Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

 

Pantai Ngrawah

Credit: IDN Times Jogja

Untuk mengunjungi pantai ini, bisa menempuh jalan yang sama dengan ketika kamu mengunjungi Pantai Midodaren karena lokasinya yang berdampingan.

Pantai ini cocok untuk healing, menenangkan jiwa serta pikiran. Namun juga cocok untuk dikunjungi bersama teman, keluarga, maupun pasangan.

 

Pantai Srakung

Credit: Bakpia Kukus Tugu Jogja

Pantai ini menawarkan pemandangan yang asri dan bersih. Pantai Srakung ini juga cocok untuk healing, menenangkan jiwa serta pikiran, serta mencari ketenangan, sama seperti Pantai Ngrawah.

Pantai ini berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul.

 

Pantai Wohkudu

Credit: Pantainesia

Berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Pantai Wohkudu merupakan salah satu pantai yang masih sepi dikunjungi wisatawan.

Dari pusat kota Wonosari, kamu dapat mengunjungi pantai ini dengan lama perjalanan sekitar satu jam.

Namun, ketika sampai di tempat parkir, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 500 sampai dengan 700 meter untuk benar-benar sampai di pantainya.

Meskipun perjalanan menuju Pantai Wohkudu membutuhkan effort yang banyak, namun semua itu akan terbayar ketika kamu sudah menikmati pemandangan pantainya.

Di pantai ini, kamu akan disuguhkan pemandangan cantik karena pantai ini diapit oleh dua bukit. 

Meskipun masih sepi wisatawan, pantai ini menyediakan fasilitas lengkap seperti toilet, warung makan yang buka 24 jam, serta tempat ibadah.

Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp3.000,00 untuk parkir pengendara motor, dan Rp5.000,00 untuk parkir pengendara mobil.

 

Nah, itu dia 7 rekomendasi pantai di Gunung Kidul yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Tertarik untuk berkunjung?

 

Baca Juga: Syahdu Banget! 6 Tempat Camp di Jogja, Camping Tepi Pantai Gunung Kidul