Wisata Kuliner di CirebonCirebon salah satu kota yang terletak di jawa barat, indonesia. Kota ini berada di pesisir utara pulau jawa atau yang di kenal jalur pantura, orang indonesia mana yang tidak mengetahui jalur pantura, nah untuk perkenal denga kota Cirebon sudah.

Kini kita bahas pariwisata di Cirebon. Nggak perlu panjang lebar wisata cirebon memang sangat menarik dan bisa jadi masuk daftar list tujuan liburanmu. selain tempat liburan yang menarik ada yang ketinggalan kalok belum coba kuliner cirebon yang tiada duanya ini, nah bagi kalian yang ingin wisata kuliner di cirebon. Berikut artikel yang cocok untuk kamu baca, karna berisi informasi tentang tempat-tempat wisata kuliner di cirebon.

Baca Juga: Tempat Wisata di Aceh Yang Begitu Indah

Kali pertama berlibur di cirebon, cobalah untuk menyantap kuliner Nasi Jamblang

wisata kuliner di cirebon

Gimana dari penampilannya saja tampak lezat

Bagi orang jogja tau solo pasti tidak asing dengan nasi kucing, nah nasi jamblang dari cirebon ini hampir mirip nasi kucing dari jogja solo ini, mungkin perbedaanya ada di cara pembuatan atukah jumlah isinya, ya jelas berbeda adalah cara makanya, coba baca artikel bawah ini.

Menurut runtuttan sejarah nasi jamblang ini merupakan nasi yang di jual pada zaman kolonial belanda. Tepatnya pada pembangunan jalan raya dari anyer ke panarukan oleh daendels. Para pekerja hanya bisa makan nasi bungkus daun jati ini, nah uniknya kuliner ini dari jaman dulu hingga sekarang yang masih sering di terapkan adalah, memakanya jika nasi sudah benar-benar dingin, padahal justru lebih enak nasi yang masih hangat bukna yang panas yaa.

Nasi Lengko, kuliner khas cirebon yang kaya akan protein nabati

wisata kuliner di cirebon

Nggak main-main nih rasanya

Wisata kuliner nasi lengko yang di jajakan di cirebon ini hampir sama dengan nasi pecel yang bisa kalian temui di madiun. Sama-sama makanan yang kaya akan sarat protein, Cuma hanya beda rasa sambalnya saja.

Berbeda juga dengan nasi jammblang, nasi lengko ini lebih lezat katanya kalau kamu santap saat masih hangat, nasi putih yang masih hangat, bertabur tahu tempe yang di goreng dan di potong-potong di tambah mentimun, tauge, kucai dan bawang goreng mantab.

Bernama Sate Kalong, Jangan salah paham kuliner ini bukan berbahan dasar kelelawar

wisata kuliner di cirebon

Penampilnya beda dari sate biasa

Sama halnya dengan sate di nusantara. Saya beri tau lagi sate ini bukan berbahan dasar daging kelelawar, melainkan daging kerbau yang sudah lembut, keunikan wisata kuliner cirebon kali ini ada pada si penjual seperti membawa kerbau yang masih hidup karna suara loncengnya yang masih terdengar. Wajib coba nih sate mantab, saya sudah cobain berkali kali.

Doncang. Kuliner khas cirebon yang tidak terlalu tenar ini, pernah jadi makanan favorit para Wali Songo loh

wisata kuliner di cirebon

Mirip-mirip soto tapi rasanya beda

Secara history makanan ini pernah jadi santapan favorit para wali, ketika menyebarkan agama di cirebon, Doncang meski bernama jelek tapi rasa makanan ini sangat digemari masyarakat cirebon.

Bahan dasar dari doncang, berbahan lontong dengan campuran daun singkong, tauge, tempe, gembus (dage) yang di hancurkan, dan parutan kelapa muda ini cocok di santap di kala pagi, karna kandungan protein, lemak, dan karbohidrat yang proporsional untuk sarapan.

Empal Gentong, makanan khas cirebon yang mirip Gulai

wisata kuliner di cirebon

Kuahnya keliatan menggoda

Mungkin kalok saya pribadi yang lihat lebih mirip soto ya, tapikan juga liat dari foto bukan melihat secara langsung jadi mungkin sedikit berberda.

Kuliner yang berisikan empal yang terdiri dari potongan daging dan jeroan sapi, seperti usus, babat, paru, dan bahkan limpa yang di tuangi santan dari kelapa. Cara memasak kuliner ini sedikit unik, seperti namanya Gentong, taukan apa itu gentong nah cara pengolahannya menggunakan gentong, maka dari itu dinamakan empal gentong, nah itulah tadi beberapa wisata kuliner di cirebon

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda