Trip Jogja – Apa Anda adalah golongan orang yang tidak bisa makan tanpa sambal? Rasanya hambar dan kurang bukan jika tidak ada sambal yang menyertai acara makan-makan?

Bagi Anda yang merasa sebagai pecinta makanan pedas, Anda wajib mencoba berbagai sambal yang dijual di berbagai warung makan di Jogja. Bahkan beberapa diantaranya terbuat dari bahan yang unik dengan cita rasa yang tidak biasa.

Di sini kami rangkum untuk Anda 5 rekomendasi tempat makan dengan sambal sebagai bintang utamanya.

 

Spesial Sambal Mentah Bu Saring

Credit: Sahabat UKM

Terletak tidak jauh dari Stasiun Lempuyangan, Tepatnya di Jl. Hayam Wuruk No 39 B, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Anda bahkan dapat berjalan kaki dari Stasiun Lempuyangan menuju warung Spesial Sambal Mentah Bu Saring karena lokasinya yang berdekatan.

Kebanyakan Pengunjungnya yang adalah mahasiswa, membuktikan harga menu di warung ini ramah terhadap dompet alias murah. Menu lauk pauk yang dapat Anda pilih pun sangat beragam. Mulai dari tempe, tahu, hingga bebek pun ada.

Sebagai pelengkap dan bintang dari warung ini, warung Spesial Sambal Mentah Bu Saring Memiliki 3 jenis sambal. Yaitu sambal mentah, sambal matang, dan sambal bawang. Menu sambal populer yang paling sering dipesan di sini adalah sambal mentahnya.

Selain nasi, lauk, dan sambal, sebagai pelengkap juga disajikan lalapan berupa kacang panjang, mentimun, dan beberapa helai kol. Dengan harga lauk yang terjangkau, mulai dari Rp1.000,00 sampai Rp2.000,00 untuk tahu dan tempe tanpa nasi, hingga menu nasi bebek seharga Rp25.000,00, Anda sudah bisa menikmati berbagai menu hangat dengan sambal yang segar.

 

Sambel Welut Pak Sabar

Credit: Tripadvisor

Hal yang membuat sajian di warung Sambel Welut Pak Sabar ini spesial adalah karena sebelum digoreng di dalam minyak panas, belut yang akan digunakan sebagai sambal akan terlebih dulu ditumbuk di dalam alu bersama dengan bahan sambal yang lain. Selain sambel belut, warung ini juga menjadikan belut goreng sebagai menu andalannya.

Lokasinya yang cukup tersembunyi, di Dusun Dokaran, Desa Tamanan, kecamatan Bangutapan, Kabupaten Bantul tidak menghalangi niat pengunjung untuk bertandang dan mencicipi menu andalan warung ini. Sambalnya yang memiliki cita rasa gurih, pedas, dan asam yang berasal dari irisan daun jeruk segar ini tidak pernah gagal menarik pengunjung.

Beroperasi mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB, Anda bisa menikmati sambel welut yang dibanderol dengan harga Rp14.000,00 per 100 gram ini. Murah bukan? Apalagi ditambah dengan citarasanya yang unik tentu saja sepadan dengan harganya.

 

Baca Juga: Wisata di Taman Pelangi Yogyakarta

 

Sambel Bawang Bu Santi

Credit: Foursquare

Bukan lagi nama yang terdengar asing, tempat makan ini adalah pelopor sambel bawang di Yogyakarta. Tidak hanya satu atau dua tahun, Warung Sambel Bawang Bu Santi ini sudah buka dan sudah terkenal selama puluhan tahun.

Bukan hanya sambal, lauknya yang gurih disertai nasi uduk akan membuat lidah anda bergoyang karena perpaduan epik ini. Walaupun termasuk agak mahal harganya yakni mulai dari harga Rp15.000,00, Tetapi hal ini tentu saja sepadan dengan cita rasa yang bisa Anda dapatkan.

Warung makan ini berlokasi di Jalan Babarsari Raya Nomor 109, Catur Tunggal, Sleman. Tidak perlu bingung kapan Anda bisa berkunjung dan icip-icip sambal bawang di Warung ini, pasalnya warung ini beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

 

Warung Sambel Belut Pak Wardi

Credit: Kompasiana

Memiliki konsep semi terbuka di area persawahan, warung sambal ini juga menjadi bahan pembicaraan para pecinta makanan pedas karena menunya yang menyajikan sambal belut yang terbuat dari belut-belut yang berukuran kecil. Karena ukurannya yang kecil ini, Anda bisa menyantap sampai habis belutnya tanpa takut tersedak duri.

Selain sambal belutnya yang terkenal sebagai incaran, ada juga sambal korek yang menjadi favorit pengunjung. Beroperasi setiap hari mulai dari pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB, Warung ini terletak di Jalan Magersari, Kledokan, Catursari, Sleman. Cukup merogoh kocek mulai dari Rp18.000,00 Anda sudah dapat menikmati kuliner sambal belut yang spesial.

 

Waroeng Special Sambal “SS”

Credit: Waroeng SS

Siapa yang tidak mengenal Waroeng Spesial Sambal? Tempat makan yang memiliki julukan SS ini sudah memiliki banyak cabang di Yogyakarta dan rasanya akan kurang jika membicarakan lokasi kuliner pedas tanpa menyebutkan warung satu ini. Seperti namanya, tempat makan ini menyajikan sambal sebagai bintang utamanya.

Cabang pertama warung ini didirikan dengan konsep warung tenda kaki lima di trotoar sisi timur jalan Kaliurang Km 3. Lebih tepatnya di sebelah Barat Grha Sabha Pramana UGM. Waroeng SS ini beroperasi setiap hari dari pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Apa Anda tau? bahkan Waroeng Spesial Sambal ini bukan hanya memiliki banyak cabang di pulau Jawa, melainkan sudah merambah sampai ke pulau Bali. Bukan hanya di dalam Negeri, bahkan sudah terdapat satu cabang yang buka di Kuala Lumpur. Hal ini tentu saja menjadi bukti nyata kualitas sajian resep sambal di Waroeng Spesial Sambal. Tertarik mencoba?

Baca Juga: Pesona Curug Pulosari Yogyakarta