Pantai terindah di Lombok – Destinasi Lombok terkenal dengan keindahan perairan pantai dan keindahan alam bawah lautnya yang tidak akan temukan di tempat lain. Berbagai jenis terumbu karang, ikan-ikan cantik, dan berbagai jenis biota laut lainnya dapat kamu temukan di perairan Lombok.

Pulau ini juga sangat terkenal sebagai salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Indonesia, bahkan hampir semua pantai atau pulau bisa menjadi spot snorkeling yang menarik. Saking banyaknya pantai di tempat ini, wisatawan sering dibuat bingung untuk mencari spot terbaik untuk mengisi liburan di Lombok.

Nah, untuk itu, berikut rekomendasi terbaik yang bisa kamu masukkan ke dalam bucket list kamu saat berkunjung ke Lombok.

 

Credit: Atourin

Pantai Kuta Lombok

Mendengar nama Pantai Kuta pasti akan mengingatkanmu dengan salah satu pantai terpopuler di Bali, kan? Bukan, kita sedang tidak membahas Bali. Di Lombok pun ada sebuah pantai yang juga cukup populer sebagai salah satu pantai terindah di Lombok bernama Pantai Mandalika Kuta Lombok.

Meskipun ombaknya cukup besar, pantai ini masih tergolong aman untuk berenang. Pantai ini terkenal sebagai salah satu spot selancar terbaik di Lombok karena memiliki karakteristik ombak yang cukup besar. Selain itu, kamu juga bisa bermain bananaboat, windsurfer, dan jetski.

Akses menuju tempat ini pun mudah. Selain itu, sarana dan prasarana di tempat ini sudah dikelola dengan baik seperti penyewaan papan selancar, rumah makan, penginapan, hingga toko souvenir khas Lombok yang menarik.

 

Credit: Rental Mobil Lombok

Pantai Selong Belanak

Pantai ini memiliki bibir pantai yang sangat indah dengan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai membuatnya tampak menakjubkan. Jika kamu ingin berselancar, pergilah ke sisi barat pantai ini karena memiliki ombak yang cenderung besar.

Sedangkan, jika kamu hanya ingin berenang atau bermain air, maka pergilah ke sisi lainnya karena ombaknya cenderung tenang. Akses menuju lokasi tidaklah terlalu sulit, meskipun medan yang harus kamu lewati cukup terjal dan banyak jalan berliku. Usahamu pasti akan terbayar dengan keindahan pantai dengan air yang berwarna biru cerah berpadu perbukitan hijau yang mengapit pantai ini.

 

Credit: TripAdvisor

Gili Trawangan

Siapa yang tidak mengenal Gili Trawangan? Salah satu tujuan wisata terbaik yang ada di Lombok. Tempat ini sangat terkenal tidak hanya keindahan pantainya saja, namun juga keindahan alam bawah lautnya. Terdapat 2 gili lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air yang bisa kamu kunjungi juga ketika menjelajahi kawasan ini.

Untuk mencapai lokasi, kamu harus menyeberang menggunakan kapal kayu selama 40 menit atau fast boat selama 7 menit saja dari Pelabuhan Bangsal di Lombok. Garis pantainya membentang luas dengan warna pantai kebiruan yang indah. Kamu bisa menyelam, berenang, bermain air, spot ayunan, hingga naik kuda. Tempat ini pun aman untuk anak-anak atau sebagai wisata keluarga.

 

Credit: Penjelajah

Pantai Pink

Pantai Pink yang memiliki nama asli Pantai Tangsi ini merupakan salah satu pantai terpopuler juga di Lombok. Destinasi lain di Indonesia yang juga memiliki jenis pantai ini adalah Labuan Bajo. Tentu pasir berwarna merah muda yang tidak umum kamu temukan di pantai lain menjadi daya tarik utamanya.

Deburan ombak di pantai ini pun cenderung tenang sehingga sangat aman untuk berenang atau sekedar bermain air. Kamu bisa melihat pantai kebiruan dengan bibir pantai berwarna merah mudah berpadu dengan keindahan perbukitan hijau di sekitar pantai. Tidak hanya pemandangan di lokasi saja yang menarik. Saat kamu menempuh perjalanan menuju lokasi, kamu juga akan melintasi savana yang indah.

 

Credit: NativeIndonesia

Pantai Tanjung Aan

Masih dengan salah satu pantai terpopuler di kalangan wisatawan yang berlibur ke Lombok. Pantai Tanjung Aan ini menjadi salah satu tujuan utama karena keindahan pantainya yang menakjubkan dengan ombak tenang dan akses jalan yang mudah. Pantai ini memiliki gradasi warna biru tua hingga hijau tosca yang unik.

Biasanya, wisatawan yang datang senang melakukan aktivitas snorkeling, diving, atau sekedar berburu tempat yang instagramable. Tak jauh dari sini, terdapat sebuah bukit yang dikenal dengan anam Bukit Merese di mana kamu bisa melihat keindahan pantai dari ketinggian.

 

Credit: TravelKompas

Gili Kedis

Pantai kedis merupakan hidden gem di Lombok. Areanya tidak terlalu luas karena hanya seluas 300 meter saja. Pulau mungil berpasir putih yang dikeliling lautan biru yang bening ini seakan membuatnya serasa sedang berlibur di pulau pribadi. Cocok buat kamu yang sedang mencari ketenangan atau tidak terlalu suka tempat wisata populer yang sudah mainstream di kalangan wisatawan.

Tempat ini sangat cocok untuk snorkeling ataupun diving. Namun, jangan berharap fasilitas dukungan bisa kamu temukan di sini ya, seperti toilet dan lain sebagainya. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pagi hari saat terik matahari belum menyengat kulit.

 

Credit: Lombok Tour Plus

Pantai Seger

Pantai ini berjarak tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta Lombok. Kamu bisa menuju lokasi dengan berbagai pilihan transportasi, mulai dari kendaraan pribadi hingga bus travel pun bisa sampai ke lokasi ini. Pantai ini populer sebagai spot berselancar dan snorkeling yang menyenangkan.

Pemandangan pantainya pun indah dengan gugusan perbukitan hijau yang mengelilingi pantai. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di spot jembatan bambu yang ikonik di tempat ini. Kamu bisa mengajak keluarga dan anak-anak untuk berlibur di pantai ini sembari melihat indahnya terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang bisa kamu lihat langsung di pantai ini.

 

Credit: Tiket[dot]com

Pantai Gili Nanggu

Pantai Gili Nanggu terkenal sebagai tempat penangkarann penyu. Perairan pantainya memiliki arus yang tenang seperti Gili Sudak dan Gili Kedis yang tak jauh dari lokasi. Kamu hanya perlu menyeberang menggunakan kapal kecil dari Dermaga Desa Tawun.

Biasanya, wisatawan akan mengambil rute penyeberangan ke 3 gili sekaligus yaitu Gili Naggung, Gili Kedis, dan Gili Sudak. Kalau kamu beruntung, kamu bisa loh mengikut festival pelepasan penyu ke laut. Jika kamu ingin merakan pengalaman yang lebih memuaskan, kamu juga bisa menginap di penginapan yang berbentuk mirip seperti rumah adat Lombok di tempat ini.

 

Credit: GMaps Prima Wahyudi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah pantai paling ikonik yang ada di Lombok. Ombaknya yang cenderung tenang membuat tempat ini sering menjadi tujuan wisata untuk sekedar berenang atau bermain air, namun tetap ada batas wilayah aman untuk berenang.

Selain itu, akses menuju lokasi pun cukup mudah untuk kamu tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tak hanya itu, tersedia juga perlengkapan selancar, speedboat, snorkeling dan diving yang bisa kamu sewa di tempat ini. Tak jauhdari pantai, kamu akan menemukan banyak penginapan bahkan ada juga resort yang cocok untuk keluarga.

 

Credit: Rental Mobil Lombok

Pantai Mawun

Jika dibandingkan dengan banyak pantai, Pantai Mawun termasuk surga tersembunyi yang ada di Lombok. Tidak begitu jauh dari kota Mataram, namun nama pantai ini tidak seterkenal pantai lainnya seperti Pantai Kuta dan Pantai Senggigi. Cocok untuk kamu yang menyukai tempat wisata yang cenderung tenang dan tidak terlalu ramai wisatawan sehingga kamu bisa puas menikmati suasana dan keindahannya.

Jika ingin berenang atau bermain air, sebaiknya pilihan area barat dari pantai ini karena memiliki ombak yang lebih tenang. Pasalnya, belum ada penjaga pantai yang bisa memantau keamanan wisatawan yang datang ke sini. Jadi, pastikan kamu tetap berhati-hati dan berenang tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Baca Juga:
Pantai Paling Indah di Banyuwangi
Tempat Makan di Lombok

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Lombok