Wisata Sejarah di Sleman– Kabupaten Sleman, kabupaten yang banyak di kenal sebagai kota penghasil salak pondok ini ternyata memiliki tempat wisata bersejarah yang banyak, mulai dari museum hingga peninggalan-peninggalannya seperti istana, masjid, makam, candi, dll ada semua di sleman, yah itu karna luas kabupaten sleman yang bisa di bilang paling luas di provinsi DIY.

Slema juga di kenal dengan gudangnya candi ada sangat banyak candi kabupaten sleman, buat kalian yang tertarik dengan situs bersejarah, maka kabupaten sleman adalah pilihan yang paling tepat, untuk di kunjungi bersama keluarga, nah buat kalian yang punya agenda berwisata di daerah sleman, saya ada sedikit informasi tentang wisata sejarah di sleman yang harus kamu sambangi. Berikut wisata sejarah di sleman yang wajib kalian eksplorasi:

Baca Juga: Destinasi Wisata di Pulau Sumbawa Yang Mendunia

Candi Prambanan

wisata sejarah di sleman

Sebuah Candi yang sudah dikenal dunia dan di akui UNESCO

Siapa yang nggak kenal dengan candi prambanan, salah satu candi di indonesia yang sudah di akui dunia dan UNESCO, komplek candi ini merupakan candi yang tertinggi yang ada di indonesia, terdapat 6 candi yang berdiri menjulang, yaitu candi wisnu, syiwa, brahma, garuda, nandi, dan angsa, keenamnya berada di dalam plataran (halaman) dalam.

Candi prambanan buka dari jam 06:00 pagi – 17:00 sore WIB. Harga tiket masuk wisata ini adalah, untuk turis dewasa Rp 30.000,-/orang dan anak-anak Rp 12.500,-/orang

Museum Gunung Merapi

wisata sejarah di sleman

Potret Museum Gunung Merapi dengan latar belakang gunung merapi asli

Wisata Museum Gunung Merapi sengaja di bangun sebagai edu-wisata bagi peloncong akan masalah vulkanologi, sosial, dan budaya, masyarakat di sekitar gunung merapi, museum ini berada di dusun banteng, desa harjobinangun, kec pakem, kab sleman, yogyakarta. Mapirlah coba liat ada koleksi apa saja di dalam musium gung merapi ini

Museum Dapur Tradisional

wisata sejarah di sleman

Koleksi dari Museum Dapur di sleman, Source by: detik.com

Keprihatinan seseorang warga sleman atas terkikisnya minat masyarakat atas alat dan makanan tradisional dari tanah jawa, dari kekecewaan itu, maka lahirlah museum dapur tradisional, sebuah museum yang yang berisi peralatan dapur tradisional, lokasi wisata ini ada di desa wisata kembangarum, turi, sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Boko

wisata sejarah di sleman

Potert candi yang penuh dengan cerita mistis

Candi satu ini memang memilik sejarah yang sudah sangat terkenal, siapa sih yang tidak tau candi boko? Yang dulunya merupakan bekas kerajaan ratu boko (ayah roro jonggrang). Lokasi candi ini terletak di dua desa yaitu desa bokoharjo dan desa sambireja, sleman. Di tempat ini  kalian bisa mempelajari sejarah terbentuknya candi boko.

Candi Ijo

wisata sejarah di sleman

Panorama di candi ijo begitu indah

Wisata bersejarah kali ini bernama di candi ijo, ijo dalam dalam bahasa indonesia berarti hijau (warna hijau). candi peninggalan kerajaan hindu yang di bangun pada tahun 906 Masehi ini merupakan candi tertinggi di yogyakarta, tepatnya berada dalam ketinggian 375 mdpl di bukit hijau atau gumuk hijau, nah itulah mengapa dinamai candi ijo.

Candi ini memiliki 11 teras alias anak tangga yang lumayan tinggi, di atas puncaknya kamu bisa melihat pemandangan alam yang sangat mengagumkan, candi ini terletak di dusun goyokan, desa sambirejo, sleman.

Candi Abang

wisata sejarah di sleman

Potret Wisatawan yang bermain di atas bukit Candi Abang

Tadi candi ijo yang berarti hijau kini candi abang yang berarti merah. Tapi kamu jangan heran jika sampai di tempat candi abang ini, karna kalian tidak akan menemukan sebuah candi, melainkan hamparan bukit hijau yang luas yang akan kalian temui, nah pasti kalian binung dimana letak candinya? Candi itu terletak tepat di bawah bukit itu, jadi candinya terpendam.

Candi ini juga dulunya dikenal sebagai candi yang unik dan langka karna bahan dasar pembuatan candi dari batu bata merah, karna sangat jarang sebuah candi yang di buat dari batu bata merah. Nah jika kalian berkunjung ke tempat wisata ini kamu bisa bermain main ke bukit yang ada di atas candi, candi ini terletak di dusun jogotirto, kec berbah, sleman.

Candi Sambisari

wisata sejarah di sleman

Candi yang baru di temukan tahun 2016 lalu akibat terkubur sedalam 6,6 meter

Wisata candi yang terkenal dengan halaman yang luas ini awalnya terkubur dalam tanah, dengan kedalaman sekitar 6,6 meter oleh material vulkanik bekas lahar dingin akibat letusan gunung merapi pada tahun 1000 M. Candi hindu ini nggak sengaja di temukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul di sawah.

Nah itulah beberapa informasi dari kami Labirutour tentang tempat wisata bersejarah di sleman, semoga bermanfaat.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda