Tempat Camp di Jogja – Ingin menikmati suasana camping di pinggir pantai atau view laut lepas yang menenangkan di Yogyakarta?

Gunung Kidul bisa menjadi destinasi terbaik untuk kamu menghabiskan malam dengan berkemah di tepi pantai yang indah. Tidak asing lagi di kalangan wisatawan bahwa area Gunung Kidul merupakan area dengan pantai – paling terindah di Kota Jogja.

Berbeda dengan karakteristik pantai lain seperti di kawasan Parangtritis. Pantai – pantai yang ada di Gunung Kidul memiliki karakteristik landscape yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri dengan tebing-tebing tinggi atau bebatuan karang raksasa yang menjadi pembeda.

Banyak sekali pantai tersembunyi yang tersebar di kawasan ini, bahkan sebagian besar jarang dikunjungi wisatawan. Cocok bagi kamu yang menyukai tempat yang tenang dan tidak ramai wisatawan. Apalagi sembari mendirikan tenda lalu menikmati suasana malam di bawah langit sembari mendengar deburan ombak dan angin malam.

 

Credit: Instagram Dangkurstory

Pantai Wohkudu

Rekomendasi pantai yang kedua ini cukup blusukan karena kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki melewati hutan kecil dengan medan bebatuan kapur khas Gunung Kidul yang cukup jauh. Kendaraanmu pun hanya bisa dititipkan di tempat parkir sebelum memasuki area menuju pantai.

Meskipun butuh effort untuk sampai ke pantai ini, nyatanya keindahan pantai ini tidak dapat diabaikan begitu saja oleh pemburu spot camping terbaik di Jogja. Kamu bisa mendirikan tenda di bagian yang berumput di tepi pantai.

Pantai ini tidak terlalu besar karena terhimpit oleh perbukitan dan bebatuan karang raksasa yang dapat menahan ombak sehingga tidak terlalu besar menembus bibir pantai. Kamu bisa menikmati suasana tenang pantai dan perbukitan sekaligus dengan suasana private bak di pulau pribadi.

Untuk mendirikan tenda di tempat ini, kamu hanya perlu membayar biaya restribusi masuk sebesar 5 ribu per orang dan 15 ribu per tenda.

 

Credit: Tempat Wisata

Pantai Ngrumput

Spot camping di Jogja dekat pantai terbai berikutnya adalah Pantai Ngumput. Pantai ini cukup terkenal sebagai salah satu spot camping tepi pantai di Gunung Kidul. Lokasinya pun tidak jauh dengan Pantai Watubolong, Pantai Sarangan, dan Pantai Drini.

Tempat ini sebenarnya masih tergolong baru jadi kamu tidak perlu khawatir akan padat wisatawan. Selain itu, lokasi juga dekat dengan Bukit Kosakora. Hanya saja, fasilitas seperti area parkir, toilet, mushola, hingga warung-warung warga setempat baru akan kamu temukan sekitar 650 meter jauhnya dari tepi pantai. Maka dari itu, sebaiknya persiapakan perlengkapan untuk mengantisipasi hal-hal darurat selama berkemah di area ini.

 

Credit: Wisatakaka

Pantai Sedahan

Bagi pecinta camping, kawasan pantai ini sudah cukup populer sebagai salah satu spot terbaik di Gunung Kidul. Lokasinya cukup tersembunyi sehingga belum terlalu populer di kalangan para wisatawan umum. Namun, pemandangan pantai tidak perlu kamu ragukan lagi keindahannya.

Pantai ini bersih karena belum ramai pengunjung dan memiliki suasana private yang menenangkan. Bahkan, lokasi ini juga dijuluki sebagai pantai perawan. Pasalnya, masih belum sering terjamah wisatawan. Untuk sampai ke pantai ini, kamu perlu melalui akses jalan dengan medan yang belum terlalu baik sehingga membutuhkan effort lebih.

Bagi kamu yang mencari ketenangan dan ingin jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan, pantai ini cocok menjadi tujuanmu berkemah. Namun perlu menjadi perhatian bahwa arus balik gelombang pantai cukup kuat dan pasang laut cukup tinggi. Maka, sebaiknya tetap menjaga jarak aman mendirikan tenda dan bermain air.

 

Credit @joeadimara_

Pantai Greweng

Pantai ini dekat juga dengan Pantai Jungwok dan Pantai Sedahan. Sama seperti kedua pantai tersebut, pantai ini terbilang cukup blusuk sehingga hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi yang juga akan dititipkan tidak didekat area mendirikan tenda.

Untuk mencapai pantai ini, kamu harus melewati jalan tanah setapak sekitar 1 kilometer. Medan menuju lokasi pun tergolong sulit sehingga sangat tidak disarankan untuk orang tua atau anak dibawah umur.

Meskipun butuh usaha lebih untuk sampai ke pantai ini, kamu tidak akan dibuat kecewa dengan pemandangan dan suasana pantai sesampainya di lokasi. Pantai ini pun masih bersih karena sepi pengunjung, memiliki area lapang yang cukup luas, dan suasananya menenangkan seperti pantai di pulau pribadi.

 

Credit: Wisata Oke

Pantai Jungwok

Objek wisata ini merupakan salah satu pantai paling timur di Gunung Kidul. Jika kamu lihat dari maps, letaknya berada tak jauh dari Pantai Watu Lawang dan Pantai Greweng. Akses menuju lokasi pun terbilang masih belum memadai karena hanya bisa kamu akses menggunakan kendaraan roda dua saja.

Area pantai ini cukup luas sehingga sangat lega untuk mendirikan tenda. Kamu bisa menyaksikan pemandangan laut lepas dengan suasanan khas perbukitan yang tenang dan sejuk. Tidak jauh dari area pantai pun tersedia fasilitas seperti kamar mandi, basecamp nelayan, hingga warung-warung kecil warga lokal.

 

Credit: Yaya Punya Cerita

Pantai Butuh

Satu lagi spot camping tepi pantai yang bagus di Gunung Kidul namun masih sepi. Pantai Butuh ini memiliki perbedaan yang menonjol dari banyak pantai lainnya yaitu masih cukup sepi dan belum memiliki fasilitas dasar seperti kebanyakan pantai di area lain.

Bagi kamu yang menyukai kawasan pantai perawan yang masih sangat terjamah wisatawan, maka Pantai Butuh bisa menjadi pilihan yang menarik. Kamu bisa mendirikan tenda yang menikmati suasana beramai-ramai dengan teman tongkronganmu sembari mengadakan games seru pada malam hari.

Sensasinya seperti kamu sedang terdampar di pulau tak berpenghuni. Ada yang penasaran sensasi bermalam di tepi pantai ala film-film survival?

 

Baca Juga:
7 Resto & Cafe Jogja Instagramable di Gunung Kidul
Nggak Harus Gunung, Tempat Camping di Jogja Ini Punya Vibes Beda