Wisata Palembang – Salah satu daerah di Sumatera Utara ini memiliki banyak wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Palembang bersama keluarga maupun sahabat. Palembang menawarkan ragam wisata yang menarik. Mulai dari wisata budaya dan sejarah, wisata edukatif, hingga wisata alam yang indah untuk diabadikan ke dalam galeri perjalananmu.

Sebelum kamu berkunjung ke Palembang, simak terlebih dahulu 10 rekomendasi wisata di Medan paling populer yang wajib untuk kamu kunjungi dan akan sangat sayang jika kamu lewatkan. Berikut daftar rekomendasi wisata Palembang.

 

Credit: Halo Palembang

Jembatan Ampera

Berkunjung ke Palembang rasanya kurang lengkap tanpa mengunjungi jembatan ikonik di Palembang ini. Terletak di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Jembatan Ampera menjadi ikon kebanggaan Kota Palembang yang paling terkenal.

Pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara, panjangnya lebih dari 1000 meter, lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter. Jembatan Ampera didesain ulang untuk Asian Games 2018 dengan memasang dua jam analog besar di dua menara, memberikan tampilan jembatan yang keren dan modern.

Suasana malam Jembatan Ampera sangat indah dengan gemerlapan lampu kota yang temaram membuatnya terlihat semakin indah dibandingkan saat siang hari. Romantis dan sangat cinematik!

 

Credit: Indonesia Kaya

Museum Balaputra Dewa

Museum Balaputra Dewa atau Balaptradeva menyimpan koleksi prasejarah, Sriwijaya, Kesultanan Palembang, dan kolonial Belanda. Tempat ini berlokasi di Jalan Sri Jaya 1, Kecamatan Alang Alang Lever, Kota Palembang. Museum ini juga menampilkan koleksi patung megalitik dari Sumatera Selatan dan memberikan informasi tentang sejarah berdirinya Kerajaan Sriwijaya.

Selain itu, ada pula peninggalan Kesultanan Palembang, Rumah Limas yang tergambar di uang kertas 10.000 rupee, dan Rumah Ulu. Untuk memasuki tempat ini, pengunjung harus merogoh kocek sebesarĀ  Rp 2.000 untuk dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak untuk mengunjungi Museum Balaputradeva.

 

Credit: Syakal IAIN Kediri

Masjid Cheng Ho

Berlokasi di Perumahan Jalan Pangeran Ratu TOP Atlit, Kelurahan 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Masjid Cheng Ho merupakan masjid yang arsitekturnya didesain dengan sangat unik dengan mengusung konsep perpaduan budaya Palembang, Tionghoa, dan Arab.

Masjid yang memiliki nama lengkap Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho ini merupakan simbol multikulturalisme yang ada di Palembang dengan warna khas hijau dan merah yang mendominasi masjid. Masjid ini memiliki konsep unik namun menarik untuk dipandang mata.

Menariknya, kamu bisa berfoto tanpa membayar tiket masuk loh. Dari pusat kota Palembang, Masjid Cheng Ho berjarak sekitar 8 km dan dapat ditempuh sekitar 20 menit dengan kendaraan roda dua atau empat.

 

Credit: Wikipedia

Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak terletak di Jalan Sultan Mahmoud Badaruddin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Benteng ini menjadi objek wisata dengan bangunan bersejarah di tepi Sungai Musi. Dibangun pada tahun 1780, benteng ini ditata oleh Dewan Kota Palembang membentuk alun-alun di halaman depan benteng dengan bangku, warung makan, dan persewaan perahu untuk berwisata di Sungai Musi.

Diperlukan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk mengunjungi Benteng Kut Besak. Jaraknya sangat dekat dengan pusat kota Palembang sekitar 4 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

 

Credit: Good News From Indonesia

Pulau Kemaro

Pulau Kemaro terletak di tengah Sungai Musi dan terbentuk dari proses alami pengumpulan tanah dan lumpur di muara sungai hingga membentuk sebuah pulau. Pulau Kemaro adalah rumah bagi situs bersejarah seperti pagoda sembilan lantai, kuil Hoc Chin Rio, kuil, Pohon Cinta, dan Makam Penjaga Pulau.

Pengunjung akan merasakan suasana Negeri Tirai Bambu. Dengan hanya beberapa ratus penduduk, pulau ini selalu dipadati wisatawan dan menjadi salah satu destinasi terpopuler di Palembang. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat perayaan Cap Nga Mae atau 15 Tahun Baru Imlek, karena ada berbagai kegiatan memeriahkan Cap Nga Meh, antara lain barong sai, pertunjukan teater, wayang potehi, pertunjukan musik, dan wisata kuliner.

Beberapa hari kemudian. Pulau Kemaro tidak jauh dari Jembatan Ampera, sehingga wisatawan bisa menyewa perahu dengan berbagai ukuran sesuai kapasitasnya. Harga sewa perahu bervariasi mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 2.000.000 pulang pergi.

 

Credit: NativeIndonesia

Bukit Siguntang

Bukit Siguntan merupakan tempat yang dianggap suci dan penuh kharisma sejak abad 14-17. Di tempat ini terdapat makam para tokoh keturunan Kerajaan Sriwijaya. Letaknya di Jalan Sri Jaya Negara di Desa Bukit Lama, Kecamatan Ilir Balat 1, Palembang. Karena sejarahnya, Bukit Siguntan juga merupakan tempat pemujaan umat Buddha, dengan bukti patung Buddha granit setinggi 2,77 meter.

Bukit Siguntan banyak dikunjungi para peziarah untuk bersantai hingga menjadi lokasi pemotretan prewedding mereka. Untuk mengunjungi Bukit Siguntan dari pukul 07.00 hingga 16.00 diperlukan tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang dewasa dan Rp 2.000 per anak.

 

Credit: Tribun Wiki

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya merupakan situs purbakala Kerajaan Sriwijaya di tepi Sungai Musi, berhadapan dengan Jalan Shakyakrti di Desa Karanganyar, Kecamatan Gandus. Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya menyimpan berbagai artefak dengan informasi pendukung untuk menambah wawasan pengunjung. Situs ini juga menampilkan pulau buatan, taman rumput, dan replika kapal Laksamana Zheng He, tempat foto yang populer.

 

Credit: Republika

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II berlokasi di Jalan Jend. Sudirman, 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Kota Palembang. Masjid ini adalah masjid terbesar di Palembang yang merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam.

Dibangun pada tahun 1748, masjid ini mengusung perpaduan arsitektur Palembang, Cina, dan Eropa. Masjid ini juga menjadi saksi bisu perjuangan melawan penjajahan Belanda. Ikuti wisata religi Masjid Raya Sultan Mahmud Badaruddin II selama kunjungan kamu ke Palembang.

 

Credit: NativeIndonesia

Taman Wisata Alam Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu merupakan kawasan hutan kota yang terletak di Palembang, tepatnya Alang Alang Lebar, Kaliya Baru, Jalan Coronel Burrian Km 6.5. Taman seluas sekitar 50 hektar ini sering digunakan sebagai area piknik atau tempat piknik sehingga ideal untuk perjalanan keluarga.

Taman Alam Punti Kayu menawarkan pengunjung daya tarik yang unik, terdapat replika keajaiban dunia, zona pertanian, dan rubah terbang. Untuk mengunjungi Punti Cayu, kamu perlu merogoh kocek sebesar 20.000 – 25.000 pada hari biasa.

Sedasngkan, pada hari libur kamu perlu membayar lebih mahal yaitu Rp 30.000 per orang dewasa dan Rp 25.000 per anak. Kendaraan yang dibawa pengunjung juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

 

Baca Juga:
7 Tempat Wisata di Sumatera Terpopuler yang Wajib Kamu Kunjungi!

Pertama Kali ke Medan? Ini Dia 12 Tempat Wisata Medan Terbaik!

Paket Wisata di Asia

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Asia