Sulawesi Selatan sudah lama dikenal memiliki keindahan alam yang eksotis. Tak hanya kota Makassar yang terkenal, Sulawesi Selatan punya destinasi bahari keren yang tak ada duanya di Indonesia, yaitu Pantai Tanjung Bira. Lalu, ada apa sih di pantai Tanjung Bira ini sehingga wajib masuk daftar kunjungmu ?

 

Deskripsi Pantai Tanjung Bira

Pantai ini terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dari kota Makassar, Bulukumba berjarak sekitar 200 kilometer. Bisa dikatakan, Tanjung Bira ini berada di ujung selatan Sulawesi Selatan.

Tanjung Bira bisa dikatakan adalah salah satu senjata andalan oleh Sulawesi Selatan untuk menarik wisatawan lokal maupun asing agar datang berkunjung ke sana. Tanjung Bira menawarkan banyak hal menarik seperti pantai berpasir putih, alam bawah laut dan juga pemandangan senja hari yang tiada banding.

Kalau kamu menginginkan pemandangan langit yang tidak terhalang apapun dan terhampar luas, kamu wajib memasukkan Tanjung Bira sebagai destinasi wisata yang harus kamu datangi.

 

Keunikan Pantai Tanjung Bira

keunikan pantai Tanjung bira

Kalau kamu adalah pemburu pemandangan yang eksotis, Pantai di Tanjung bira menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang bisa langsung kamu lihat dan tenggelam menuju ke lautan bebas. Karena laut di tanjung bira merupakan laut lepas. Keindahan yang tidak akan kamu temukan di daerah lain di Indonesia.

Ciri khas lain dari Tanjung Bira adalah pasir pantainya yang sangat halus, bahkan sangat kecil sehingga terasa seperti tepung. Hanya sedikit pantai di Indonesia dengan keunikan ini dan Tanjung Bira adalah salah satu dari yang sedikit itu.

 

Pulau Liukang, Tanjung Bira

pantai liukang, pantai Tanjung Bira

Tanjung Bira juga tak seramai pantai-pantai yang ada di Bali maupun Lombok sehingga kamu akan lebih bisa mendapatkan perasaan tenang ketika berada di sini.

Selain pantai ini, kamu bisa mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitarnya seperti Pulau Kambing, dan Pulau Liukang. Di pulau-pulau ini,  kamu bisa melakukan snorkeling dan menyelam, karena keindahan bawah lautnya yang luar biasa.

 

Pulau Kambing, Tanjung Bira

Tanjung Bira

Akses dan Transportasi

Untuk bisa sampai di pantai ini, kamu bisa menempuhnya dari kota Bulukumba yang berjarak sekitar 40 kilometer atau 200 kilometer dari Makassar. Jika kamu tiba dari Bandara Sultan Hasanuddin, maka tentu saja kamu bakal memulai perjalanan dari Makassar.

Setelah itu kamu bisa menggunakan transportasi umum berupa travel dari Makassar ke Bulukumba dengan biaya sekitar Rp 40.000 per orang. Karena letaknya yang lumayan jauh maka harganya pun setara dengan yang kamu dapatkan. Ketika kamu sudah sampai di Bulu Kumba,kamu bisa melanjutkan perjalanan menggunakan mikrolet atau biasa disebut pete-pete dan menuju ke tanjung Bira. Biaya yang dikenakan hanya 15.000 rupiah per orang saja.

 

Biaya dan Aneka Fasilitas di Tanjung Bira

 

Untuk bisa menikmati keindahan Tanjung Bira, kamu cukup merogoh kocek sebesar 10.000 rupiah untuk wisatawan lokal, dan 20.000 rupiah untuk wisatawan mancanegara. Cukup murah bukan ?

Di Tanjung Bira, kamu akan menemui fasilitas penunjang wisata antara lain, hotel, homestay, penginapan dan juga persewaan peralatan menyelam dan snorkeling. Sangat lengkap.

Betapa kayanya negeri kita, memiliki banyak destinasi wisata yang sangat keren. Tugas kita adalah menjaganya. Bagaimana dengan kamu, sudah siap mengeksplore destinasi indah lain di Indonesia ? Untuk liburanmu yang seru, jangan lupa hanya bersama Labiru.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda