Liburan di Jogja – Indonesia merupakan salah satu negara yang menawarkan pengalaman berlibur hemat untuk wisatawan asing dari berbagai negara. Nyatanya, memang sebagian besar harga tiket wisata di Indonesia jauh lebih murah dibandingkan banyak negara lain.

Beberapa kota di Indonesia bahkan menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau dari kota lain di Indonesia, salah satu kota wisata yang terjangkau adalah Yogyakarta. Ya, kota pendidikan yang satu ini, selain banyak dipilih menjadi tujuan menuntut ilmu para pemudah dari berbagai provinsi, juga menjadi tujuan wisata lokal paling populer.

Daya tarik Jogja yang klasik dan romantis menarik banyak wisatawan untuk betah berlama-lama atau bahkan kembali lagi ke kota yang juga memiliki julukan Never Ending Asia ini. Mau liburan hemat bersama teman, keluarga, pasangan atau sendirian aja? Jogja bisa menjadi pilihan terbaikmu.

KAI Access (Credit: Tempo)

Memesan Transportasi dan Akomodasi Jauh Hari

Jika ingin mendapatkan harga yang lebih hemat saat merencanakan liburan. Pesanlah tiket transportasi hingga akomodasi penginapan jauh-jauh hari. Idealnya dalam 1-3 bulan sebelum hari keberangkatanmu. 

Biasanya, harga hotel yang ditawarkan lebih murah. Kamu masih punya kesempatan untuk memanfaatkan diskon-diskon hotel pada hari tertentu. Sedangkan untuk transportasi, kamu masih memiliki banyak pilihan jadwal dan harga yang lebih fleksibel.

Jika kamu memesan tiket pesawat, kereta, atau bus menjelang waktu keberangkatanmu. Bisa saja kamu kehilangan kesempatan untuk mendapatkan harga yang lebih murah dan waktu keberangkatan yang lebih fleksibel. 

Apalagi jika kamu memesan hotel mendadak, pilihan hotel dan jenis kamar selama kamu menginap di Jogja menjadi lebih terbatas karena sudah direservasi oleh tamu lain yang memesan jauh-jauh hari.

Credit: Kompas

Menentukan Penginapan Murah

Menentukan jenis penginapan atau hotel yang tepat sangatlah penting dalam perencanaan sebuah perjalanan. Tempat tinggal yang nyaman tanpa menguras budget tentu akan membuat liburanmu menjadi lebih efisien.

Ada banyak pilihan yang bisa memenuhi kebutuhanmu di Jogja. Jika kamu melakukan perjalanan solo traveling, maka kost harian, hotel kapsul dan hotel yang menawarkan jenis kamar dormitory bisa menjadi pilihan terbaikmu.

Jika kamu bersama keluarga kecil, carilah promo hotel atau hotel budget di area sekitaran Malioboro yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki. Jadi, kamu tidak memerlukan banyak biaya untuk transportasi.

Sedangkan, jika kamu membawa rombongan besar, pilihlah sebuah penginapan atau homestay murah yang bisa banyak kamu temukan di area atau arah ke Bantul yang akan jauh lebih murah daripada homestay di area kota.

Stasiun Lempuyangan (Credit: Google Maps/RoyMz)

Bijak Memilih Jenis Kendaraan

Pilihlah jenis transportasi yang lebih terjangkau. Jika, Jogja bisa ditempuh dengan kendaraan darat dari kotamu, maka kereta dan bus adalah opsi terbaik. Apalagi kalau kota asalmu tidak jauh dari Jogja, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi saja yang pasti jauh lebih hemat. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi selain biaya bahan bakar.

Rekomendasi terbaik adalah kereta api. Selain tidak menguras waktumu yang terbatas terlalu banyak, kamu juga bisa mendapatkan tiket kereta murah yang bisa kamu pesan jauh-jauh hari. Pilihlah tiket ekonomi dengan tujuan Stasiun Lempuyangan. Harga yang kamu dapat akan sangat jauh lebih terjangkau daripada tujuan Stasiun Tugu. Jangan memesan secara mendadak karena tiket jenis ini biasanya akan lebih cepat terjual habis.

Untuk berkeliling ekplorasi wisata saat di Jogja, kamu bisa menggunakan Trans Jogja atau sewa kendaraan sendiri. Akan jauh lebih murah daripada memesan kendaraan per destinasi. Lebih baik, sewa kendaraan selama sehari penuh. Biasanya, jasa sewa mobil atau motor memberikan wisatawan opsi 6, 12, 24 jam dan seterusnya.

 

City Tour Area Malioboro 

Jogja menawarkan berbagai jenis objek wisata dengan tiket yang terjangkau. Berkeliling kota di area Malioboro jauh lebih terjangkau dari beberapa destinasi lain. Aktivitas yang dapat kamu lakukan di Malioboro pun sangat banyak.

Kamu bisa memilih hotel di area ini, banyak hotel dengan harga terjangkau. Lalu, berjalan kaki menikmati suasana 0 KM Malioboro, berburu kuliner dan pernak pernik unik khas Jogja di Teras Malioboro 1 dan 2, dan berbelanja oleh-oleh di Pasar Beringharjo.

Kamu juga bisa berburu buku murah di Shopping Center atau tukar tambah buku import bekas di The Lucky Boomerang. Selain itu, kamu juga bisa jalan-jalan di Mall Malioboro. Bahkan, berswafoto dengan baju adat khas Jawa dengan harga terjangkau.

Selain itu, di sekitar kawasan ini, kamu bisa mengunjungi Kraton Yogyakarta, Taman Sari, dan menikmati suasana malam Jogja di Alun-Alun Kidul.

 

Kraton Yogyakarta (Credit: SiBakulJogja)

Memahami Karakteristik Destinasi

Destinasi berupa wisata sejarah dan wisata edukasi di kawasan Malioboro bisa menjadi pilihan tepat karena menawarkan tiket masuk yang terjangkau. Begitu pula dengan wisata belanjanya. Cocok untuk kamu kelilingi seharian penuh hingga malam.

Wisata paling hemat selanjutnya adalah di area Parangtritis. Ada banyak pantai seperti Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Baru, Pantai Cemoro Sewu, Gumuk Pasir, dan Bukit Paralayang. Banyak wisata spot foto instagramable yang menarik seperti jalan pintas menuju pantai atau Landasan Pacu.

Destinasi yang sedang naik daun di Jogja saat ini adalah area Gunung Kidul. Banyak wisata pantai, bukit, resto dan cafe dengan konsep modern yang estetik yang bisa kamu eksplorasi. Meskipun, beberapa resto populer menawarkan harga yang cenderung lebih mahal tapi kamu bisa menikmati banyak wisata pantai eksotis secara gratis.

Buat kamu yang berjiwa petualang, saatnya eksplore wisata di daerah Kulon Progo. Sebagian besar wisata di area ini sangat terjangkau bahkan gratis, seperti Pantai Glagah, Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, Taman Sungai Mudal, Kedung Pedut, Air Terjun Sidoharjo, dan Air Terjun Siluwok. Beberapa wisata dengan patokan harga paling tinggi tidak banyak, seperti Kalibiru dan Pulepayung. 

 

Pasar Bringharjo (Credit: JavaTravel)

Menekan Biaya Berbelanja

Pada dasarnya, kuliner dan oleh-oleh di Jogja cenderung lebih terjangkau daripada banyak kota wisata lainnya. Tujuan belanja utama wisatawan dari luar Jogja biasanya mengarah ke Pasar Beringharjo atau Teras Malioboro. Meskipun harga yang penjual tawarkan sudah terjangkau, kamu masih bisa menegosiasikan harga sampai sepakat dengan penjual. 

Ada beberapa tempat yang memasang harga pas, namun sebagian besar masih memberikanmu kesempatan untuk mendapatkan harga lebih terjangkau. Tapi menawar harga yang sewajarnya ya, mereka juga berjualan untuk mencari nafkah.

Jika kamu ingin menikmati kuliner, banyak kuliner enak dengan harga terjangkau di setiap sudut kota Jogja hingga malam hari.

 

Baca Juga:
One Day Tour Jogja, Seharian di Malioboro Bisa Ngapain Aja?
Bosan Menginap di Hotel? Pilih Penginapan Unik di Jogja Bernuansa Alam Ini

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda