Wisata Kintamani – Bali memiliki banyak sekali daya tarik yang siap mengejutkan wisatawan. Keindahan wisata baharinya menjadi salah satu daya tarik paling populer di Bali. Kekayaan budaya dan adat istiadatnya yang masih terjaga dan lestari hingga saat ini pun menawarkan sebuah keunikan tersendiri.

Setiap daerah memiliki daya tariknya tersendiri. Sebut saja seperti kawasan Denpasar, Kuta, Nusa Dua, hingga Nusa Penida. Salah satu yang populer di antaranya adalah kawasan Kintamani. Berbeda dengan kebanyakan wilayah yang menonjolkan keindahan baharinya.

Kintamani justru populer dengan keindahan alam hijaunya yang sejuk dan menenangkan. Terdapat banyak desa wisata dengan pemandangan perbukitan, persawahan, hingga lembah dan pegunungan megah yang menjadi membuat wisatawan langsung jatuh hati saat mengunjungi kawasan wisata Kintamani.

 

Credit: Klook

Gunung Batur

Gunung Batur adalah destinasi utama yang ada di Kintamani. Selain banyak menjadi favorit wisatawan lokal, destinasi ini juga cukup populer bagi wisatawan manca-negara. Bagi kamu pecinta alam, destinasi ini sangat cocok untuk kamu kunjungi di Bali. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Sepanjang pendakian, kamu akan disuguhkan pemandangan alam Kintamani yang indah. Kalau kamu tidak terlalu suka kegiatan berat seperti mendaki atau trekking, kamu bisa menikmati suasana alam dan singgah di rumah makan atau penginapan setempat dengan latar belakang gunung.

Jalur ini juga cocok bagi pendaki pemula karena ada pengelola yang siap membantu dan mendampingi kamu menuju puncak. Meskipun gunung ini termasuk salah satu gunung aktif, aktivitas vulkaniknya cenderung rendah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir.

 

Credit: Traveloka

Danau Batur

Datang ke destinasi Gunung Batur tidak lengkap tanpa menikmati keindahan Danau Batur di kawasan kaki Gunung Batur. Tempat ini merupakan sebuah kaldera yang luas dan masih alami. Jika kamu lihat dari atas, danau ini berbentuk seperti bula sabit.

Keindahannya khas lembah dan perbukitan Kintamani yang memanjakan mata. Kamu dapat berkeliling menggunakan perahu untuk menikmati sensasi berbeda kawasan di sekitar Gunung Batur. Tempat ini memiliki topografi dan kontur yang masih alami dan indah.

Uniknya airnya yang jernih tampak hitam karena dibawahnya ada tumbuhan tertentu yang menjadikan warna perairan di danau ini tampak hitam. Sebaiknya, datanglah pada musim kemarau, sebab pada musim penghujan kamu akan lebih sulit melihat langsung permukaan danau.

 

Credit: Travel with Expedia Philiphines

Pura Ulun Danu Batur

Kamu pasti tidak asing lagi dengan adat istiadat Bali, bukan? Kintamani merupakan salah satu wilayah yang para penduduk desanya masih menjaga dan melestarikan adat istiadat Bali lama hingga kini. Kamu dapat melihat kegiatan peribadatan warga sekitar yang masih khas di Pura Ulun Danu Batur.

Lokasinya pun masih mudah dijangkau. Pada tahun 1917 terjadi leturan yang cukup besar di Gunung Batur sehingga pura lama yang dulu terletak di sekitar kawasan kaki Gunung Batur akhirnya dipindahkan ke lokasi yang sekarang dikenal sebagai Pura Ulun Danu.

Pura ini memiliki suasana yang tenang dan tentram berpadu dengan kesegaran alam dan arsitektur lokal yang artistik.

 

Credit: Atourin

Desa Penelokan

Desa ini adalah salah satu destinasi wisata populer di Kintamani. Ketika kamu berkunjung ke Gunung Batur, kamu akan menemukan desai ini. Tempat ini pun strategis sehingga seringkali menjadi tempat singgah untuk menginap bagi para wisatawan lokal maupun asing.

Tempat ini menjadi tempat singgah dari satu titik ke titik lainnya di kawasan ini, Seperti namanya, “Penelokan” berarti sebuah tempat untuk melihat-lihat. Kamu dapat menyaksikan kekayaan budaya Bali yang kental di tempat ini sekaligus merasakan sensasi menginap dengan pemandangan Gunung Batur.

Meskipun desa ini tergolong jauh dari beberapa objek wisata populer di Bali lainnya, akses menuju desa ini sudah terkelola dengan baik sehingga mudah untuk dijangkau wisatawan menggunakan mobil.

 

Credit: Desamind

Desa Trunyan

Kamu pernah mendengar mengenai tempat di Bali yang mana orang yang meninggal tidak dikuburkan? Yup, desa ini adalah tempat yang dimaksud. Alih-alih dikubur, warga desa akan menempatkan jasad orang yang sudah meninggal di bawah pohon.

Uniknya, meskipun ditempatkan di tempat yang terbuka, tubuh tersebut tidak berbau. Terdengar seram ya? Eitt, tenang. Kamu tidak perlu takut berkunjung ke desa ini karena suasana di tempat ini sebenarnya tidak seseram itu. Justru sensasinya tenang dan asri akan membuatmu melihat sisi lain dari desa wisata ini.

Budaya yang tidak biasa ini justru banyak menarik wisatawan untuk datang ke tempat ini karena penasaran. Destinasi wisata budaya dan alam ini memiliki memiliki peraturan setempat yang harus kamu patuhi, terutama jika mengunjungi pusat pemakaman warga setempat. Tempat ini paling cocok untuk berkeliling menikmati suasana desa menggunakan sepeda.

 

Credit: KintamaniI[dot]d

Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Terdapat sebuah tempat pemandian air alami yang berasal dari panas bumi di Kintamani bernama Pemandian Air Panas Toya Bungkah. Tidak heran karena tempat ini tidak jauh dari kawasan Gunung Batur yang merupakan gunung berapi yang masih aktif. Pemandian air panas ini terlihat mirip danau karena cukup luas.

Kamu bisa berenang bebas ataupun sekedar berendam. Suhu airnya sendiri bisa lebih dari 50 derajat. Kolam ini terbagi menjadi beberapa bagian yang dibagi menjadi kolam bebas dan kolam khusus untuk terapi. Cocok untuk wisata keluarga karena terdapat kolam khusus untuk balita dan anak-anak.

 

Credit: KintamaniI[dot]d

Gunung Abang

Selain Gunung Batur, ada juga wisata pegunungan lain di Kintamani yaitu Gunung Abang. Meskipun tidak sepopuler Gunung Batur, destinasi wisata ini menjadi salah satu tempat yang patut kamu kunjungi jika kamu menyukai wisata alam. Wisatawan biasanya memilih tempat ini karena cenderung tidak ramai pengunjung.

Jadi, suasananya pun lebih tenang dan hikmat dengan pemandangan alam khas pegunungan. Tempat ini pun cocok untuk berkemah. Pasalnya, tedapat area landai yang cocok untuk mendirikan tenda. Kamu juga dapat menyaksikan indahnya matahari terbit dari titik yang jarang orang temui ini.

 

Credit: GoTravela Indonesia

Museum Geopark Batur

Butuh tempat wisata dengan sensasi yang berbeda di Bali? Meskipun adat istiadat atau budaya Bali masih alami terjaga hingga saat ini oleh masyarakat setempat, berkunjung ke museum tetap patut kamu pertimbangkan. Terdapat sebuah museum yang bernama Museum Geopark Batur.

Museum ini menyimpan berbagai koleksi artefak, gambaran budaya, hingga bebatuan langka khas Gunung Batur. Saat ini, wisata ini juga semakin banyak dilirik oleh wisatawan yang datang ke Kintamani. Datanglah untuk merasakan sensasi berlibur yang berbeda di Bali.

 

Credit: Tribun Travel

Desa Pinggan

Desa Pinggan merupakan salah satu desa yang juga banyak dikunjungi wisatawan di Kintamani. Lokasinya pun tak jauh dari Desa Penelokan, Ada sebuah bukit di desa ini yang populer menjadi tempat berkemah bagi para pecinta alam tanpa harus mendaki gunung.

Selain itu, keindahan matahari terbit dari titik para wisatawan mendirikan tenda pun menjadi salah satu daya tarik bukit ini. Cocok bagi kamu yang senang suasana alam dan ingin berkemah tanpa perlu repot mendaki gunung. Jangan lupa persiapkan segala keperluan pribadi yang memadai ya.

Pasalnya, desa ini tergolong masih sangat asri dan bisa jadi banyak barang kebutuhan kamu yang akan sulit kamu temui di desa ini.

 

Credit: Ayo Bali

Ampupu Kembar

Salah satu objek wisata yang memiliki potensi tinggi di Kintamani adalah Ampupu Kembar. Kamu mungkin masih asing dengan nama objek wisata ini. Namun, ini adalah salah satu tempat yang wajib kamu pertimbangkan, terutama bagi kamu para pecinta alam yang senang aktivitas berkemah.

Kamu bisa berjalan-jalan atau mendirikan tenda sembari menikmati suasana hutan pinus yang rindang yang berhadapan langsung dengan sebuah danau yang indah. Kamu pun tidak harus berjalan kaki untuk menuju tempat ini. Pasalnya, sudah ada akses jalan khusus untuk kendaraan bermotor. Terdapat fasilitas pendukung lain seperti ayunan dan gazebo.

 

Baca Juga:
Spot Foto di Bali Paling Instagramable dan Direkomendasikan Netizen, Hasil Foto Terbaik!
6 Beach Club Bali Instagramble dan Paling Estetik, Tempat Chill Terbaik

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali