Wisata Bintan – Bosan berlibur ke Bali tapi bingung mau kemana lagi? Ingin destinasi yang tenang dan suasananya mirip di Labuan Bajo, Raja Ampat, atau Lombok. Kamu harus mempertimbangkan Pulau Bintan yang terletak di Kepulauan Riau sebagai salah satu destinasi terbaik jika kamu menyukai suasana bebapa destinasi populer lainnya tersebut.

Meski popularitasnya tidak setinggi Bali di kalangan wisatawan mancanegara, tapi pulau ini adalah satu satu pulau terbaik dengan suasana tropis yang eksotis dan intim. Tidak terlalu padat wisatawan seperti kebanyakan pantai di Bali, kamu seperti sedang berlibur di pulau pribadi. Cocok bagi kamu yang menyukai tempat wisata yang masih sepi, memenangkan, dan anti-mainstream keindahannya.

Credit: Tribun

Bukit Pasir Busung

Wisata Bintan yang pertama adalah Bukit Pasir Busung dan Danau Biru yang berlokasi di Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Kedua lokasi ini masih ada dalam satu kawasan. Jika kamu berkunjung ke kawasan ini, kamu dapat mengunjungi kedua tempat ini sekaligus.

Masing-masing danau memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Objek wisata Bukit Pasir Busung merupakan sebuah bukit yang terbentuk dari aktivitas penambangan yang dulu pernah ada namun sudah sekarang sudah tidak aktif lagi. Sedangkan, danau biru merupakan sebuah cekungan dalam yang terbentuk dari bekas pertambangan itu sendiri.

Warna biru kehijauan atau tosca pada perairan ini sangat pekat dan cerah sehingga jika dilihat dari foto nampak seperti editan, padahal asli loh. Tidak ada pagar pembatas apapun yang dibangun untuk membatasi kedua lokasi ini. Bagi kamu yang mencari keindahan anti-mainstream, kedua tempat ini wajib masuk dalam daftar prioritasmu di Pulau Bintan.

 

Credit: Kompas

Crystal Lagoon

Objek wisata Bintan yang kedua adalah Crytal Lagoon yang terletak dalam kawasan Pantai Lagoi, Sebong Lagoi, Teluk Sebong, Kabupaten Bintan. Tempat ini sudah sangat terkenal, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal saja. Namun, popularitasnya di kalangan wisatawan asing pun cukup tinggi.

Pasalnya, danau berukuran 800 meter merupakan laguna air laut buatan pertama di Asia Tenggara. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir akan menemui pemandangan padat wisatawan seperti kebanyakan wisata populer lainnya di Indonesia seperti di Bali. Destinasi ini cenderung masih sangat kondusif untuk kamu kunjungi.

 

Credit: Indonesia Travel

Pantai Pengundang

Pulau Bintan memang memiliki keunggulan daya tarik keindahan pantai-pantainya. Meskipun pantainya ada banyak sekali, tapi memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda-beda. Jika kedua tempat sebelumnya memiliki warna perairan biru cerah yang sangat pekat, maka di pantai ini kamu akan menemukan perairan berwarna biru kristal yang sangat bening bak akuarium alami.

Banyak pepohonan di sekitarnya yang menambah estetik kawasan pantai ini. Tidak banyak orang mengetahui keberadaan pantai ini, defisini hidden gem yang sangat akurat. Tertarik untuk berpetualang ke kawasan pantai ini?

 

Credit: Kompas

Lagoi Bay

Rekomendasi berikutnya berlokasi di Desa Sebung Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Pulau Bintan. Tempat ini juga termasuk salah satu yang paling populer di Kepulauan Bintan sebagai destinasi utama yang sering dikunjungi wisatawan dengan tujuan berbulan madu.

Suasananya romantis dan terdapat resort mewah dengan fasilitas lengkap dan pelayanan profesional. Kamu tidak harus menginap di Lagoi Bay untuk menikmati keindahan pulau ini. Kamu bisa datang hanya untuk menikmati suasana atau bermain jetski, speedboat, snorkeling, dan lain-lain.

 

Credit: Atourin

Pantai Trikora

Wisata berikutnya adalah Pantai Trikora yang terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Kijang, Pulau Bintan. Pulau ini memiliki khas tropical vibe dengan pepohonan kelapa yang tumbuh menjulang tinggi dan pasir putih kecoklatan.

Terdapat bebatuan coklat estetik di bagian tepi pantai yang memecah ombak sehingga gelombang yang sampai ke bibir pantai tidak terlalu besar. View di pantai ini sangat eksotis dan estetik. Suasananya juga terasa sangat intim, apalagi saat tidak ada seorang pun di tempat ini.

 

Credit: Tempat Wisata

Bintan Mangrove

Sebagai sebuah destinasi yang populer akan keindahan lautan atau baharinya di Indonesia, tentu tidak heran lagi jika memiliki kawasan mangrove yang berada di sekitar kawasannya. Terdapat sebuah tempat wisata yang dikenal dengan Hutan Mangrove Bintan yang bisa kamu jelajahi. Hutan ini sangat asri, menghalang panas laut dengan kesejukan suasananya, dan bisa menjadi latar foto yang tentunya sangat instagenic.

 

Credit: TripZilla Indonesia

Kampung Wisata Panglong

Bintan juga memiliki desa wisata yang dikenal dengan nama Kampung Wiata Panglong. Tempat ini berada di Desa Berakit, Kabupaten Bintan. Saat kamu mengunjungi desa ini, terdapat sebuah rumah ada yang bernama rumah arang.

Dulunya, rumah adat tersebut digunakan oleh Suku Laut untuk membuat arang. Bentuknya pun unik, sekilas mirip dengan rumah iglo namun dengan bahan bangunan utamanya menggunakan batu bata. Penasaran dengan keunikan desa ini? Jangan lewatkan tempat wisata ini saat kamu berkunjung ke Pulau Bintan.

 

Credit: Tempat Wisata

Pantai Senggiling

Objek wisata berikutnya berupa pantai berpasir putih dengan batu karang dan pepohonan di pesisir pantainya. Lokasinya berada di Teluk Sebong Lagoi. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya, pantai ini cenderung sepi pengunjung sehingga suasana privatenya sangat terasa.

Cocok bagi kamu yang ingin mencari tempat wisata yang tenang tanpa gangguan. Hanya bertemankan suara ombak dan semilir angin pantai yang berkejar-kejaran menambrak dedanaunan gugur dari pepohonan.

 

Credit: yopienfranz

Vihara Patung 100 Wajah

Bergeser ke wisata bersejarah, kamu bisa menemukan Vihara Patung 100 Wajah di Bintan. Objek wisata ini memiliki 500 patung murid Buddha dengan berbagai pose, ekspresi dan penampilan. Berbagai jenis patung buddha yang ada di sini dulunya dipahat dan dibuat oleh seorang seniman asal Tiongkok.

Terdapat nama-nama yang diukir dalam pahatan pada bagian bawah kaki setiap patung. Uniknya, kamu akan disambut oleh sebuah patung buddha besar yang sangat artistik pada pintu masuk utama ke dalam vihara ini.

 

Credit: iTrip

Air Terjun Gunung Bintan

Tidak hanya pantai saja yang bisa kamu kunjungi di Pulau Bintan. Jika kamu sudah bosan menjelajahi pantai, kamu bisa berpetualang untuk menemukan Air Terjun Gunung Bintan yang terletak di Kampung Bekapur, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan.

Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 300 meter dengan debit air yang tergolong cukup deras. Tempat ini juga sering menjadi tempat persinggahan para pendaki atau pengunjung yang ingin berkemah di Gunung Bintan. Jika kamu tertarik dengan berkegiatan di alam, kamu bisa mendaki gunung ini, mendirikan tenda lalu sekalian singgah ke air terjun ini.

 

Credit: Melayupedia

Pulau Ranoh

Bergeser sedikit ke Kota Batam, terdapat sebuah pulau bernama Pulau Ranoh yang dekat dengan Pulau Abang- Besar, Pulau Abang, Galang, Kota Batam. Pulau menawarkan keindahan alam yang luar biasa eksotis dengan berbagai fasilitas dengan pengelolaan wisata yang lebih lengkap.

Banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini lebih dari sekedar berenang dan menikmati suasana saja. Kamu bisa bermain jetski, banana boat, snorkeling, kano, waterpark, dan lain-lain.

 

Credit: Tribun Batam

Pulau Beralas Pasir

Tempat selanjutnya berada di Teluk Bakau, Gn. Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pulau ini memiliki landscape alami yang sangat indah. Tidak hanya di permukaan saja, bahkan keindahan alam bawah lautnya pun tak kalah menakjubkan. Pasir putih mendominasi hampir seluruh pantai ini.

Oleh karena itu, pantai ini sering juga disebut sebagai White Sand Island. Sedangkan, jika kamu menyelam ke dalam lautannya, kamu akan menemukan banyak jenis ikan warna warni dan berbagai jenis terumbu karang yang memanjakan pemadangan mata saat di bawah laut.

 

Credit: Travel Kompas

Desa Senggarang

Desa ini terletak di Tanjungpinang Kota, Kepulauan Riau. Desa Senggarang merupakan sebuah desa yang di huni oleh banyak etnis Tionghoa. Oleh karena itu, kawasan ini sering dikatakan sebagai kawasan pecinan di Tanjung Pinang.

Sebuah kawasan yang hampir seluruh penghuninya merupakan keturunan etnis Tionghoa. Di desa ini pun terdapat banyak kuil dan patung-patung dengan khas arsitektut Tionghoa yang menghiasi setiap sudutnya.

 

Baca Juga:
Nggak Cuma Mandalika, Wisata Sembalun Surganya Panorama di Lombok
6 Beach Club Bali Instagramble dan Paling Estetik, Tempat Chill Terbaik

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali