Wisata Songgon di Banyuwangi– Trekking ke Gunung Ijen, menyusuri padang savana Baluran, atau berjalan-jalan di garis pantai Pulau Merah? Tak bisa dipungkiri, ketiga destinasi tersebut memang tak bisa dihilangkan dari image pariwisata Banyuwangi. Tapi, bukan berarti Banyuwangi hanya itu-itu saja dan “kehabisan stok” destinasi wisata alam yang epik. Setahun belakangan ini, wisata di Songgon Banyuwangi mulai menyeruak ke permukaan, tak mau kalah dari destinasi ikonik Banyuwangi lainnya.

Songgon merupakan salah satu kecamatan di Banyuwangi yang berada di dataran tinggi, tepatnya di lereng Gunung Raung. dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi menuju kecamatan Songgon. Namun, perjalanan yang panjang akan terbayarkan dengan panorama lanskapnya yang hijau menyejukkan mata.

Letak geografis Songgon yang berada di daerah pegunungan ini lah yang kemudian memilki banyak potensi wisata alam yang indah. Di sana, banyak dijumpai perkebunan-perkebunan, air terjun, wisata hutan, dan adventure. Kira-kira, apa saja hal yang bisa dilakukan di Songgon, Banyuwangi? Berikut ulasan dari kami (Labirutour):

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Outbound di Banyuwangi Terbaru

Spot Foto Instagrammable di “Hutan Pinus Songgon”

wisata songgon di banyuwangi

Potret pengunjung di Hutan Pinus Songgon

Terletak di area dataran tinggi, Hutan Pinus selalu menjadi lokasi yang rindang dan sejuk untuk menemani kegiatan wisata anda. Salah satu wisata Hutan Pinus di banyuwangi adalah di Hutan Pinus Songgon ini.

Hutan Pinus di Songgon ini memiliki pemandangan yang sejuk dengan seluruh area yang penuh di tumbuhi oleh pohon pinus. Di bagian bawah pohon pinus, pengelola wisata menambahkan beberapa spot foto permainan dan berfoto yang sangat unik seperti bola dan payung warna-warni, rumah kayu, ayunan, gerbang bunga, sewa kuda, dan sungai yang mengalir dasar di bawahnya.

Keseruan Bermain Rafting & Tubing di Sungai Badeng

wisata songgon di banyuwangi

Salah satu wahana permainan di Songgon (Rafting/Arung Jeram)

Songgon juga memiliki sungai bersumber dari mata air pegunungan yang sangat segar. Kondisi sungai yang relatif berisi oleh bebatuan muntahan gunung menciptakan spot arung jeram / rafting yang bagus. Pengelola wisata setempat sukses menciptakan rute rafting dan tubing yang bisa anda gunakan untuk beruji nyali.

Dengan jarak yang di tempuh hingga mencapai 7 km, anda bisa memilih jenis permainan rafting atau tubing untuk kelompok anda. Permainan air ini akan memacu adrenalin anda dalam mengarungi sungai di lereng Gunung Raung. Tentu anda akan di temani skipper berpengalaman serta peralatan keamanan standar arung jeram. nah buat kamu yang mau mengarungi sungai ini atau bermain rafting kalian bisa beli Paket Rafting di sini: Paket Rafting Songgol Banyuwangi

Tambah Pengetahuanmu di Wisata Sejarah “Rowo Bayu”

wisata songgon di banyuwangi

Wisatawan yang menyewa prahu di Rowo Banyu

Rowo Bayu merupakan area wisata sejarah yang ada di songgon banyuwangi. Wisata ini menjadi saksi bisu bagaimana perjuangan rakyat banyuwangi yang dipimpin oleh Prabu Tawang Alun melawan para penjajahan.

Wisata Rowo Bayu memiliki spot-spot religi yang dijadikan tempat sakral untuk warga setempat beberapa area seperti petilasan, sumber mata air, dan rawa itu sendiri memiliki makna sejarah yang luar biasa, anda juga dapat berkunjung di wisata ini dan melihat beberapa candi-candi bangunan bersejarah lainnya.

Panorama Alam Indah Bisa Kamu Lihat Dari “Green Gumuk Candi”

wisata songgon di banyuwangi

Pemandangan alam indah dari Green Gumuk Candi

Green Gumuk Candi sebenarnya adalah wisata baru yang ada di songgon Banyuwangi. Wisata ini menawarkan area kolam pemandian umum yang bisa anda kunjungi bersama keluarga anda. Kolam renang ini berada di ketinggian yang diskelilingnya terdapat pepohonan hijau rindang.

Untuk menuju area wisata ini, anda cukup menyiapkan HTM sekitar Rp 5.000,-/orang dan bisa menikmati semua spot wisata Green Gumuk Candi. Spot wisata tersebut mulai dari kolam renang, gazebo-gazebo teduh, serta omah kayu yang sangat asyik untuk bersantai.

Rasakan Segarnya Bermain Air di “Air Terjun Temcor”

Potret air terjun temcor dengan ketinggian 10 meter

Air Terjun Temcor ini memiliki keunikan yang luar biasa bagi seluruh mata yang memandang. Air Terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini memiliki titik aliran air yang sangat banyak. semuanya aliran air tersebut berasal dari curahan sawah-sawah di sejitar hulu air terjun temcor.

Nama temcor sendiri berasal dari bahasa madura yaitu Temor Cora, dengan arti timur jurang. Atau di deskripsikan bahwa air terjun ini berada di sebelah timur jurang desa sragi, songgon, Banyuwangi.

Nikmati Pengalaman Bermalam di Tengah Dinginnya udara Banyuwangi di “Villa Bejong”

Salah satu penginapan di Songgon Banyuwangi

Destinasi di Songgon selanjutnya adalah villa Bejong. Villa ini sebenarnya bukan tempat wisata. Seperti villa pada umumnya, Villa Bejong digunakan untuk bermalam para tamu. Namun, karena banyak orang yang membagikan foto villa Bejong di instagram, akhirnya Villa Bejong dibuka untuk umum. Setiap pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Berfoto dan menikmati kesejukan udara Sragi menjadi kegiatan utama yang bisa dilakukan di Villa Bejong ini. Spot foto paling favorit, berada di mushola villa. Arsitektur villa yang vintage dengan hamparan hijaunya perkebunan di sekitar villa menjadi latar belakang foto yang apik.

Namun, jika ingin merasakan pengalaman bermalam di villa ini, pengunjung bisa menyewanya dengan hara 450 per malam. Villa ini menawarkan pengalaman bermalam di tengah perkebunan Bejong yang sejuk dan hijau. Fasilitas yang diberikan pun standart di antaranya 2 bed, water heater, guide, free wifi, dan makan untuk dua orang. Harga per malamnya sebesar sebesar Rp450.000 per malamnya.

Bermain di Kebun Buah Durian – Wisata Banyuwangi Songgon

Kampung durian yang terletak dekat dengan wisata Songgon

Songgon banyuwangi juga memiliki potensi alam perkebunan yang luar biasa. Banyak sekali petani yang menanam berbagai macam buah di desa ini. Bahkan salah satu agenda festival buah banyuwangi, songgon adalah lokasi acara tersebut di gelar.

Berbagai macam buah-buahan yang ada di songgon seperti Durian, Manggis, Pisang, Kepundung, Langsep, dan lain sebagainya.

Buat teman-teman yang mau liburan ke banyuwangi, dan inilah saatnya eksplorasi wisata banyuwangi songgon yang memiliki potensi pariwisata luar biasa. Nah itulah sedikit informasi dari kami (Labirutour) mengenai wisata songgon di banyuwangi.

Baca Juga: Harga Paket Outbound di Banyuwangi Terbaru

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda