Tempat Diving Terbaik di Indonesia – Keindahan wisata alam di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Bahkan lebih indah dari kebanyak pulau di Asia yang memiliki karakteristik alam yang tidak berbeda terlalu jauh. 

Meskipun hingga saat ini, Bali masih menjadi destinasi paling populer di kalangan wisatawan asing, pulau lain pun tidak kalah indahnya. Hanya saja, banyak spot tersembunyi menakjubkan yang belum tereksplore dan terkelola secara optimal.

Salah satu yang menjadi daya tarik utama pariwisata di indonesia adalah keindahan wisata bahari yang tak terbantahkan, terutama keindahan alam bawah laut di berbagai perairaran pulau-pulau eksotis di Indonesia. 

Tidak heran jika Indonesia pun turut menjadi tujuan destinasi utama untuk eskplorasi wisata bawah laut. Kamu termasuk pencinta aktivitas selam seperti diving atau snorkeling? Beberapa rekomedasi tempat diving terbaik di Indonesia ini harus kamu catat ke dalam wishlist untuk kamu kunjungi.

 

Credit: Diving Wakatobi Resort

Wakatobi

Tempat diving terbaik di Indonesia yang pertama adalah Wakatobi. Terletak di Sulawesi Tenggara, ada empat pulau yang bisa menjadi pilihanmu, yaitu Kaledupa, Tomia, Binongko, dan Wangi-wangi. Sedangkan, untuk spot diving, terdapat lebih dari 40 spot yang bisa memuaskan rasa penasaranmu, seperti Cornucopia, Coral Garden, House Reef, dan Rome.

Wakatobi memiliki suasana alam bahari yang cenderung lebih tenang dan tidak begitu padat wisatawan. Kamu bisa puas menghabiskan waktu berlibur seperti di pulau pribadi. Pengalaman mewah dan eksklusif ini tentu tidak bisa kamu lewatkan sebagai pecinta aktivitas selam.

 

Credit: Derawan Alpha World Diving

Kepulauan Derawan

Tempat diving terbaik di Indonesia berikutnya adalah Kepulauan Derawan. Pulau ini berada di sebuah kepulauan yang berada di Kalimantan Timur. Meskipun terletak di pulau yang cenderung terpencil di Indonesia, destinasi ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan asing para pecinta diving.

Beberapa spot sekitar yang juga terkenal seperti Maratua, Nabucco, Bakungan, dan Nunukan. Kamu bisa menikmati jernihnya perairan Derawan di kedalaman dan menemukan lebih dari 872 spesies ikan dan 507 jenis terumbu karang yang unik.

 

Credit: Michael THIEL

Raja Ampat

Kepulauan yang terletak di bagian paling barat Papua ini sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan lokal hingga manca negara, terutama gugusan empat pulau yang ikonik. Terkenal dengan keindahan wisata baharinya, tempat ini banyak menjadi tujuan utama para divers karena penasaran dengan keindahan bawah lautnya.

Kamu akan merasakan sensari berbeda dalam Goa Tomolo di Pulau Misool dan menemukan sisa-sisa jejak masa perang dunia yang karam di perairan Pulau Wai. Jika masih belum puas, kamu bisa menyelam di spot lain seperti Salawati dan Batanta.

 

Pulau Tumbalen

Siapa yang tidak mengenal Bali? Selain terkenal dengan budaya unik dan wisata pantainya, rupanya bagi para penyelam, Bali lebih dari itu. Kamu harus berkunjung dan mencoba menyelam di Pulau Tumbalen, spot terbaik di Bali Timur bagi para penyelam.

Kamu bisa menemukan pemandangan menarik seperti kapal USS Liberty yang karam di perairan tersebut. Kalau masih kurang, kamu bisa mencoba menyelam di pulau lainnya seperti Nusa Ceningan, Lembongan, dan Penida.

 

Credit: SuperLive.Id

Karimun Jawa

Karimun Jawa terkenal dengan beningnya air laut yang sekilas akan mengingatkanmu dengan Mandives. Untuk sampai ke Karimun Jawa, kamu bisa menyeberang menggunakan kapal dari Pantai di Jepara atau Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. 

Kariman Jawa lebih populer di kalangan wisatawan lokal, terutama sebagai destinasi tujuan honeymoon karena keindahan wisata bahari dan suasana tropikalnya yang romantis. Meski begitu, kamu harus mencoba diving atau snorkeling untuk menikmati keindahan tersembunyi taman bawah lautnya.

 

Credit: FloresKu

Kepulauan Alor

Kepulauan di Nusa Tenggara Timur  ini menawarkan 50 spot diving untuk menjadi pilihanmu. Bagaimana? Sudah cukup membuatmu bingung memilih spot terbaik yang mana? Sebuah pulau yang dapat memberikan pilihan begitu banyak, kamu pasti bisa menebak bahwa pulau keindahan bawah laut di kepulauan ini memang tidak biasa.

Kamu bisa memilih spot terbaik yang paling terkenal di kalangan divers lokal hingga global, yaitu Kal’s Dream, Cathedral, Current Alley, Clown Valley, Great Wall of Pantar, Wolang Cave, Red Wall, Max’s Point, Shark Galore, dan The Arch.

 

Gili Air (Credit: Pexels)

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air

Lombok memiliki banyak gili atau pulau-pulau kecil yang indah. Tiga paling populer dengan keindahan alam bawah lautnya adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Menariknya, ada situs diving yang sudah terkenal mendunia, yaitu Belonga’s Bay. 

Kamu juga bisa menemukan Gili Sarang yang terletak tidak jauh dari spot ini yang menjadi habitat ikan Mobulan di kedalaman tertentu. Kamu dapat mengunjungi Shark Point, Halik dengan kedalaman 5 – 24 meter untuk pemula dan Deep Turbo bagi kamu penyelam profesional dan bersertifikasi.

 

Credit: SinergiJakarta

Taman Laut Bunaken

Destinasi ini sudah lama terkenal sebagai surganya para penyelam. Terletak di Sulawesi Utara, terdapat tiga spot utama paling populer di kalangan diver atau wisatawan asing, meliputi Lekuan, Celah Thath, dan Fukui Point.

Terdapat banyak spot diving yang bisa menjadi pilihanmu dengan karakteristik perairan yang jernih, terumbu karang, berbagai biota laut dengan warna yang terang, dan spesies penyu yang akan menemanimu berenang menikmati Taman Laut Bunaken. 

 

Manta Point

Manta Point (Credit: The Jakarta Post)

Labuan Bajo

Destinasi wisata prioritas ini akan segera menjadi destinasi premium pada tahun 2023. Daya tarik utamanya meliputi Taman Nasional Komodo dan keindahan wisata bahari pulau-pulau sekitar, mulai dari keindahan di daratan hingga kehidupan bawah lautnya.

Kamu bisa merasakan sensasi snorkeling dan scuba diving yang berbeda di perairan Labuan Bajo. Beberapa spot terbaik yang harus kamu kunjungi meliputi Batu Bolong Reef, Pulau Kanawa, Taka Makassar, Manta Point dan Pink Beach. Spot penyelaman yang ada di kawasan ini lebih ramah pemula juga, loh. 

 

Credit: SultraKini

Morotai

Berlokasi di Maluku, terdapat banyak spot diving atau snorkeling yang masih jarang dikunjungi tapi memiliki keindahan tersembunyi yang menakjubkan. Saat ini, upaya pengenalan Moritai secara global mulai semakin mejadi konsentrasi sebagai destinasi prioritas Indonesia, 10 Bali Baru.

Perairan Morotai merupakan habitat hiu sirip hitam atau blacktip reef shark. Cocok menjadi pilihan spot terbaik untuk “Shark Diving”. Kamu harus menyelam di kedalaman 21 meter untuk bertemu dengan kawasan hiu ini, tidak direkomendasika bagi penyelam pemula. 

Daya tarik Morotai tidak hanya Blacktip Reef Shark. Kamu juga bisa menemukan sisa-sisa kapal perang dan pesawat terbang yang karam di dasar perairan ini. Tidak jauh dari sini, kamu juga bisa mengunjungi perairan Halmahera Utara.

Keindahan destinasi ini tidak perlu kamu ragukan lagi. Pasalnya, kawasan bawah laut kepulauan yang ada bahkan dijuluki sebagai segitiga terumbu karang dunia. Bukan tanpa alasan, kamu pasti bisa menebak bahwa daya tarik wisata bawah laut di perairan ini sangat kuat.

 

Baca Juga: 
Wisata Labuan Bajo Kelas Dunia, 2023 Menjadi Destinasi Super Premium
10 Gili di Lombok Paling Populer – Jadi Favorit Wisatawan

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda