Tips Memilih Travel Agent – Siapa sih yang nggak mau liburan? Liburan adalah waktu yang dinanti-nantikan. Sepertinya hampir seluruh orang di dunia ini menyukai saat-saat berlibur. Begitu liburan tiba, dapat dipastikan semua tempat wisata ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.

Ada 2 pilihan saat kamu ingin berlibur. Yang pertama adalah berlibur secara mandiri, yaitu kamu tidak menggunakan jasa yang mengurusi keseluruhan liburanmu seperti travel agent. Yang kedua adalah berlibur menggunakan travel agent.

Dari kedua pilihan tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebagai contoh saat kamu berlibur mandiri, kamu lebih bebas mengatur waktu liburanmu di destinasi wisata yang kamu kunjungi. Namun kamu harus sedikit lebih repot karena mengatur persiapan liburan secara mandiri seperti tiket akomodasi, hotel, tiket obyek wisata, transport dan lain sebagainya.

Begitu pula saat kamu menggunakan travel agent, keuntungannya adalah kamu tidak perlu repot mengurusi segala persiapan liburan dan saat liburan berlangsung karena semua sudah di handle oleh travel agent. Namun kekurangannya adalah kamu tidak bisa leluasa mengatur waktu liburanmu dan juga ada sedikit tambahan biaya untuk membayar jasa travel agent tersebut.

Tapi biaya yang kamu keluarkan dan pelayanan yang kamu dapatkan akan sebanding dengan kepuasanmu saat melakukan liburan dengan travel agent. Eitsss tapi jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh travel agent yaa.. bisa jadi travel agent tersebut adalah travel agent abal-abal alias travel agent bodong! Saat ini memang banyak sekali kasus-kasus penipuan oleh travel agent bodong, kamu harus pintar-pintar memilih travel agent yaaa..

Berikut ini ada 5 Tips Memilih Travel Agent yang Tepat & Terpercaya Yuk cari tahu bagaimana ciri-ciri travel agent terpercaya melalui artikel Labiru Tour berikut ini :

 

Telah Terdaftar Secara Resmi

Travel Agent

Terdaftar Secara Resmi (Cr : Google)

Setiap orang atau sekelompok orang yang memiliki usaha, sebaiknya terdaftar secara resmi di Lembaga terkait atau pemerintahan tertentu. Hal ini supaya badan usaha tersebut memiliki kekuatan hukum. Disamping itu, tentu saja sebuah badan usaha yang telah legal akan lebih mendapatkan kepercayaan konsumen.

Apabila travel agent telah terdaftar secara legal sebagai penyedia fasilitas perjalanan, maka travel agen tersebut memiliki potensi penipuan yang lebih kecil tentunya.

Namun itu saja tidak cukup, kamu juga harus memperhatikan rekam jejaknya, siapa saja klien yang pernah mereka tangani dan testimony-testimony yang mendukung kredibilitas travel agent tersebut.

 

Memiliki Lokasi yang Jelas

Travel Agent

Memiliki Lokasi yang jelas (Cr : Google)

Tips yang kedua adalah kamu harus mencari tahu lokasi travel agent tersebut. Walaupun bisnis agen travel dewasa ini lebih banyak dilakukan secara online, kamu tetap perlu untuk memastikan keberadaannya. Tempat atau alamat usaha menjadi bagian penting dari sebuah bisnis untuk menjadikannya professional dan terpercaya.

Kamu wajib untuk mengetahui lokasi kantor travel agent tersebut. Kamu bisa membuka Google Maps dan mencari nama travel agent nya. Rating yang tinggi dan review yang bagus dari custumer akan mendukung kredibilitas travel agent tersebut.

Dengan demikian, kamu sudah meminimalisasi risiko agar tidak mengalami kerugian sebab ditinggal pergi atau kemungkinan penipuan lainnya.

 

Baca Juga :

Kredibilitasnya terbukti baik

Testimoni Labiru Tour

Testimoni Labiru Tour

Pilihlah travel agent dengan seksama dan hati-hati walaupun kamu sedang terburu-buru. Tetap waspada adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Kamu harus mengetahui latar belakang perusahaan travel agent tersebut agar tidak salah pilih.

Kredibilitas ini menjelaskan bagaimana travel agen terkait menjalankan bisnisnya, apakah mereka profesional dan berpengalaman atau justru masih sering mengecewakan kliennya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini kredibilitas bisa dilihat melalui :

  • Testimoni-testimoni klien
  • Akun sosial media travel agent
  • Website resmi travel agent
  • Dan dari testimoni kerabat terdekat yang sudah pernah menggunakan travel agent tersebut.

 

Transparant

Travel Agent

Travel Agent Terbuka (Cr : Google)

Tips ke empat adalah kamu perlu memperhatikan ke-transparanan travel agent tersebut seperti keterbukaan saat pembayaran. Mereka akan terbuka tentang harga dan fasilitas yang akan kamu dapatkan. Travel agen yang tidak menutupi informasi apa pun darimu tentunya memiliki potensi penipuan yang kecil.

Sebagai contoh, mereka akan menjabarkan detil paketnya dengan sangat jelas. Mereka juga tidak akan menutup-nutupi harga ataupun syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Responsif

Travel Agent

Resposif Customer Service (Cr : Google)

Travel agent yang bagus adalah travel agen yang responsive. Responsive disini dalam arti cepat tanggap dalam melayani klien atau customer Baik melalui e-mail, telepon, dan live chat.

Salah satu hal utama yang dibutuhkan klient adalah ikatan antara dirinya dengan penyedia jasa, disini adalah travel agent. Travel agen yang cepat tanggap akan menjadi nilai plus di hati klien.

Jika ada masalah, travel agen ini bisa dengan langsung membereskannya, sehingga para klien tak perlu merasa gusar jika perjalanan atau liburan mereka ada yang bermasalah.

Hal ini membuktikan bahwa mereka tidak akan kabur dan siap membantu kliennya dalam kesulitan dan masalah apapun.

 

Nah itu tadi adalah 5 Tips Memilih Travel Agent yang Tepat & Terpercaya. Semua hal tersebut perlu kamu lakukan agar terhindar dari travel agent bodong. Tidak mau kan liburanmu malah menjadi malapetaka untuk mu?

Agar liburanmu tetap aman dan nyaman, Labiru Tour adalah solusi liburan terbaikmu. Sesuai dengan motto kami : “Mudah, Cepat dan Menyenangkan” karena kami paham kepuasan pelanggan adalah nomor 1 bagi kami. Liburan? Ya Labiru ajaaa 😊

 

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda