Paket Wisata Jogja – Prambanan, sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO yang terkenal, tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur candi yang megah, tetapi juga berbagai pilihan kuliner yang menggoda di sekitarnya. 

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Prambanan bersama keluarga, banyak opsi kuliner yang dapat memenuhi selera dan preferensi masing-masing anggota keluarga. Mulai dari masakan lokal yang autentik hingga hidangan internasional yang lezat.

Mengunjungi warung makan atau restoran tradisional di sekitar Prambanan akan memberi pengalaman kuliner yang autentik bagi keluarga. Hidangan-hidangan ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan pengalaman budaya yang kaya dan mendalam bagi seluruh keluarga.

Buat momen berkumpul bersama keluarga yang menyenangkan di sekitar Prambanan dengan mengunjungi rekomendasi wisata kuliner berikut ini!

Abhayagiri Restaurant

Credit : Golf Plus One Media

Abhayagiri Restaurant terletak di area Sumberwatu Heritage Resort, tepatnya di alamat Sumberwatu, Sambirejo, Prambanan, Sleman. Kamu bisa mengunjungi tempat ini setiap hari dengan jam operasional pada pukul 11.00 – 21.30 pada weekdays dan pukul 10.00 – 22.00 WIB pada weekend.

Tempat ini memberikan pengalaman kuliner yang setara dengan hotel bintang lima di Yogyakarta. Pengunjung akan disuguhkan keindahan alam sekitar yang mempesona, serta kualitas layanan dan makanan yang sangat memuaskan.

Restoran ini akan menyuguhkan keindahan Gunung Merapi dan hamparan sawah yang luas. Disini kamu juga bisa melihat keindahan Candi Prambanan dari jarak jauh dan pemandangan Candi Sojiwan yang menawan.

Kali Opak Resto

Credit : Kali Opak Resto

Berlokasi di Jl. Prambanan, Desa Pulir Rejo, Bokoharjo, Sleman, tempat ini memiliki nuansa budaya Jawa dalam balutan resto yang terkesan klasik. Disini kamu bisa menyantap hidangan lezat bersama keluarga sambil menikmati sejuknya pemandangan sungai.

Daya tarik dari restoran ini  adalah bentuknya yang menyerupai rumah Joglo serta hawa sejuk yang mampu membuat pikiran menjadi segar kembali. Kamu juga bisa menikmati serunya makan sambil main air, karena disini disediakan bangku dan meja di sungai yang dangkal.

Kali Opak Resto buka mulai dari pukul 07.00 sampai 20.00 WIB setiap harinya. Jika kamu lebih menyukai suasana sepi dan terhindar dari keramaian, kamu bisa mengunjungi tempat ini waktu pagi atau menjelang sore hari.

Baca juga: Fakta Candi Prambanan Wajib Kamu Ketahui

Rama Shinta Garden Resto

Credit : IDN Times

Rama Shinta Garden Resto terletak di Jalan Raya Solo – Yogyakarta KM 16, Klurak, Tamanmartani, Kapanewon Prambanan, Sleman. Disini kamu bisa menikmati kelezatan makanan khas Jawa sambil melihat pemandangan Candi Prambanan dari jarak dekat.

Restoran ini juga memiliki desain interior dan eksterior yang unik dengan dekorasi sederhana yang memberikan nuansa khas Jogja. Selain itu, disini juga ada pertunjukan Shinta Obong yang menjadi atraksi wisata andalan dari tempat ini.

Menunya juga beragam dengan varian khas nusantara, harganya juga masih terjangkau yang mulai dari Rp20.000. Ketika mengunjungi tempat ini ada baiknya untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar kamu tidak kehabisan tempat.

Lesung Cafe & Resto

Credit : IDN Times

Berlokasi di Lengkong, Candi Ijo, Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Sleman, tempat ini menawarkan panorama indah dengan pemandangan dari atas bukit, serta hamparan sawah dan pedesaan yang masih asri.

Lesung Cafe and Resto buka setiap hari dari pukul 15.00 sampai 21.00 WIB. Tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan menikmati keindahan sunset, sambil menikmati kelezatan kuliner yang disajikan.

Bale Roso Resto Prambanan

Credit : Laris Manis

Bale Roso Restoran terletak di Jalan Raya Piyungan – Prambanan KM 4, Potrojayan, Madurejo, Kapanewon Prambanan, Sleman. Restoran ini cocok sebagai tempat singgah bersama keluarga atau rombongan dalam jumlah yang banyak.

Menu utama yang disajikan dan paling favorit disini adalah gurami bakarnya. Selain itu ada juga aneka olahan ayam, bebek, nila, lele, dan seafood. Harganya juga masih terjangkau dan tempat ini juga buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 21.00 WIB.