Gili di Lombok– Buat kalian yang belum mengetahui apa itu Gili? Gili adalah sebuah pulau-pula kecil yang yang menawarkan pesona alam indah. Pulau Lombok sendiri memiliki wisata bahari yang begitu eksotis dan wajib kalian sambangi.

Pulau Lombok akir-akhir ini menawarkan berjuta tempat wisata yang tak kalah menarik dari pulau tetangga yaitu bali. Tak mau kalah lombok berbenarh dalam bidang pariwisata yang mungkin dapat menyaingi Pulau bali yang juga begitu indah.

Nah pembahasan kali ini saya akan berikan sedikit informasi mengenai Gili di Lombok yang sangat eksotis, dan sudah tak diragukan lagi keindahannya. Berikut 11 Gili di Lombok yang Wajib Kalian Kunjungi

Baca Juga: 20 Tempat Wisata di Lombok Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Gili Trawangan

gili di lombok

Potret Gili Trawangan

Deretan tiga gili yang paling populer dan memiliki wilayah paling besar adalah Gili Trawangan luasnya 340 hektar, diantara 3 gili tersebut maka Gili Trawangan adalah tempat yang paling ramai dikunjungi wisatawan di wilayah lombok, baik itu asing dan juga domestik, pulau ini bisa disebut sebagai perkampungan internasional atau desa dunia.

Gili Trawangan dikelilingi oleh pantai berpasir putih, dan memiliki banyak hal lainnya untuk ditawarkan kepada wisatawan. Gili Trawangan memiliki fasilitas yang paling lengkap baik itu hotel, restaurant, pusat hiburan malam, toko seni dan berbagai atraksi wisata, selain snorkeling dan diving, wisatawan juga dapat bermain kano, banana boat ataupun wisata berkuda sambil menikmati keindahan alam sunset yang instagramable.

Demikian pesona 3 pulau, oleh wisatawan asing dikenal juga dengan nama Triple Gili, semuanya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing, sehingga jika anda sedang liburan di Lombok maka deretan tiga pulau tersebut wajib untuk dikunjungi.

Untuk keperluan tiket fast boat atau speed boat, Bali Tours Club menyediakan tiket fast boat dari Bali ke Gili Trawangan, kapal cepat ini bernagkat dari dermaga padang Bai Bali Timur, harga tiket fast boat sudah termasuk antar jemput hotel di Bali. Untuk jadwal dan harga tiket fast boat terbaru, silahkan

Gili Meno

Gili di Lombok

Potret Gili Meno

Diantara 3 pulau ini maka Gili Meno adalah pulau yang terkecil, luasnya sekitar 150 hektar, lokasinya ditengah-tengah terletak diantara Gili Trawangan dan Gili Air, dalam layanan transportasi kapal cepat atau fast boat, Gili Meno tidak menjadi tujuan fast boat tersebut, hanya perahu motor yang berangkat setiap hari baik dari Gili Trawangan ataupun dermaga di pulau Lombok.

Gili Meno dikelilingi oleh pantai berpasir putih, keindahan bawah lautnya juga mumpuni, sehingga menjadi tujuan snorkeling tour dan juga diving. Suasananya lebih sepi dan tenang, bagi mereka yang ingin bersantai di tengah keindahan dan kedamaian, maka Gili Meno menjadi tempat yang paling ideal

Gili Air

Gili di Lombok

Potret Gili Air

Nah Gili ini adalah yang terdekat dengan pulau Lombok, jika naik fast boat hanya butuh 10 menit perjalanan laut dari dermaga bangsal, sedangkan slow boat sekitar 25 menit. Gili Air ini menyuguhkan keindahan alam pantai dan juga alam bawah laut yang cantik dan instagramable, sehingga ideal untuk sekedar bersantai merasakan ketenangan dan juga ideal untuk aktivitas snorkeling dan diving.

Luas pulau ini hanya sekitar 170 hektar, sehingga cukup mudah untuk dijelajahi, bisa dengan cara berjalan kaki ataupun sewa sepeda. Penduduk di Gili Air didominasi oleh suku Sasak dan Bugis, mata pencaharian mereka sebagai nelayan, pedagang dan juga menggeluti dunia pariwisata yang sekarang mulai berkembang.

Gili Nanggu

Gili di Lobok

Potret Gili Nanggu

Selanjutnya adalah Gili Nanggu. Pulau cantik ini terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Layaknya panorama gili lainnya, Gili Nanggu juga punya hamparan pasir putih nan lembut dengan air laut yang berwarna gradasi biru jernih. Tak cuma itu, suasananya yang begitu tenang membuat Gili Nanggu kerap dipilih sebagai destinasi bulan madu bagi pengantin baru.  Selain panorama alamnya yang memukau, kamu juga bisa melakukan sejumlah kegiatan seru di Gili Nanggu.

Dari sekadar menikmati percikan ombak dan sun bathing, plesir ke pulau-pulau kecil di sekitar Gili Nanggu, berburu foto keren, dan hingga menjajal olahraga air seperti snorkeling atau diving. Pemandangan matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektare ini.  Bagi mereka yang ingin berlama-lama ataupun ingin menyendiri di Gili Nanggu tak perlu merasa khawatir. Sebab, di pulau ini telah tersedia fasilitas yang memadai

Gili Pasir

Gili di Lombok

Potret Gili Pasir

Selanjutnya adalah Gili Nanggu. Pulau cantik ini terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini berada di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.  Layaknya panorama gili lainnya, Gili Nanggu juga punya hamparan pasir putih nan lembut dengan air laut yang berwarna gradasi biru jernih.

Tak cuma itu, suasananya yang begitu tenang membuat Gili Nanggu kerap dipilih sebagai destinasi bulan madu bagi pengantin baru.  Selain panorama alamnya yang memukau, kamu juga bisa melakukan sejumlah kegiatan seru di Gili Nanggu.

Dari sekadar menikmati percikan ombak dan sun bathing, plesir ke pulau-pulau kecil di sekitar Gili Nanggu, berburu foto keren, dan hingga menjajal olahraga air seperti snorkeling atau diving. Pemandangan matahari tenggelam merupakan momen yang paling indah di pulau seluas sekitar 8 hektare ini.

Bagi mereka yang ingin berlama-lama ataupun ingin menyendiri di Gili Nanggu tak perlu merasa khawatir. Sebab, di pulau ini telah tersedia fasilitas yang memadai

Gili Kondo

Gili di Lombok

Potret Gili Kondo

Nama aslinya sebenarnya adalah Gili Bagik, namun diubah oleh pengelola menjadi Gili Kondo. Awalnya pulau kecil ini memiliki luas yang lebih kecil daripada saat ini. Anda bisa menginap di sini dengan nyaman karena telah tersedia fasilitas cottage yang dikelola secara professional. Anda bisa snorkeling dengan peralatan lengkap dan makanan khas yang disiapkan pihak pengelola. Meskipun pulau ini terbilang kecil, tapi pengelola tempat ini benar-benar telah menyiapkan segalanya dengan baik untuk menjamu anda.

Gili Sundak

Gili di Lombok

Potret Gili Sundak

Nama aslinya sebenarnya adalah Gili Bagik, namun diubah oleh pengelola menjadi Gili Kondo. Awalnya pulau kecil ini memiliki luas yang lebih kecil daripada saat ini. Anda bisa menginap di sini dengan nyaman karena telah tersedia fasilitas cottage yang dikelola secara professional. Anda bisa snorkeling dengan peralatan lengkap dan makanan khas yang disiapkan pihak pengelola. Meskipun pulau ini terbilang kecil, tapi pengelola tempat ini benar-benar telah menyiapkan segalanya dengan baik untuk menjamu anda.

Gili Kedis

Gili di Lombok

Potret Gili Kendis

Untuk mengunjungi gili kedis, traveler akan menempuh waktu kurang lebih 1,5 jam dengan Sewa mobil di lombok bersama kami. Atau juga bisa ber-kendaraan sepeda motor roda dua dari pusat Kota Mataram.

Untuk ke lokasi anda harus menuju Sekoteng, pesisir barat daya pulau lombok – tawun port/pelabuhan tawun. Menyebrang dengan menggunakan perahu boat hanya IDR. 500.000 yang di sewa/charter bersama kami dalam Snorkeling gili nanggu.

For your info disana tak ada penyebrangan umum atau public boat untuk menuju ke lokasi. Mengeksplore pulau kecil gili kedis tidak memakan waktu lama, untuk mengitari pulau kecil ini dibutuhkan hanya sepuluh menit. Tentu traveler sudah dapat membayangkan luas pulau ini, bukan?

Gili Sunut

Gili di Lombok

Potret Gili Senut

Nama Gili Sunut memang masih terdengar asing, padahal sejatinya Gili Sunut adalah surga tersembunyi di Kabupaten Lombok Timur. Pantai satu ini menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Siapa pun pasti terpukau dengan pesona Gili Sunut.

Daya tariknya terletak pada keindahan pantainya yang berada di balik sebuah bukit hijau. Dengan air lautnya yang jernih hijau kebiru-biruan dan pantainya yang berpasir putih membuat pantai ini layak untuk kamu sambangi.

Untuk menikmati keindahan Gili Sunut, kamu bisa snorkeling atau hanya bersantai di tepi pantai. Angin pantai yang sepoi-sepoi serta perairannya yang tenang seakan mampu memanjakan para wisatawan yang datang tanpa harus menyelam.

Gili Tangko

Potret Gili Tangko

Gili Tangkong berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Daya tarik gili satu ini terletak pada kejernihan air lautnya hingga membuat terumbu karangnya terlihat dengan mata telanjang.

Air lautnya yang jernih bak kristal pastinya membuat kamu tak sabar untuk meneceburkan diri. Snorkeling dan diving adalah cara terbaik untuk menikmati keindahan Gili Tangkong. Bagi yang hobi fotografi underwater, keindahan bawah laut gili ini sangat indah untuk diabadikan.

Menariknya lagi, tempat ini masih lumayan sepi karena belum banyak wisatawan yang mengetahui gili ini. Jadi, cocok untuk kamu yang mencari tempat dengan suasana yang tenang

Gili Asahan

Gili di Lombok

Potret Gili Asahan

Bahasan terahir ini adalah Gili Asahan juga termasuk ke dalam daftar gili terindah di Pulau Lombok. Gili yang terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat ini menawarkan suasana pantai yang masih sangat alami.

Bukan hanya suasananya saja, keindahan bawah laut Gili Asahan juga sangat menakjubkan.  Untuk menikmati keanekaragaman hayati tersebut, kamu bisa menyewa jasa diving guide yang bisa kamu temukan di sepanjang garis pantai.

Gili Kapal

Potret Gili Asahan

Gili Kapal: bukan karena bentuknya yang menyerupai kapal, namun karena sering membuat kapal-kapal kandas akibat surutnya permukaan laut dan menyebabkan timbulnya hamparan pasir ke atas permukaan laut sehingga membentuk semacam pulau pasir. Selain tepian pantainya yang sangat bersih, bening dan jernih serta underwaternya yang juga menarik untuk diintip, Gili Kapal ini sangat cocok dijadikan spot berfoto-foto. Bayangkan kamu bisa seolah-olah terdampar ditengah laut dengan hanya berdiri di secuil hamparan pasir, keren dah!

Gili Petalu

Potret Gili Patalu

Gili Petelu: gili tanpa penghuni namun terdapat beberapa ekor monyet yang berkeliaran dan terkadang merampas pasokan makananmu, jadi hati-hati ya gaes. Selain keunikan tersebut, alam bawah lautnya juga sangat kaya dengan aneka ikan-ikan berwarna warni dan menjadi spot menarik juga untuk melakukan aktivitas snorkeling dan berenang.

Baca Juga:

Itulah tadi sedikit informasi mengenai beberapa gili yang ada di lombok, sudah saya jamin akan memanjakan mata anda. Dan buat kalian yang ingin liburan ke Pulau Lombok dan nggak mau ribet tenang, kami team LABIRUTOUR siap membantu dengan cara Beli Paket Liburan ke Lombok. 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda