Wisata Medan – Siapa yang penasaran ingin berlibur ke Medan? Ibu kota Sumatera Utara ini memiliki banyak tempat wisata menarik untuk kamu kunjungi, baik di dalam kota maupun di sekitarnya. Selain wisata sejarah dan budaya, ada pula tempat kuliner yang terkenal lezat loh.

Simak dulu 12 rekomendasi tempat wisata di Medan terbaik sekaligus paling populer ini jika kamu baru pertama kali datang ke Medan. Tak kalah menarik dengan banyak destinasi wisata terpopuler di Indonesia lainnya. Langsung saja berikut daftar rekomendasinya versi LABIRU TOUR!

 

Credit: Travel Kompas

Danau Toba

Bagi kebanyakan orang, Danau Toba adalah alasan utama liburan di Medan! Kawasan wisata di sekitar danau ini berjarak sekitar 150 kilometer arah selatan Kota Medan dan dapat ditempuh dari Medan dengan waktu tempuh minimal 4 jam menggunakan mobil. Cukup jauh memang dari pusat kota Medan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mencari penginapan yang dekat dengan kawasan wisata ini.

Pilihan lainnya adalah dengan mengambil paket liburan ke Medan agar bisa beristirahat di perjalanan dan tidak lelah berkendara. Jika Anda menginpa di area dekat Danau Toba, salah satu cara terbaik untuk menjelajahi Danau Toba dan Pulau Samosir adalah dengan paket liburan ke Medan bersama dengan tour agent.

Air Terjun Sipiso Piso

Credit: Kompas

Air Terjun Sipiso Piso

Air terjun Sipiso Piso adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Tempat ini dekat dengan salah satu dari banyak viewpoint yang mengarah ke Danau Toba karena berada di sisi danau terbesar di Indonesia ini. Air terjun Sipiso Piso juga menjadi salah satu objek wisata terpopuler saat berlibur ke Danau Toba.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 120 meter dan debit air yang deras dan diameter cukup lebar. Area ini pun menawarkan pemandangan yang sangat cinematic meski dari kejauhan. Airnya jatuh dalam bentuk yang benar-benar vertikal dari atas ke bawah berpadu dengan landscape tebing berselimut tanaman hijau bagai tirai.

 

Credit: Kompas

Bukit Holbung Samosir

Jika Anda berhasil mendaki bagian terbaik dari Bukit Holbung, Anda pasti akan melihat dua pemandangan yang sama indahnya. Di salah satu spot, Anda bisa melihat panorama megahnya Danau Toba dari ketinggian. Sementara dari sisi yang lain, Anda bisa melihat lembah dan perbukitan hijau yang menakjubkan.

Bukit Holbung di Samosir memang istimewa karena menawarkan dua pemandangan sekaligus yang luar biasa. Pendakian ke puncak tidak membutuhkan banyak tenaga karena bisa kamu tempuh hanya dalam waktu sekitar 15 menit saja dari pos masuk kawasan ini.

 

Credit: Tempat Wisata

Istana Maimun

Istana Maimun bisa dibilang merupakan objek wisata paling populer di kawasan Kota Medan. Inilah istana Kesultanan Deli yang juga ikonik sebagai lambang kota Medan. Istana ini pun dirancang oleh arsitek Tentara Kerajaan Belanda untuk Raja Deli pada zaman dahulu dengan desain klasik yang elegan dan megah.

Arsitektur bangunannya membuat istana ini cukup terkenal – desain interiornya menggabungkan unsur Melayu, Muslim, Spanyol, India, Belanda, dan bahkan Italia. Sungguh perpaduan yang unik. Hingga saat ini, Istana Maimun telah menajdi museum sekaligus salah satu objek wisata paling populer di Medan.

 

Credit: Museum Tjong A Fie Mansion

Museum Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion merupakan sebuah mansion di kota Medan yang dibangun oleh Tjong A Fie, seorang saudagar yang makmur di kota Medan pada akhir abad 19 hingga awal abad 20. Ia juga merupakan salah satu tokoh berpengaruh terbaik di kota ini.

Kediaman pribadi miliknya pun kini telah diubah menjadi museum dan Anda juga dapat mengagumi bangunan Art Deco yang menggabungkan pengaruh Cina dan Eropa yang unik. Arsitekturnya konon dipengaruhi oleh Cheong Fatt Tze Mansion yang terkenal di Penang, yang muncul di salah satu adegan klimaks Crazy Rich Asians!

 

Credit: Andalas Tourism

Masjid Raya Al-Mashun

Masjid Raya Medan merupakan salah satu peninggalan bersejarah dan termasuk masjid tertua di Medan. Masjid ini dibangun pada masa kerajaan Deli, dengan gaya arsitektur yang memadukan Maroko, Spanyol, dan Melayu. Anda akan melihat masjid ini berdiri kokoh dan megah dengan keunikan arsitektur yang akan membuat Anda terkagum-kagum.

Bentuknya pun unik, nampak seperti segi delapan dengan interior yang berbeda dari masjid lain pada umumnya. Menurut beberapa laporan, luas Masjid Raya Medan mencapai 5.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 2.000 jamaah. Wah! Jika berkunjung ke Medan, Anda wajib untuk datang ke tempat bersejarah ini.

 

Credit: Hari Pers Nasional

Galeri Tjong Yong Hian

Tjong Yong Hian Gallery adalah sebuah taman yang dibangun oleh Tjong Yong Hian, salah seorang pengusaha sukses dan tokoh berpengaruh lainnya di kota Medan pada akhir abad ke 19. Ia juga merupakan saudara dari Tjong A Fie yang merupakan pendiri Tjong A Fie Mansion Museum.

Tjong Yong Hian dan Tjong A Fie bergandengan tangan mengembangkan usaha hingga menjadi salah satu dari dua orang terkaya di Medan. Taman yang juga dikenal sebagai Taman Bunga atau Taman Tjong Yong Hian ini dibuka pada tahun 2011 dan pernah menjadi rumah bagi Tjong Yong Hian.

Taman ini juga dibuka sebagai objek wisata di Medan untuk mengenang peran besar Tjong Yong Hian dalam pembangunan kota Medan pada masa itu. Selain itu, tempat ini juga menarik untuk dikunjungi karena memiliki suasana sejuk dan tenang layaknya taman private.

 

Credit: Agenda Indonesia

Ucok Durian

Ucok Durian hanyalah salah satu dari sekian banyak penjual durian yang ada di Medan. Meksi begitu, tempat ini begitu terkenal dan melegenda sehingga bisa kita sebut sebagai salah satu tempat wisata Medan. Pasalnya, tempat ini adalah surganya durian. Cocok bagi kamu pecinta buah dan olahan buah durian.

Saking terkenalnya, bahkan Presiden Joko Widodo juga pernah berkunjung ke tempat ini pada tahun 2017 saat beliau datang ke Medan bersama para pejabat besar lain yang datang bersama beliau. Seperti slogan yang terpampang di tempat ini “Jangan bilang pernah ke Medan, kalau belum mampir ke Ucok Durian”.

 

Credit: Biaya Kuliah

Toko Pusat Bolu Meranti

Ingin mencari oleh-oleh khas Medan yang menarik dan cocok untuk diberikan kepada siapa saja?

Berkunjunglah ke Toko Pusat Bolu Meranti di Medan. Tempat ini memang bukan objek wisata tapi menjadi salah satu tujuan wajib saat kamu datang ke Medan. Kamu bisa berburu oleh-oleh bolu yang lezat dengan penyajian dan pengemasan yang cantik.

Toko Pusat Bolu Meranti kini memiliki tampilan baru dengan desain modern. Harga per gulungan Bolu Meranti dibanderol mulai 80 ribuan saja dengan berbagai varian. Selain Bolu khas Medan ini, kamu juga bisa memesan bolu varian lain seperti Bolu Sunkist, Bika Ambon, Lapis Legit, Kue Sus, Nastar, Pancake Durian, Brownies dan Pia.

 

Credit: Phinemo

Maha Vihara Maitreya

Maha Vihara Maitreya Cemara Asri atau biasa dikenal dengan Vihara Cemara Asri merupakan salah satu vihara terbesar di Indonesia yang terletak di Medan. Vihara ini dibangun pada tahun 1991 dan diresmikan pada tahun 2008. Kawasan ini pun cukup luas – dibangun di atas tanah seluas 4,5 hektar yang mana dapat menampung hingga 6.000 orang di tiga aula yang berbeda. Wah!

Viara yang juga menjadi objek wisata di Medan ini memiliki arsitektur dan dekorasi khas Tionghoa dengan setting yang unik. Ada pula Taman Quan The Am, sebuah taman bermain anak-anak. Selain itu, ada pulau toko suvenir di area ini jika kamu tertarik untuk membeli pernak pernik lucu dan khas sebagai oleh-oleh.

Menariknya lagi, bangunan ini terletak di sebelah danau kecil yang indah dengan pepohonan hijau disekitarnya. Beberapa bangau dapat terlihat mengapung di atas danau bak lukisan.

 

Credit: Panduan Wisata

The Le Hu Garden

Rekomendasi tempat wisata berikutnya adalah The Le Hu Garden. Taman ini awalnya merupakan sebuah taman pribadi di halaman rumah yang kemudian diubah menjadi objek wisata taman yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan tambahan.

Siapa sangka perkembangan area ini setelah dijadikan objek wisata, tempat ini menarik perhatian banyak wisatawan. Lalu dibuatlah sebuah danau buatan di sini yang membuatnya semakin indah dan semakin menarik minat untuk dikunjungi.

Udaranya pun juga sejuk karena letaknya cukup jauh dari pusat kota Medan – hampir satu jam perjalanan ke arah selatan kota. Tak jarang tempat ini menjadi spot foto prewedding bagi pasangan loh karena keindahannya.

 

Credit: Pariwisata Sumut

Kebun Binatang dan Taman Rahmat

Kebun Binatang dan Taman Rahmat ini terletak di Perbaungan, Serdang Bedagai, Medan. Objek wisata ini dibangun oleh pengusaha pariwisata dan aktivis lingkungan Dr. H. Rahmat Shah.

Meski letaknya cukup jauh dari kota Medan yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan darat roda empat, kebun binatang ini cukup populer.  Tentu saja, kebun binatang ini didesain dengan sangat apik dan cantik!

Area kebun binatang ini dibangun di atas tanah seluas 20 hektar. Sangat cocok sebagai tujuan wisata keluarga, terutama bagi Anda yang membawa anak kecil. Tempat wisata ini menyenangkan dan edukatif, Si Kecil dapat belajar banyak tentang berbagai flora dan fauna endemik, serta kawasan konservasi.

 

Baca Juga:
7 Tempat Wisata di Sumatera Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi!
Aktivitas Liburan Seru di Medan Bikin Ketagihan

Paket Wisata di Cina

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Cina