Tips Aman dan Nyaman Saat Berlibur ke Pantai – Pantai adalah salah satu destinasi wisata favorit di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Indonesia yang berbentuk negara kepulauan dan maritim otomatis mempunyai banyak sekali pantai. Ada pantai pasir putih, pasir hitam, pasir coklat bahkan pasir berwarna pink! Besaran ombak di tiap pantai pun berbeda-beda karena letak geografisnya. Unik sekali yaaa…

Sebagai destinasi wisata favorit, pantai sangat ramai dikunjungi wisatawan di hari-hari libur. Bahkan banyak pantai populer yang pengunjungnya sampai membludak. Tidak menutup kemungkinan ada tindak kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan momen keramaian ini.

Tidak hanya harus berhati-hati dan waspada, ini dia beberapa tips agar kamu aman dan nyaman saat berlibur ke pantai sehingga liburanmu makin berkesan.

  1. Mencari Informasi Tentang Pantai Tujuan

Sebelum berlibur ke pantai, alangkah baiknya kita mencari informasi terlebih dahulu mengenai pantai yang akan kita tuju. Kita harus tau bagaimana akses jalannya, ketersediaan penginapan, ada tidaknya warung atau restaurant di sekitar pantai dan info-info lainnya.

Hal ini dimaksudkan agar kita sedikit banyak mengetahui kondisi pantai dan lingkungan sekitarnya, sehingga ketika kita berkunjung ke pantai tersebut tidak akan kesulitan dan kebingungan sehingga benar-benar bisa menikmati kondisi dan tempat wisata tersebut.

  1. Persiapkan Segala Keperluan

Untuk kamu yang suka berenang di pantai, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Kamu juga perlu menyiapkan sabun atau shampo untuk berbilas agar badanmu bersih dari air garam dan pasir-pasir yang menempel di tubuhmu. Tak lupa siapkan handuk untuk mengeringkan badanmu.

  1. Jangan Pergi Sendirian

happy family father, mother and children backs on the beach at sea

Menikmati keindahan pantai lebih menyenangkan bila dinikmati bersama-sama, ajaklah keluarga atau teman terdekat untuk bersenang bersama-sama menikmati keindahan pantai, berjemur dan bermain-main air, wujudkan suasana kebersamaan dengan melakukan sebuah permainan dan game atau berolah raga seperti voli atau sepak bola. Pergi bersama-sama pun akan lebih aman jika kamu ada suatu masalah atau hal lain yang tidak kamu inginkan terjadi padamu.

  1. Pergunakan Pakaian Berbahan Ringan

Mengunjungi pantai dan berwisata ke pantai identik dengan berbasah-basahan, untuk itu gunakan pakaian atau kaos yang mudah kering, hindari memakai pakaian berbahan tebal karena akan memperberatkan anda pada saat berenang atau bermain-main di sekeliling pantai. Pakaian tebal pun akan membuatmu gerah dan kepanasan karena cuaca di pantai relative panas.

  1. Bawa Pelindung Matahari

Persiapkan segala perlengkapan untuk berwisata ke pantai, termasuk pelindung diri dari sinar matahari seperti sunblock. Membawa kaca mata hitam, topi atau payung bisa menjadi pilihan untuk menghindarkan diri dari sinar matahari secara langsung. Namun pergunakan semua perlengkapan tersebut seperlunya, jika memang sudah dianggap matahari semakin terik bisa kita pergunakan, karena sinar matahari yang terlalu terik bisa mengakibatkan kulit kita terbakar. Tidak mau kan kulitmu menjadi rusak? ?

  1. Pilih Waktu yang Tepat untuk Berkunjung

Bila anda berkeinginan untuk berjemur, usahakan memilih waktu yang tepat hindari teriknya sinar matahari di siang hari. Waktu berjemur di pantai yang tepat adalah di pagi hari sampai dengan pukul 11.00 atau sore hari mulai pukul 15.00 sampai matahari tenggelam. Tak ada salahnya berlama-lama dengan siraman sinar matahari karena juga menyehatkan kulit.

Jika kamu ingin melihat sunrise atau sunset, maka carilah informasi terkait waktu terbaik melihat sunrise atau sunset di pantai yang ingin kamu datangi. Jangan sampai kamu terlambat dating dan gagal menyaksikan sunrise atau sunsetnya.

  1. Tetap Berhati-Hati dan Waspada

Crowded beach in Sydney

Disaat anda berjemur dan rileks di pantai tidak ada salahnya untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap sekeliling kita, jangan terlalu asyik memejamkan mata atau mendengarkan music melalui headset kita. Selalu perhatikan dimana barang-barang kita berada dan perhatikan juga apa ada binatang pantai di sekitar kita jangan sampai kita tersengat atau tergigit. Kamu juga harus lebih berhati-hati dan waspada jika kamu berkunjung saat high season karena banyak oknum memanfaatkan keramaian untuk berbuat kejahatan.

  1. Berbilaslah Segera Setelah Bermain Air Laut

Setelah puas bersenang-senang dan bermain air serta berenang, ada baiknya anda segera berbilas, karena air laut banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi bagi yang belum terbiasa. Jangan berlama-lama dengan pakaian yang basah setelah bermain air di pantai karena kandungan garamnya akan membuat kulit lebih kering. Kamu bisa berbilas di kamar mandi yang sudah disediakan oleh pengelola pantai atau kamar mandi warga sekitar yang disewakan.

  1. Jangan Bermain Terlalu Jauh

Beberapa pantai mempunyai batas bermain/ berenangnya sendiri. Biasanya pantai dengan ombak yang besar melarang wisatawan untuk berenang. Jangan sekali-kali kamu melanggar aturan yang telah dibuat ya jika tidak ingin terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Perhatikan Waktu Pasang Surut Air Laut

Kamu juga perlu tau waktu pasang surut pantai. Jangan bermain terlalu jauh ke laut saat air laut sedang pasang. Bisa-bisa kamu terseret ombak!

Nah itu tadi Tips Aman dan Nyaman Saat Berlibur ke Pantai. Semoga bermanfaat yaa… Selamat liburan 🙂

 

Baca Juga :

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda