Stonehenge Jogja – Yogyakarta tidak pernah lelah menunjukkan taringnya sebagai Kota Wisata.  Bagaimana tidak jika setiap hari nya selalu ada saja hal baru yang menarik untuk dikunjungi seperti wisata hits kekinian, café, restaurant, hotel-hotel baru dan lain sebagainya dengan fasilitas ramah pengunjung. Membuatmu ingin sekali mengunjungi semua tempat-tempat tersebut.

Sekilas tentang Stonehenge Jogja

Salah satu wisata kekinian yang ada di Yogyakarta adalah Stonehenge Jogja. Stonehenge Jogja merupakan situs tiruan Stonehenge Inggris. Stonehenge sendiri adalah bangunan pra sejarah yang berlokasi di Inggris. Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah. Stonehenge berasal dari kata Stone dan Henge. Stone berarti batu, sedangkan Henge berarti lingkaran.

Stonehenge menjadi menarik karena termasuk dalam salah satu keajaiban dunia. Sampai saat ini, stonhenge masih menjadi daya tarik peneliti arkeolog dan masih menjadi objek riset kebudayaan untuk menelusuri histori nilai budaya tak benda.

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja (Cr : Google)

 

Lokasi Stonehenge

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja (Cr : Google)

Sebelum kamu pergi ke Inggris untuk melihat Stonehenge asli, ada baiknya kamu berkunjung dulu ke Stonehange Jogja ini.  Stonehenge Jogja berlokasi di Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta. Jarak tempuh jika kamu berangkat dari Kota Jogja adalah 27km dan memakan waktu sekitar 1 jam lebih.

Stonehange ini berlokasi di area wisata Merapi. Banyak sekali objek wisata di sekitar Stonehenge ini antara lain Museum Sisa Hartaku, The Lost World Castle, Hobbit House, Merapi Golf dan Merapi Jeep Tour. Selain objek wisata, banyak juga restaurant dan warung terkenal seperti Warung Kopi Merapi dan Kopi Galia Merapi.

Baca Juga :

Tips Wisata

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja (Cr : Google)

Berhubung Stonehange Jogja ini berada di outdoor, bagi kamu yang ingin mengunjunginya usahakan datang saat cuaca sedang cerah. Jika kamu datang saat cuaca mendung akan dikhawatirkan kemudian akan hujan mengingat kawasan Gunung Merapi memang sering diguyur hujan walaupun hanya gerimis. Jadi pastikan kamu cek info cuaca dulu yaa demi kenyamanan liburanmu di Stonehenge ini. Semakin langit cerah maka view yang diperoleh semakin bagus. Kamu bisa melihat kemegahan Gunung Merapi dari sini. Pokoknya indah banget! Kamu bisa puas berfoto di Stonehange ini karena setiap sudutnya instagramable banget!

Untuk kamu yang sedang menyiapkan foto pre-wedding, Stonehenge Jogja ini juga cocok sekali untuk lokasi pemotretan. Dengan tema pra sejarah tepatnya zaman perunggu apalagi dipadu padankan dengan konsep alam yang hijau permai di sekitar lokasi Stonehenge ini foto pre-wedding mu akan berkesan unik dan fresh.

 

Daya Tarik

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja (Cr : Google)

Tidak hanya disuguhi objek wisata berupa batuan besar dan view yang indah, karena letaknya di lereng gunung membuat udara disini sangat sejuk. Kamu akan betah berlama-lama berwisata disini karena membuat pikiranmu menjadi fresh Kembali.

Stonehange Jogja buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Hindari liburan saat high season ya karena jalanan menuju ke lokasi biasanya padat merayap dengan kendaraan-kendaraan pribadi maupun bis-bis wisata.

 

Fasilitas

Stonehenge Jogja

Stonehenge Jogja (Cr : Google)

Stonhenge Jogja ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup seperti toilet dan tempat parkir. Tidak hanya spot foto yang menarik, tetapi keamanan dan kenyamanan pengunjung juga terjamin. Perlengkapan anda dipastikan akan aman selama mengunjungi tempat tersebut.

Untuk harga tiket masuknya kamu dikenakan biaya sebesar Rp 10.000/ orang. Untuk penyewaan lokasi pre-wedding, kamu dikenakan biaya sebesar Rp 150.000. Jika kamu membawa kendaraan pribadi, kamu dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Nah itu tadi Stonehange Jogja yang berlokasi di Cangkringan Sleman, tempat wisata hits yang cocok untuk kamu kunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. Ingin liburanmu murah, cepat dan menyenangkan? pakai Labiru Tour aja 😊

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda