Tempat Wisata di BandungUNESCO menetapkan Kota Bandung ke dalam jaringan Kota Kreatif pada tahun 2015, utamanya karena keunikan tata kota dan desain ruang publiknya yang rapi dan kreatif. Daya tarik utama wisatawan lokal dan mancanegara bukan saja hanya dari tata kotanya, namun juga wisata alamnya yang sangat unik dan indah.

Selain sarat akan sejarah, akses mudah dekat Ibu Kota Jakarta, kamu juga akan pasti setuju bahwa destinasi wisata Bandung benar-benar dikelola serius sehingga banyak wisata alam populer tetap terjaga di saat banyak wisata lain yang kesannya musiman.

Belum lagi kalau ngomongin kuliner. Wahh, btw penulis adalah salah satu dari sekian makhluk Tuhan yang sangat menggemari kuliner Sunda. Ya sudahlah, mari kita langsung back to the point rekomendasi wisata Ciwidey berikut ini.

 

Kawah Putih (Credit: Detik[dot]com)

Kawah Putih Ciwidey

Rekomendasi tempat wisata pertama di Ciwidey yang wajib kamu kunjungi adalah Kawah Putih. Destinasi ini adalah wisata alam paling unik dan populer di Bandung. Udaranya sejuk, landscape-nya sangat indah, dan keunikannya yang tidak akan kamu temui di tempat wisata lain mejadi beberapa dari sekian banyak alasan.

Kawah Putih merupakan destinasi wisata alam berupa kawah vulkanik berwarna putih berpadu tosca dengan dataran bebatuan kapur putih yang mengelilinginya. Danau belerang ini terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Kalau dari arah Kota Bandung, banyak wisata yang akan kamu lewati sebelum mencapai lokasi.

Untuk menuju ke sini, bisa ditempuh dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Setelah itu, kamu harus membayar transport khusus ke area kawah yang bernama ontang-anting. Tarif masuk wisatawan lokal dengan tiket terusan dan ontang-anting kurang lebih 69 ribu dan 110 ribu untuk wisatawan asing, belum termasuk biaya parkir.

Ada tiga spot ter-favorite wisatawan di lokasi, yaitu jembatan apung menuju ke tengah kawah, Skywalk Cantigi, dan View Desk Sunan Ibu untuk menyaksikan matahari terbit. Ada banyak fasilitas lain yang bisa kamu coba, seperti kuda tunggang, panahan, taman bermain, dan jasa fotografer profesional.

 

Situ Patenggang (Credit: Traveloka)

Situ Patenggang

Beralih ke wisata air berupa danau legendaris yang menyimpan cerita romantis Ki Santang dan Dewi Rengganis. Nama Situ Patenggang sendiri berasal dari makna kata ‘saling mencari’ yang diambil dari kisah pertemuan kedua tokoh cerita rakyat tersebut.

Destinasi ini sangat cocok untuk berlibur atau piknik bersama pasangan maupun keluarga. Ada mitos yang kepercayaan masyarakat setempat bahwa jika pasangan ingin langgeng, maka datangilah Batu Cinta dan kelilingi Pulau Asmara yang ada di kawasan ini. Kalau kamu percaya nggak?~

Tarif masuk ke lokasi juga sangat terjangkau yaitu 25 ribu per orang, buka dari pagi hingga pukul 5 sore setiap hari. Udaranya segar nan sejuk, suasananya tenang dengan keindahan panorama danau dan pepohonan rindang yang menenangkan. Sangat cocok buat kamu yang sedang jenuh dan ingin menjauh sejenak dari keramaian.

Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini selain piknik, seperti bermain sepeda air, menapaki kebun teh,  memancing, menyusuri pulau dengan perahu, dan menikmati kuliner di Glamping Patenggang Resto sembari berswafoto di spot populer Kapal Phinisi yang sempat viral tersebut.

 

Kebun Teh Rancabali (Credit: Traveloka)

Kebun Teh Rancabali

Sebelum kamu mencapai kedua spot wisata yang sudah disebutkan di atas, kamu pasti akan melewati hamparan kebun teh hijau yang sangat luas di sepanjang perjalananmu menuju Ciwidey. Gratis, loh. Kamu tinggal singgah dan berswafoto di spot-spot populer yang bertebaran di media sosial.

Kamu juga bisa loh menginap di Glamping Lake Side Rancabali jika ingin merasakan sejuknya bangun pagi disambut oleh hamparan kebun teh hijau dan sinar matahari pagi sembari menyeruput kopi dan makanan ringan kesukaanmu.

Ada wahana baru berupa golesat. Pengunjung dapat meluncur menggunakan kereta roda tiga mengelilingi sirkuit dengan panorama hijau kebun teh. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menghindar sejenak dari hiruk pikuk kepadatan kota yang pengap.

 

Tempat Wisata di Bandung - Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas (Credit: Expoler)

Kampung Cai Ranca Upas

Destinasi populer sebagai bumi perkemahan dan penangkaran rusa. Wisata ini juga kerap menjadi pilihan untuk spot photoshoot dan pre-wedding. Lokasi ini berdekatan dengan kawasan kebun teh dan hutan lindung alami sehingga udaranya pun terasa sangat segar dan sejuk.

Areal camping dapat menambung hingga 10.000 orang. Tiket masuk domestik sebesar 25 ribu dan 44 ribu untuk mancanegara. Sedangkan, tiket camping sebesar 35 ribu sudah termasuk tiket per malam, belum termasuk biaya parkir dan tambahan fasilitas lain-lain.

Menawarkan fasilitas seperti pakan rusa, kolam renang air panas, paintball, ATV, seluncuran, ember tumpah, kids playground, padang rumput savana, rawa basah, warung makan, gerai tanaman hias, gazebo, tunggang kuda, achery shooting target, petik strawberry, flying fox, penyewaan tenda dan alat camping, serta yang terbaru adalah onsen.

 

Tempat Wisata di Bandung - Rengganis Suspension Bridge

Rengganis Suspension Bridge (Credit: Pengelola Rengganis Suspension Bridge)

Rengganis Suspension Bridge

Kalau di Sukabumi ada Situ Gunung Suspension Bridge, kalau Bandung punya Rengganis Suspension Bridge. Wisata baru ini sempat viral di kalangan wisatawan. Jembatan ini menghubungkan pintu masuk kawah menuju lokasi kawah. Jika tidak melalui jembatan ini, wisatawan harus menempuh jarak lebih jauh melalui jalan setapak buatan warga.

Jembatan ini di klaim sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. Membentang sepanjang 370 meter dengan ketinggian 75 meter, bahkan jauh lebih panjang daripada Situ Gunung Suspension Bridge yang hanya memiliki panjang 243 meter dengan ketinggian 121 meter.

Kapasitas pengujung sekali lintas dibatasi sebanyak 70 orang. Tiket masuk mulai 70 ribu per orang meliputi Rengganis Suspension Bride dan Kawah Renggani. Kamu juga akan mendapatkan welcome drink berupa teh Walini. Pengelola juga menawarkan tiket terusan sebesar 100 ribu meliputi 2 wisata utama tersebut dan semua wahana Glamping Lakeside dan Situ Patenggang.

 

Tempat Wisata di Bandung - Barusen Hills

Barusen Hills (Credit: Google Maps by Ginanjar Sapti)

Barusen Hills

Wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Menawarkan fasilitas yang sangat lengkap dalam satu tempat. Tiket masuk pun terjangkau mulai 20 – 35 ribu saja. Sedangkan, untuk fasilitas villa mulai 500 ribu per malam tergantung jenis villa dan fasilitasnya.

Fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati yaitu waterboom atau waterpark untuk dewasa dan anak-anak, taman dan spot swafoto, perahu taman, camping ground, playground, tempat untuk gathering maupun outbond, gazebo, kantin dan beberapa fasilitas lain yang termasuk dalam paket villa.

 

Tempat Wisata di Bandung - D'riam Riverside Resort

D’riam Riverside Resort (Credit: WisataBdg[dot]com)

D’Riam Riverside

One stop tourism destination. Kamu mencari destinasi wisata yang di dalamnya kamu bisa mendapatkan semuanya? Penginapan nyaman tepi sungai dengan fasilitas lengkap dan pemandangan indah, kuliner enak, wahana atau aktivitas wisata beragam? D’Riam Riverside bisa menjadi pilihan terbaik kamu untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.

Kamu bisa menginap di kamar suite berkonsep modern dengan harga mulai 700 ribu-an. Fasilitas lainnya meliputi restoran, berbagai spot foto fun hingga yang menantang, kolam renang, foodmarket, playground, art gallery, dan tentunya Sungai Bangung itu sendiri yang berada persis bersebelahan dengan resort dan menjadi daya tarik utama.

Baca Juga:
Paket Custom Liburan di Bandung
Rekomendasi 10 Wisata Malam di Bandung


Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Bandung area Ciwidey. Jangan lupa masukkan ke daftar kunjungan wisata kamu jika berkunjung ke Bandung. Kamu juga bisa mengonsultasikan rencana perjalanan kamu bersama LABIRU yang sesuai dengan keuangan, destinasi, waktu yang menyesuaikan dengan preferensimu, loh.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda