Wisata di Kota Batam– Terletak sangat jauh dari pulau jawa, Kota Batam sama sekali tak layak di sebut kota terpencil. Justru kota satu ini malah menjadi salah satu kota metropolitan yang paling maju di sumatera, bahkan di indonesia. Namun bukan hanya unggul pada bidang industri dan niaga saja, pariwisata di kota Batam juga tak kalah menarik dari kota-kota besar lain di indonesia.

Batam Juga menjadi gerbang pariwisata yang penting bagi indonesia karna letaknya yang strategis, berdekatan dengan singapura. Selain itu batam juga punya sisi rupawan tersendiri yang membuatnya pantas menjadi destinasi liburanmu selanjutnya. Nah penasran dimana saja tempat wisata di kota batam yang bisa kamu sambangi? Simak artikel di bawah berikut.

Baca Juga: 10 Tmpat Wisata di Purworejo Terpopulerr

Jembatan Barelang

wisata di kota batam

Salah satu jembatan yang menghubungkan berbagai daerah di Batan

Beberapa wilayah metropolitan di kota batam kebanyakan di hubungkan oleh Jembatan Barelang. Barelang sendiri merupakan akronim dari pulau-pulau yang di hubungkan olehnya seperti Batam, Rempang, dan Galang.

Jika Jogja memiliki tugu, Jakarta memiliki monas, maka Batam memiliki jembatan Barelang yang menjadi ikonik dari kota batam. Jembatan barelang sendiri sebenarnya ada 6, tapi hanya satu yang banyak di kunjungi wisatawan, yaitu jembatan barelang I yang menghubungkan pulau Batam dan Tonton. Jembatan dengan panjang 650 meter ini memiliki panorama indah dan hawa yang sangat sejuk.

Pantai Nongsa

wisata di kota batam

Potret indah pantai di Kota Batam yaitu pantai nongsa

Wilayah yang berupa kepulauan, batam gak diherankan lagi jika memiliki pantai yang eksotis. Salah satunya adalah pantai nongsa yang memiliki keindahan tersendiri, pantai ini terletak di Kecamatan Nongsa, Batam.

Pantai yang terkenal cantik ini jadi primadona bagi wisatawan berduit karna tempat wisata ini di fasilitasi dengan resort serta lapangan golf bertaraf internasional. Selain itu kamu juga bisa melihat siluet lanskap singapura dari kejauhan.

Pantai Sekilak

wisata di kota batam

Jembatan yang bisa jadi spot foto epic di pantai Sekilak

Pantai yang terletak di Desa Batu Besar, Kecamatan Nongsa, sebelah timur kota Batam ini menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar pantai. Di pantai ini kamu bisa menikmati panorama laut dari atas tebing-tebing bukit di tanjung kedabang, selain itu kamu bisa turun dan bermain air di bibir pantai dengan ombak yang landai dan pasir yang putih.

Ada juga danau buatan di sekitar pantai ini yang bernama teluk penyu, selain itu fasilitas lengkap juga di sediakan di pantai ini seperti prahu kayak, sepeda air, hingga memancing. Dengan apa yang di berikan pantai ini pasti membuatmu betah berlama-lama bermain di pantai ini.

Pulau Putri

wisata di kota batam

Pulau yang di juluki pulau kecil cantik

Dari pantai nongsa kamu bisa langsung menyebrang ke pulau putri, pulau ini merupakan salah satu pulau terluar yang di miliki indonesia, dengan harga yang cukup murah kamu bisa naik boat untuk menuju ke pulau ini.

Sesampainya di pulau ini kamu bisa menikmati keindahan alam, sembari menanti matahari tenggelam. Nah buat kalian yang kelaparan kalian bisa pesan langsung makanan yang di jual oleh warga setempat, ada beragam menu seperti, mie ayam, bakso, hingga jagung bakar.

Pantai Mirota

wisata di kota batam

Panorama alam indah di pantai Nongsa

Terletak di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang Baru, tempat ini tak jauh dari Jembatan “Barelang V”. Panorama yang indah serta pasir putih yang lebut dan air yang jernih, pasti akan membuatmu terpana saat melihatnya. Pantai ini dipercantik dengan resor-resor berupa kayu yang antik, selain itu kamu juga bisa bermain banana boat loh disini.

Pulau Galang

wisata di kota batam

Pulau yang memiliki banyak cerita-cerita mistis

Pada tahun 1979 – 1996, pulau galang ini menjadi saksi tempat perlindungan bagi pengungsi asal vietnam, yang di kenal sebagai manusia prahu mereka lari mengungsi menggunakan prahu kecil. Menurut data pengungsi akibat korban perang vietnam mencapai 250 ribu jiwa, nah kamu bisa melihat sisa bangunan yang dulunya digunakan untuk tinggal para pengungsi, atau kalian bisa kunjungi museum yang sampai sekarang masih bertahan.

Mega Wisata Ocarina Park (MWOP)

wisata di kota batam

Wisata kali ini mirip sekali dengan Ancol di Jakarta

Tempat wisata yang mirip dengan ancol di jakarta, ternyata bisa kamu temukan di kota batam. Mega wisata ocarina park ini merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga, di tempat ini kamu bisa bermain air di waterpark, atau menjajal wahana di taman bermainnya, sampai menikmati suasana pantai.

Bukit Senyum

wisata di kota batam

Panorama alam indah di puncak bukit

Bagi kamu yang mencari pemandangan kota medan dari atas ketinggian, sangat cocok buat kamu tuju bukit senyum. Kawasan wisata berupa perbukitan indah yang menjadi favorit bagi anak-anak muda untuk menghabiskan waktu. Dari bukit senyum ini kamu juga bisa liat siluet gedung-gedung pencakar langit singapura. Di malam hari kamu akan di sajikan gemerlap lampu kota batam.

Komplek Ngoya

wisata di kota batam

Jika tadi ada yang mirip ancol kali ini mirirp jalan yang terkenal di Kota Jogja yaitu Malioboro

Batam memang surganya tempat belanja tak terkecuali barang-barang BM, hehe. Makanya, tentu kurang lengkap kalau kamu gak berbelanja di batam. Salah satu tempat wisata belanja ada di ngoya hill, salah satu mall yang memiliki desain city walk, sehingga menyerupai kota mini, kamu bisa belanja bermacam produk, mulai dari barang elektronik, tas, sampai parfum, dan jam tangan.

Alun-alun Dataran Engku Putri

wisata di kota batam

Suasana di alun-alun ini sangat sejuk karna ada di dataran tinggi

Alun-alun ini di kelilingi oleh kantor-kantor pemerintahan, tapi alun-alun ini jauh dari kesan kaku dan kolot, lapangan ini justru tampak modern sehingga banyak untuk nongkrong anak-anak muda di batam. Nah itulah 10 tempat wisata di kota batam yang bisa kalian kunjungi.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda