Mau ke tempat wisata gratis di Bali? Pulau Dewata masih menjadi destinasi wisata paling populer di Indonesia. Bahkan, program 10 destinasi paling prioritas pun diberi nama “10 Bali Baru”. Hal ini membuktikan bahwa Bali masih menjadi kiblat pariwisata di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, Bali yang memiliki landscape alam yang eksotis, suasana tropis yang kental, kekayaan bahari yang menakjubkan, keunikan tradisi dan budaya yang terjaga hingga kini, hingga tata kotanya yang benar-benar tiada duanya menjadi daya tarik utama.

Popularitasnya dalam sektor pariwisata makro secara global pun tak main-main. Banyak wisatawan lokal yang menjadikan Bali sebagai pilihan tujuan wisata impian. Bahkan, wisatawan yang sudah pernah ke Bali pun ingin selalu kembali lagi untuk menghabiskan waktu di Bali.

 

Credit: Wisato[dot]id

Pantai Kuta

Belum lengkap jika berlibur ke Bali namun belum ke Pantai Kuta. Sebagai salah satu pantai paling populer di Bali, tentu pantai ini harus masuk ke dalam daftar destinasi kunjunganmu. Bahkan, banyak wisatawan yang menjadikan pantai ini sebagai urutan pertama sebagai tempat yang harus dikunjungi ketika ke Pulau Bali.

Kamu dapat bersantai menikmati suasana tropis yang unik sembari menikmati matahari terbenam yang menjadi salah satu daya tarik panorama di tempat ini. Ombaknya yang tenang pun cocok sebagai tempat untuk berselancar bagi kamu yang menyukai aktivitas atau olahraga air yang memacu adrenalin. Tidak hanya sekedar objek wisata.

Pantai ini juga memiliki sejarah panjang sebagai saksi bisu perjuangan rakyat Badung melawan penjajah di masa kolonial tahun 1906. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan berbagai tempat bersejarah di Kuta, sebut saja Tugu Peringatan Bom Bali, Patung Dewa Ruci, dan Taman Satria Gatotkaca. Menariknya, untuk berkunjung ke pantai ini, kamu tidak perlu merogoh kocek sepeserpun. Yup, gratis!

 

Credit: IntipSeleb

Pantai Jimbaran

Tempat wisata gratis di Bali kedua yang dapat kunjungi tanpa restribusi masuk adalah Pantai Jimbaran. Pantai ini hanya memakan waktu sekitar 18 menit waktu tempuh dari Bandara Ngurah Rai dengan berkendara. Pada jaman dahulu, pantai ini merupakan desa nelayan yang mana menjadi tempat pencaharian utama masyarakat sekitar. Jika kamu ingin berburu kuliner, kamu bisa datang ke pantai ini.

Banyak pilihan kuliner makanan laut yang enak dan memiliki harga yang tentu cenderung lebih rendah daripada ketika kamu mencari makanan laut di restoran biasa. Apalagi, makanan laut yang dihidangkan adalah hidangan segar yang belum melewati berbagai jenis pengawetan. Daya tarik lain dari pantai ini adalah landscapenya yang instagenic.

Cocok banget nih buat kamu yang ingin berburu foto pantai instagramble di Bali dengan budget hemat bahkan tanpa mengeluarkan budget sama sekali. Tak kalah menarik juga panorama matahari tenggelam yang berwarna jingga pada saat senja menjelang malam hari. Di sekitar lokasi, kamu juga akan menemukan banyak penginapan atau hotel mewah dan megah yang dapat menjadi pilihan akomodasi nyaman agar liburanmu lebih menyenangkan.

 

Credit: IDN Times

Pantai Suluban

Kamu mungkin sudah sering mendengar beberapa nama pantai populer di Bali seperti dua pantai yang sudah kita bahas sebelumnya. Sudah menjadi rahasia bahwa Bali sangat unggul dalam kekayaan baharinya, termasuk wisata pantai yang selalu menjadi objek wisata paling unggul di kalangan wisatawan. Sebenanarnya, ada banyak tempat lain yang bisa kamu kunjungi dan akan memperlihatkanmu sisi lain dari Pulau Bali.

Namun, pantai kali ini menjadi salah satu tempat wisata gratis di Bali yang dapat kamu kunjungi jika menginginkan tempat yang tidak seramai pantai lainnya di Bali. Pantai ini cenderung memiliki karakteristik ombak yang besar dan kuat. Jadi, tetaplah berhati-hati saat bersenang-senang. Terdapat dua buah batu karang raksasa yang mengapit jalan masuk menuju ke arah lautan.

Uniknya, landscape inilah yang menjadi salah satu spot utama para pemburu foto instagramable di pantai ini. Selain spot ini, kamu juga bisa naik ke atas batu karang tersebut untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian dengan daya pandang yang lebih luas.

 

Credit: Phinemo

Bukit Campuhan

Masih ingin berlibur ke Bali tapi bosan dengan pantai? Datanglah ke Bukit Campuhan. Objek wisata yang satu ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaikmu. Untuk datang ke sini, kamu tidak perlu membayar tiket masuk dan sebagainya. Kamu bisa trekking pada pagi hari untuk mendapatkan pemandangan perbukitan hijau yang segar dan sangat megah.

Terdapat jalan setapak yang dikelilingi oleh perbukitan hijau, lembah, dan padang rumput. Tempat ini sangat cocok untuk trekking, berjalan-jalan santi, jogging, maupun bersepeda santai bersama keluarga. Tenang, trek yang akan kamu lewati termasuk aman karena sudah di paving hitam sehingga dapat memudahkanmu untuk mengakses alam di bukit ini.

Menariknya, ada sebuah pura yang disebut Pura Gunung Lembah. Kamu bisa menikmati suasana alam di bukit ini sekalian berkunjung ke Pura Gunung Gunung Lembah tanpa dipungut biaya sepeserpun dan pastinya dapat kamu kunjungi kapanpun tanpa batasan waktu tertentu.

 

Credit: Travelspromo

Pura Taman Saraswati Ubud

Sudah menjadi ciri khas Bali, sebuah pulau yang sangat identik dan erat dengan keberadaaan sebuah pura. Ketika ke Bali, salah satu objek wisata utama yang pastinya wajib kamu datangi adalah pura-pura ikonik di tempat ini. Salah satu pura yang bisa kamu datangi tanpa harus mengeluarkan biaya berupa restribusi atau tiket masuk apapun adalah Pura Taman Saraswati yang berlokasi di Ubud.

Terdapat dua buah kolam bunga teratai, sebuah bunga yang erat dengan ajaran Buddha-Hindu, menyambutmu di kedua sisi jalan masuk menuju pura ini. Sepanjang jalan menuju pelataran utama, terdapat patung-patung kecil di kedua sisinya. Gaya arsitektur pura ini sungguh membuat tempat ini menjadi sangat estetik.

Bahkan, ketika kamu datang pada malam hari, kamu akan menemukan pemandangan unik sekaligus indah berhiaskan lampu-lampu malam yang menghiasi setiap sudut tempat ini membuat suasananya semakin hikmati sekaligus romatis.

Baca Juga:
Spot Foto di Bali Paling Instagramable dan Direkomendasikan Netizen, Hasil Foto Terbaik!
Cari Destinasi Baru? Jelajahi 5 Desa Wisata di Bali yang Unik Ini

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali