Pulau Terindah di Indonesia – Nusantara ini memang merupakan negara dengan keindahan alam yang sudah tidak perlu diragukan lagi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Dari Pulau Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan hingga sampai ke bagian kawasan Papua juga tidak kalah menakjubkan.

Tidak heran mengingat Indonesia merupakan negara maritim yang berarti memiliki wilayah perairan yang luas. Banyak pilihan pulau-pulau yang menarik untuk kamu kunjungi bersama orang tercinta atapun solo traveling.

Apalagi harga berwisata di Indonesia cenderung lebih murah daripada tempat wisata di negara lain. Dengan biaya yang lebih terjangkau daripada liburan ke luar negeri, kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas yang sama dengan keindahan yang tak kalah spektakulernya.

 

Credit: Travel Kompas

Pulau Pahawang

Pulau terindah di Indonesia yang pertama berlokasi di Bandar Lampung. Pulau ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Pahawang Besar yang merupakan spot snorkeling terbaik dan Pulau Pahawang Kecil yang lebih sepi yang memiliki keindahan alam.

Keindahan pulau ini tidak hanya alam daratan dan pantainya saja, kamu juga akan menemukan keindahan dunia bawah lautnya yang menakjubkan. Kamu bisa melakukan aktivitas selam untuk menikmati keindahan karang dan biota lautnya atau sekedar menikmati suasana pantai dengan hamparan pasir putih yang eksotis.

 

Credit: HerStory

Pulau Derawan

Rekomendasi tempat wisata berikutnya adalah Pulau Derawan yang terletak di Kalimantan Timur. Sudah tidak asing di kalangan wisatawan lokal hingga mancanegara bahwa keindahan pulau ini sangat menakjubkan. Pulau ini terbentuk dari gugusan empat pulau dengan keindahan terumbu karang, hutan bakau, padang lamun, hingga pantai pasir putih Derawan.

Selain pemandangannya yang fantastis, banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan seperti snorkeling, sightseeing, hingga melihat proses bertelur penyu. Terdapat banyak penginapan di area tepi pantai dengan harga yang terjangkau.

 

Credit: Hipwee

Kepulauan Karimunjawa

Siapa yang tidak pernah mendengar Kepulauan Karimunjawa? Sebuah pulau dengan luas daratan sekitar 110.000 hektar ini terkenal sebagai Maldives-nya Indonesia. Bukan tanpa alasan, perairan biru kristal yang jernih siap menghipnotis kamu ketika berkunjung ke pulau ini.

Tidak hanya itu saja, keindahan taman lautnya sudah sangat populer di kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan asing. Selain itu, tempatnya pun masih di kawasan Pulau Jawa yang tidak begitu jauh dari pusat ibukota Jakarta ataupun Bali, sehngga lebih mudah dijangkau wisatawan dari luar pulau.

 

Credit: IDN Times

Pulau Saumlaki

Salah satu pulau terindah di Indonesia adalah Pulau Saumlaki. Kawasan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Pulau ini dikenal oleh wisatawan mancanegara sebagi tempat perlabuahan kapal – kapal besar dari Australia, Timor Leste, hingga Amerika Serikat.

Letaknya berada cukup jauh dari perairan lepas dan memiliki suasana pulau pribadi yang menenangkan karena belum terlalu ramai wisatawan. Terdapat pantai – pantai berpasir putih dengan lautan kebiruan yang jernih seperti Pantai Weluan, Pantai Pertamina, dan Pantai Sembunyi yang merupakan bagian dari hidden gem di kawasan ini.

 

Credit: Kemenko PMK

Pulau Mentawai

Desinasi berikutnya berlokasi di Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai. Pulau ini masih merupakan bagian dari puncak – puncak pegunungan bawah laut dan gugusan pulau non vulkanik dari bawah laut. Pulau ini terkenal sebagai spot populer para peselancar dunia.

Pasalnya, ombak di lautan Mentawai ini bagus dan sangat cocok untuk melakukan aktivitas selancar. Jika berkunjung ke Mentawai, jangan lewatkan kuliner lautnya yang segar sebagai salah satu hasil ekspor terbesar di pulau ini. Salah satu yang harus kamu coba adalah hidangan olahan ikan kerapu segar.

 

Credit: Expedia

Pulau Weh

Rekomendasi berikutnya adalah terletak di bagian paling barat Indonesia, Pulau Weh. Pulau Weh merupakan sebuah pulau vulkanik yang dulunya pernah terhubung dengan Pulau Sumatera. Lalu terjadi letusan gunung merapi pada zaman Pleistosen yang pada akhirnya terpisah oleh lautan.

Pulau ini berlokasi di Laut Andaman yang terkenal dengan Tugu Titik Nol Kilomenter. Bagi kamu yang ingin mengunjungi tempat ini, Pantai Teupin Layeu dan Pantai Teupin Sirkui adalah dua objek wisata yang harus masuk dalam daftar kunjungan wisatamu.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang tidak terlalu suka wisata pantai yang ramai pengunjung karena suasananya lebih sepi.

 

Credit: Nusa Penida

Nusa Penida

Rekomendasi berikutnya terletak di tenggara Pulau Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Keindahan wisata di kawasan ini tak terbatas di satu pulau saja, melainkan terdapat kepulauan lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Kedua pulau ini wajib untuk kamu kunjungi juga jika berniat untuk eksplorasi Nusa Penida.

Saat berkunjung ke salah satu kawasan terbaik di Bali ini. Selain menikmati suasana pantai yang indah, Nusa Penida juga terkenal dengan spot selamnya yang menakjubkan. Sebut saja Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Malibu Point, Toyapakeh, hingga salah satu yang paling terkenal adalah Crystal Bay.

 

Credit: DetikNews

Pulau Komodo

Tidak diragukan lagi, Pulau Komodo yang berada di Labuan Bajo ini menjadi salah satu destinasi paling prioritas di Indonesia. Selain itu, Labuan Bajo juga menjadi destinasi premium yang populer di kalangan wisatawan asing. Salah satu yang paling menarik adalah di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

Di Pulau Komodo, kamu bisa menemukan habitat asli reptil purba yang merupakan spesies kadal terbesar di dunia saat ini. Jangan lewatkan juga berlayar dan menginap di kapal phinisi sembari mengekplorasi pulau-pulau di kawasan ini.

 

Credit: Wikipedia

Kepulauan Wakatobi

Kepulauan Wakatobi ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Wakatobi yang menyimpan banyak sekali daya tarik keindahan pulau yang layak untuk kamu kunjungi. Beberapa rekomendasi pulau yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Tomia, Pulau Sawa, Pulau Kaledupa, dan Pulau Hoga.

Selain itu juga masih banyak lagi pulau cantik di sekitar kawasan ini. Terkenal dengan keindahan wisata baharinya, wisata alam dan wisata sejarah di kepulauan ini juga tidak kalah menariknya. Sebut saja Pemandian Alam Hendaopa, Benteng Tindoi, Desa Liya Logo, dan Bukit Toliamba.

 

Credit: Indonesia Travel

Kepulauan Raja Ampat

Siapa yang tidak mengenal salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia? Desinasi wisata ini terletak di Papua Barat, Kepualauan Raja Ampat.

Kamu akan menemukan gugusan – gugusan pulau yang indah dengan perairan biru kristal yang bahkan terlihat hingga kehidupan bawah lautnya dari permukaan. Menariknya, hampir 75% spesies laut di seluruh dunia akan kamu temukan di sini, meliputi 540 jenis karang, 1511 spesies ikan dan ribuan biota laut.

 

Credit: Tempat Wisata

Labengki

Destinasi wisata ini seringkali disebut sebagai Raja Ampat-nya Sulawesi. Kepulauan Labengki ini terletak di Sulawesi tenggara yang memiliki Pulau Labengki Besar, Labengki Kecil, Alnamira, Tukoh Kulay, dan Mauang.

Destinasi ini memiliki banyak spot terbaik untuk aktivitas selam seperti diving dan snorkeling karena keindahan dunia bawah lautnya. Pantainya pun indah dan sangat eksotik dengan laut biru cerah yang memanjakkan mata.

 

Baca Juga:
Wisata Karimunjawa: Liburan Intim & Romantis Nggak Perlu ke Maldives!
Bosan Main ke Bali? 13 Wisata Bintan ini Nggak Kalah Eksotis Vibesnya Loh

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Solo