Wisata Kuliner Jogja – Yogyakarta merupakan salah satu kota wisata paling populer di Indonesia. Kota ini populer dengan banyak wisata alam dan wisata sejarahnya. Tidak hanya itu, daya tarik utama para pendatang saat mengunjungi Kota Pelajar ini adalah kulinernya yang beranekaragam dan unik, mulai dari makanan itu sendiri hingga konsep tempat hingga cara pemasarannya.

Makanan di kota ini pun cenderung lebih murah dari pada makanan-makanan di kota wisata besar lainnya. Kamu pun tidak perlu bingung mencari lokasinya karena kawasan kota Jogja tidak seluas kawasan kota lain. Sungguh kota kecil yang menarik!

Ada beberapa restoran khas dengan daya tarik dan keunikannya tersendiri yang tidak akan kamu temukan di restoran lain ataupun di kota lain. Apa saja rekomendasinya? Langsung saja simak daftarnya berikut ini.

 

Credit: HandiCraft

The House of Raminten

Membahas mengenai salah satu restoran terbaik di Yogyakarta, wajib memasukkan The House of Raminten pada daftar pertama restoran paling unik yang ada di kota ini. Pasalnya, tidak hanya menyajikan kuliner tradisional dengan cara penyajian yang unik. Namun juga termasuk konsep arsitektur, eksterior, interior, pelayanan, perabotan, hingga suasana dan filosofi yang diusung pada setiap konsep yang diangkat.

Tempat ini pun buka selama 24 jam sehingga dapat kamu kunjungi kapanpun sekalipun tengah malam buta saat hampir semua restoran sudah tutup. Restoran ini kental dengan suasana Jawa klasik yang khas sekali dengan Jogja itu sendiri.

Makanan andalan yang bisa kamu coba di tempat ini adalah Sego Kucing, Sego Gudeng, Ayam Koteka, Bubur Ayam Kelasworo, Kupat Tahu, Maheso Selo Gromo, Sate Lilit, Pecel Raminten, Mangut Lele, dan berbagai minuman khas Raminten.

 

Credit: Visiting Jogja

Joglo Pari Sewu

Tempat makan berikutnya adalah Joglo Pari Sewu. Keunikan rekomendasi resto kali ini adalah dari suasananya yang alami. Tempat ini berlokasi di tengah kota namun memiliki suasana dan panorama hijau yang asri dan sejuk. Bangunannya pun berbentuk joglo khas tradisional Jawa.

Kamu bisa menikmati makanan sembari mendengar gemericik suara air dari air terjun dengan suasana sejuk khas pedesaan. Namun, kuliner yang ditawarkand di tempat ini tidak seperti resto pada umumnya yang memiliki menu tetap. Menu makanan di tempat ini sering berganti. Jadi, pastikan kamu memesan lebih cepat jika tidak ingin kehabisan makanan pada musim atau periode tertentu.

 

Credit: Tripcetera

The Captain Urban Lounge

Ingin makan di dalam pesawat tanpa perlu memesan tiket pesawat ke kota tertentu? Kamu hanya perlu datang ke The Captain Urban Lounge. Resto ini mengusung konsep unik dengan menawarkan sensasi makan di atas pesawat. Tempat yang digunakan pun dulunya merupakan sebuah hangar pesawat asli yang sudah tidak terpakai.

Bahkan, kamu bisa mengambil foto dari area kokpit layaknya di sedang di pesawat sungguhan. Ada pula tempat lain yang juga seperti galley (daput), hingga troli kru kabin pun serupa layaknya kamu sedang melakukan penerbangan.

 

Credit: LiburanYuk

D’Padukan Pie & Resto

Ingin makan di tempat yang asri di tengah persawahan sekaligus pegunungan? Maka kamu bisa datang ke D’Padukan Pie & Resto yang berlokasi di Jalan Kaliurang KM 17, Pakem, Sleman Utara. Tempat ini tidak jauh dari kawasan lereng Gunung Merapi.

Kamu pasti sudah bisa membayangkan suasana sejuk khas pegunungan. Menu makanan yang ditawarkan pun enak. Banyak sajian menu khas tradisional Jawa – Jogja yang bisa kamu coba untuk memanjakan lidahmu.

 

Credit: BlogKita

Bong Kopitown

Konsep kali ini termasuk yang paling unik. Kamu akan merasakan sensasi makan di dalam penjara karena konsep resto ini berbentuk mirip penjara. Tidak hanya itu, bahkan hingga buku menunya pun didesain seperti selebaran pencarian kriminal.

Slogan resto ini adalah “The Happiest Prisoner on Earth”. Mulai dari arsitektur, interior, eksterior, hingga perabotannya pun menggunakan ala-ala penjara. Pokoknya, kamu akan merasakan pengalaman yang berbeda saat makan di tempat ini bersama teman keluarga atau teman ‘tongkrongan’ kamu.

 

Credit: GenPI

The Manglung Cafe

Jika kamu lebih suka makan di alam terbuka, kamu bisa datang The Manglung Cafe di kawasan Bukit Bintang yang lebih dikenal oleh warga Jogja. Kamu bisa menikmati makanan di bawah pepohonan yang rindang sembari bercengkarama bersama teman-teman.

Waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah sore hingga malam hari ketika sinar matahari tidak terlalu terik atau suasana mulai teduh. Suasana di tempat ini terasa lebih intim dan seru untuk menghabiskan waktu luang pada malam hari atau menjadi tempat makan keluarga atau pertemuan intim semacam meet up teman lama.

Resto ini bukan pada hari Senin sampai Sabtu saja pada pukul 12.00 – 22.00. Jadi, jika tidak akan buka pada akhir pekan pada hari minggu.

 

Credit: Furnizing

Lokal Restoran

Restoran ini semakin terkenal karena menjadi salah satu latar sekuel film populer Indonesia berjudul “Ada Apa Dengan Cinta” yang telah dirilis pada 2016. Bukan tanpa alasan, resto ini memang terkenal estetik dari segala sudutnya.

Tembok abu-abu semi industrial dengan kursi – kursi kayu coklat menjadi salah satu bagian paling mayoritas di tempat ini. Menu yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari menu pembuka seperti salad dan berbagai jenis makanan ringan, menu utama, hingga menu penutup. Tedapat berbagai pilihan menu mulai dari kuliner lokal, hingga western dengan cita rasa yang juga terkenal lezat.

 

Credit: HomestayJogja

Secret Garden Coffee & Chocolate

Ingin merasakan sensasi garden party? Bergegaslah menuju Secret Garden Coffee & Chocolate yang terletak di Jalan Amri Yahya No. 2, Pakuncen, Wirobrajan. Tempat ini juga sering menjadi pilihan tempat gala dinner dan berbagai pesta berkonsep garden party. Konsep yang diusung memiliki suasana piknik klasik atau vintage dengan sentuhan dekorasi yang lebih anggun. Tempat ini memang cukup tersembunyi sehingga dinamakan Garden Party.

 

Credit: Trivindo

Rumah Makan Mang Engking Soragan Castle

Keunikan dari rekomendasi restoran berikutnya adalah konsepnya. Kamu senang konsep kastil ala Disney? Maka kamu harus datang untuk merasakan sensasi makan di dalam kastil yang terletak di Jalan Godean ini.

Yup, resto ini sering disebut sebagai Soragan Castle karena mengusung konsep mirip kastil kuno dalam film – film Eropa. Tempat ini pun sering menjadi latar prewedding karena keunikannya. Lokasinya akan mudah kamu temukan dari jalan utama dan cenderung menonjol berwarna abu batu.

 

Credit: Wisata Umum & Religi Kristen Katholik Yogyakarta

Tap House Beer Garden & Beer House

Biasanya rumah kosong atau rusak cenderung ditinggalkan. Berbeda dengan bangunan restoran satu ini yang justru memanfaatkan bangunan yang dindingnya runtuh, lusuh, berjamur, dan berlumut. Tempat ini justru nampak unik dengan berlantaikan rumput Jepang dengan bean bag. Penerangannya pun seadanya.

Jika kamu terbiasa menikmati suasana di kafe-kafe mewah pasti bingung apa yang menarik dari tempat ini sehingga bisa hits di kalangan anak milenials. Kamu akan merasakan sensasi unik yang berbeda bersantai atau bercengkerama ria dengan teman tongkrongan berlantaikan rumput dan beratapkan langit sembari menyeruput minuman favoritmu, tak lupa cemilan kesukaanmu.

 

Baca Juga:
7 Resto & Cafe Jogja Instagramable di Gunung Kidul
All You Can Eat Jogja Paling Enak dan Hits, Makan Sepuasnya!