Wisata Kuliner di Manado– Kota di sulawesi utara yang menyimpan sejuta pesona, nggak cuma kekayaan alamnya, kearifan lokal masyarakat manado pun menjadi daya tarik tersendiri. Kota ini mendapat julukan kota tinutuan sama seperti palembang yang mendapatkan julukaan dari makanan khas kota tersebut, nah makanan khas kota manado yaitu titunuan bubur dengan campuran sayur

Nah kalok bicarain makanan khas manado saya punya banyak informasi nih, tentang makanan khas manado yang terkenal enaknya, mau tau? Baca sampai selesai artikel di bawah, berikut informasi wisata kuliner di manado yang terkenal:

Baca Juga: Wisata Kuliner Khas Makassar, Wajib Juga Kalian Coba

Bubur Manado atau Titunuan

wisata kuliner di manado

Berbeda dengan bubur biasanya

Bagi kamu yang baru pertama kali ke manado, cocok nih sarapan pagi pakek bubur manado atau yang di sebut juga Titunuan. Berbeda dengan bubur ayam jakarta atau bandung, bubur manado ini tampak lebih sehat karna menggunakan bahan sayur-sayuran.

Ayam Tuturuga

wisata kuliner di manado

Terlihat seperti opor ayam

Tuturuga adalah masakan opor ayam khas manado yang bisa di sajikan sebagai menu sehari-harinya, cita rasa makanan khas manado ini memang berbeda; gurih, legit, dengan sedikit rasa pedas. Berbeda dengan opor ayam di kota lain, ayam tuturuga ini di oleh dengan tambahan daun kemangi.

Nasi Jaha

wisata kuliner di manado

Berbahan dasar beras dan ketan

Kuliner satu ini sangat mudah di temukan di manado. Namanya Nasi Jaha, terbuat dari campuran beras dan ketan  yang di masak dalam bambu yang di baka, biasanya nasi jaha tersedia di hampir semua rumah makan dan restoran yang ada di manado.

Sambal Bakasang

wisata kuliner di manado

Sambel asal Manado yang terkenal pedas

Manado adalah kota yang terkenal dengan kuliner pedaasnya. Di manado kamu dapat menemukan aneka jenis sambal yang pedas dan lezatnya luar biasa. Nah salah satunya sambal bakasang, berbeda dengan jenis sambel lainya dan nggak ada di kota lain, sambel bakasang di buat dari campuran telur ikan, nah penasaran gak tuh sama rasa pedesnya.

Ayam Woku – woku

wisata kuliner di manado

Selain dinamakan ayam Woku-woku bisa juga di sebut rica-rica ikan

Kuliner pedas kali ini bernama ayam woku-woku atau sering di sebut rica-rica ikan, kamu yang mengicipinya dijamin akan ketagihan, makanan ini saya rekomendasikan untuk orang yang suka pedas, tapi yang nggak suka pedas juga bisa di coba.

Ikan Cakalang Fufu

wisata kuliner di manado

Makanan khas manado yang di olah dengan cara di asap

Kuliner kali ini bermenukan sebuah ikan cakalang fufu yang tersohor sebagai hidangan khas minahasan. Ikan cakalang fufu manado di oleh dengan cara di asap atau di bakar, dan yang bikin beda dari hidangan ini adalah sambalnya, sambal yang cocok buat ikan cakalang ini adalah sambal dabu-dabu, sambal yang di buat dengan di iris-iris bukan di uleg.

Rica Rodo

wisata kuliner di manado

Cocok nih buat yang suka sayur-sayuran

Rica rodo adalah salah satu kuliner unik khas manado. Makanan ini juga paling cocok buat kamu yang memang doyan menyantap sayur-sayuran, bahan utama makana ini adalah terong, adapula irisan jagung manis yang gurih dan renyah.

Nasi Kuning Woka

wisata kuliner di manado

Hampir sama dengan nasi kuning biasa namun rasanya beda

Nah untuk nasi kuning woka ini spesial dan hanya bisa kalian temui di manado meskipun nasi kuning banyak di indonesia, untuk nasi kuning woka ini berbeda. Nasi kuning yang di campur dengan abon ikan dan di bungkus daun woka. cara penyajian yang unik itu menjadi makanan ini hanay tersedia di manado.

Klappertaart

wisata kuliner di manado

Cemilan yang terkenal asal Manado

Yang suka cemilan? Nih cemilan khas manado Klappertaart. Cemilan khas manado ini di katakan warisan belanda yang sampai sekarang masih di lestarikan, dan bahkan menjadi makanan khas manado, bahan dasar makanan ini adalah kelapa muda, kue ini sangat cocok dimakan pas hawa dingin.

Pisang Goroho

wisata kuliner di manado

Makanan unik asal Manado

Kuliner kali ini berupa Pisang Goroho, pisang khas dari sulawesi utara, pisang ini enak di santap langsung maupun diolah dengan cara di goreng, keunikan pisang ini adalah tingkat kematangannya, jika biasa nya pisang enak di makan kalok sudah matang, justru pisang satu ini lebih enak di makan saat masih muda manisnya lebih terasa katanya, aneh sih, nah itulah sedikit informasi tentang wisata kuliner di manado.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda