Tempat Wisata di Tasikmalaya– Setelah membahas tempat wisata di beberapa kabupaten di provinsi jawa barat seperti, majalengka, cirebo, garut, hingga kuningan. Nah kurang lengkap jika kita belum bahas wisata kabupaten tasikmalaya.

Kabupaten yang memiliki nama julukan unik, yaitu delhi van java ini ternyata memiliki potensi wisata yang menarik untuk kita bahaas. Wisata di kabupaten tasikmalaya memanglah tidak sepopuler wisata di bogor maupun bandung, namun yang perlu kamu tau bahwa wisata di tasikmalaya juga bisa di bandingkan keindahannya dengan wisata di daerah lain dan tak kalah menarik juga. Nah mau tau dimana saja tempatnya? Berikut 8 tempat wisata di tasikmalaya.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Majalengka

Gunung Galunggung

tempat wisata di tasikmalaya

Suasana pagi hari di Gunung Galungung

Jika Kabupaten Majalengka punya gunung ciremai, gunung tertinggi di jawa barat. Maka tasikmalaya juga patut bangga karna memiliki gunung teraktif di jawa barat. Bagi kamu yang punya agenda liburan ke tasikmalaya recommended nih Gunung Galunggung, gak di ragukan lagi keindahan alamanya.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.167 mdpl ini memang sudah menjadi kawasan wisata sejak lama, daya tarik gunung ini adalah banyaknya pemandaian air panas alam, kalian juga bisa ngecamp di pinggiran kawahnya loh.

Pantai Cipatujah

tempat wisata di tasikmalaya

Potret seorang bermain air di bibir Pantai Cipatujah

Tasikmalaya juga di berkahi sebuah pantai di pesisir selatannya, pantai tesebut bernama pantai cipatujah, untuk sampai ke pantai terfavorit di tasik ini, kamu mesti menempuh perjalanan sekitar 74 km dari pusat kota menuju Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah. Keindahan pantai ini tak di ragukan lagi, ombak yang landai cocok buat kalian yang hobi bermain air.

Pantai Sindangkerta

tempat wisata di tasikmalaya

Keseruan bermain air di pantai sindangkerta

Jika sudah puas dengan pantai cipatujah kamu bisa berpindah ke pantai Sindangkerta, yang terletak di Desa Cikawugading, jaraknya hanya 4 km ke arah timur pantai cipatujah. Pantai ini memiliki keistimewaan luar biasa, yaitu pantai ini di jadikan tempat bertelurnya penyu hijau yang langka.

Selain itu pantai ini juga punya taman laut bernama taman lengser seluas 20 ha. Taman laaut ini berupa karang datar yang cukup luas dimana kamu bisa mengamati beraneka biota laut saat permukaan launya menyurut.

Curug Dengdeng

tempat wisata di tasikmalaya

Potret epic di Air Terjun Dengdeng

Tak Cuma pantai saja yang bisa kalian temukan di kecamatan cipatujah, temukan juga sebuah curug menawan bernama curug dengdeng yang terletak di kampung caringan, desa cikawung gading. Curug ini menawarkan panorama curug bertingkat-tingkat.

Untuk mencapai curug tersebut kalian butuh berkendara hampir 30 km atau sekitar 3 jam dari pusat kota tasikmalaya.

Curug Ciparay

tempat wisata di tasikmalaya

Potret dari atas curug Ciparay

Berbicara curug di tasikmalaya. Curug Ciparay merupakan curug terindah menurut pendapat saya pribadi, selain itu buat kamu yang suka menjekah hutan cocok nih sambangi curug ciparay, untuk mencapai wisata ini kamu perlu menjelajahi sedikit hutan.

Perjalan menuju curug ini memakan waktu sekitar 30 km dan yang buat saya kamu pemandangan selama perjalanan begitu indah luae biasa.

Situ Sanghiyang

tempat wisata di tasikmalaya

Danau yang sejuk buat sekedar beristirahat di siang hari

Berjarak kurang lebih 25 km dari pusat kota tasikmlaya, tepatnya di Desa Cibalanarik dan Desa Cilolohan, Kecamatan TanjungJaya, kamu akan menemukan keindahaan danau yang tenang dan sederhana tapi mempesona bernama situ sanghiyang.

Situ Gede

tempat wisata di tasikmalaya

Potret sunset di Wisata Situ Gede

Danau alam yang ada di tasik gak Cuma situ sanghiyang, ada juga situ gede yang lebih tenar dan menjadi salah satu ikon pariwisata delhi van java, situ ini berada di Kelurahan Linggjaya, Kecamatan Mangkubumi, dekat dengan pusat kota tasik.

Di tempat ini ada penyewaan prahu yang bisa kalian sewa untuk  kelliling danau ini, keindahan alam tasik satu ini memang tiada duanya.

Taman Wisata Karang Resik

tempat wisata di tasikmalaya

Wahana labirin mini yang di sediakan di Taman Wisata Karang Resik

Seperti kota-kota lain taman mesti ada di setiap kota, tak luput tasikmalaya juga punya, taman ini memiliki pemandangan yang bagus, suasana yang sejuk dan memiliki tempat spot foto yang bagus dengan latar belakang bunga-bunga hijau.

“nah itulah beberapa tempat wisata di tasikmalaya yang bisa kalian eksplore”

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda