Wisata Alam di Kabupaten MajalengkaMajalengka adalah salah satu kanbupaten di Provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sumedang di sebelah barat, Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Cirebon di timur, dan Kabupaten Kuningan, serta Kabupaten Ciamis di selatan.

Kota yang memiliki julukan kabupaten angin ini juga memiliki tempat wisata yang menarik loh, meski tak se terkenal kota bandung dan bogor, namun di bidang wisata alamnya majalengka nggak kalah bagus dari kedua kota tersebut. Majalengka tak bisa di pandang sebelah mata di pariwisata alamnya, nah mau tau dimana saja tempat wisata alam di kabupaten majalengka ini.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Tasikmalaya Yang Paling Populer

Gunung Batu Tilu

wisata alam di kabupaten majalengka

Potret wisatawan di Gunung Batu Tilu

Wisata yang berrasal dari sebuah legenda ini cukup tersohor. Konon, gunung batu tilu adalah seekor naga besar yang kepalanya berada di gunung ciremai, sementara itu ekornya memanjang hingga gunung batu tilu. Tempat ini juga berupa kumpulan tiga bukit dengan keindahan dan juga keunikanya yang berbeda.

Bukit ini memiliki nama puncak yang berbeda-beda, ada yang bernama puncak sukmana dan puncak gunung tilu, dan satunya belum di ketahui namanya.

Air Terjun Cilutung

wisata alam di kabupaten majalengka

Air terjun paling populer di Majalengka

Kondisi yang masih begitu asri nan alami membuat tempat ini selalu terasa sejuk jika di kunjungi, wisata ini jadi favorit wisatawan luar kota loh, selain dekat dengan pusat kotam pemdandangan alam curug ini tak di ragukan lagi di tambah airnya yang segar cocok buat bermain air.

Puncak Gunung Ciremai

wisata alam di kabupaten majalengka

Suasana di puncak gunung ciremai

Ciremai gunung yang bisa didaki dari berbagai sisi, selain melalui jalur Palutungan dan linggarjati di kuningan, ada juga jalur apuy yang berada di kabupaten majalengka, sama seperti jalur lainya lewat jalur ini kamu juga akan melewati 5 pos sebelum mencapai persimpaangan yang terhubung dengan jalur palutungan.

Pendakian melalui jalur apuy ini menjadi jalur favorit karna lintasannya nggak terlalu panjang, selain itu jika kalian lewat jalur apuy, selama perjalanan kamua akan di suguhkan pemandangan yang mengagumkan khas dari kabupaten majalengka.

Curug Muara Jaya

wisata alam di kabupaten majalengka

Salah satu curug di majalengka yang masih asri

Selain ke puncak gunung ciremai, kamu juga bisa menikmati air terjun di kampung apuy yang bernama curug muara jaya, curug maja, atau curug apuy. Air terjun bertingkat ini bersumber dari aliran sungai muara jaya, ketinggian air terjun ini mencapai 73 m. nah buat menjangkau curug ini, kamu hanya perlu menempuh 23 km dari pusat kota majalengka.

Bukit Sunda British

wisata alam di kabupaten majalengka

Panorama indah di Bukit Sunda Britis

Nah apa yang saya bilang di atas tadi, bagi kalian yang menyukai wisata alam nggak salah kan kalian kunjungi kabupaten ini? Gimana pemandangan alamnya. Salah satu spot yang cocok buat menikmati panorama itu adalah dari sebuah bukit, nah salah satu bukit yang cocok ya bukit yang di kenal dengan nama bukit sunda britis ini.

Kebun Teh Cipasung

wisata alam di kabupaten majalengka

Potret darri atas kebun Teh Cipasung

60 Kilometer dari pusat kota majalengka, ada perkebunan teh cipasung yang berada di desa cipasung, Kecamatan Lemahsugih. Di sini, kamu bisa menimati panorama areal perkebunan teh yang sejuk dan kadang-kadang berkabut di lereng gunung cakrabuana. Bagi kalian yang cari tempat spot foto dengan latar belakang bagus, maka kebun ini cocok buat kalian kunjuingi.

Curug Sempong

wisata alam di kabupaten majalengka

Curug ini memiliki banyak spot foto instagrammable

Meski majalengka tak memiliki wisata panatai, tapi daerah ini memiliki wisata air tejun yang banyak dan mempesona, salah satunya adalah curug sempong yang terletak di Desa Sidamukti Kecamatan Majalengka, dari pusat kota curug ini hanya berjarak sekitar 5 km saja, di sini kamu bisa nikmati pemandangan air terjun menawan yang di kelilingi tebing-tebing yang tinggi.

Talaga Nila

wisata alam di kabupaten majalengka

Potret seseorang yang sedang memancing di telaga Nila

Telaga yang memiliki air berwarna biru ini benar-benar ada loh di majalengka, telaga nila terletak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi dan di kenal juga dengan nama danau biru atau danau toska. Meski telaga ini tak begitu besar, pemandangan dan suasana di tempat ini nggak ada lawan.

Bukit Panyaweuyan Argapura

wisata alam di kabupaten majalengka

Bukit yang memiliki panorama alam terindah di majalengka

Salah satu destinasi wisata favorit bagi para fotografi, pemandangan datarannya memang paling menaik dan biasanya fotografer sendiri yang telah mendatangi tempat tersebut akan memilih datang pagi buta agar bisa melihat sunrise dan bukit yang berselimut kabut.

Lemah Putih

Potret sebuas patung dinosaurus di tanah putih

Wisata lemah putih ini membuat wisatawan merasa begitu segar. Sebab, ada pemandangan alam majalengka yang terlihat dari atas ketinggian, tak hanya itu saja ada juga suguhan taman dinosaurus, caffe, aneka hiburan, dan kolam renang. Nah itulah beberapa tempat wisata alam di kabupaten majalengka yang recommended buat kalian eksplore lebih dalam.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda