Paket Tour – Salatiga, kota yang terletak di Jawa Tengah adalah surga tersembunyi bagi kamu yang mencari pengalaman wisata yang kaya budaya dan alam yang menakjubkan. Dengan sejarah yang kuat dan pesona alam yang indah. Salatiga adalah destinasi yang mungkin belum banyak dikenal oleh wisatawan, namun menyajikan berbagai daya tarik yang siap untuk dieksplorasi.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke kota yang satu ini, kamu wajib tahu destinasi terbaik di Salatiga. Mulai dari rekomendasi wisata alam, buatan, hingga budaya semua tersaji dengan sempurna. Penasaran apa saja destinasi wisata tersebut, yuk simak!

Pohon Pengantin Salatiga

Credit : Rio Rimbanu

Objek wisata yang satu ini sangat terkenal di antara penduduk Kota Salatiga. Pohon ini berlokasi di tepi sawah Desa Pulutan. Karena letaknya yang unik, dan menjadi satu-satunya pohon yang tumbuh di sana. Maka banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk sekedar melihat atau berfoto di dekat pohon. 

Kamu pasti penasaran kenapa dinamakan Pohon Pengantin, terdapat mitos yang mengatakan bahwa jika pasangan datang ke sini hubungannya akan langgeng. Namun ada juga yang mengatakan bahwa nama tersebut berasal dari banyaknya pasangan yang melakukan foto prewedding di sana.

Desa Wisata Tingkir Lor

Credit : Alfayra Nabila Zahrayni

Desa wisata yang diresmikan pada tahun 2014 ini berlokasi di Desa Tingkir Lor, Kec. Tingkir, Kabupaten Salatiga, Jawa Tengah. Daya tarik utama dari desa ini tentunya lanskap alam yang luar biasa, kamu dapat melihat panorama dua gunung sekaligus dari sini. Selain pemandangan dari Gunung Telomoyo dan Merbabu, kamu juga akan merasakan suasana asri pedesaan yang dikelilingi oleh sawah. 

Menariknya lagi kamu bisa memilih paket wisata jika datang ke desa ini, seperti paket religi Makam Mbah Abdul Wahid, paket budaya nabuh gamelan, paket gowes ning tingkir, dan paket edukasi coklat tempe. Jadi bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, dijamin gak akan bosen.

Mata Air Senjoyo

Credit : Jalan Bentar

Destinasi wisata sekaligus sumber mata air PDAM Kota Salatiga menjadi tempat yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Lokasinya berada di jalan Senjoyo IV, Kadipuro, Gendongang, Tingkir, Kota Salatiga. 

Kamu akan menjumpai air yang sangat jernih dan bersih di sini, bahkan Mata Air Senjoyo tercatat tidak pernah mengering bahkan di kemarau sekalipun. Menariknya lagi, terdapat ritual yang terkenal berkaitan dengan mata air ini. Ritual Kungkum, yaitu berendam semalaman di mata air dengan tujuan mengharapkan keberkahan. Kamu tidak perlu ragu untuk berkunjung ke sini, karena akses jalannya sudah sangat baik.

Baca juga: Warung Legendaris, Kuliner Soto Mbok Giyem Boyolali

Lapangan Pancasila

Lapangan Pancasila dikenal juga sebagai Alun-alun Pancasila. Bagi kamu yang suka olahraga dengan suasana sejuk dan damai, kamu bisa berkunjung ke sini. Selain tempatnya cukup luas dan cocok untuk jogging, kamu juga bisa bermain sepak bola atau menggunakan alat olahraga lain yang sudah disediakan di sini. 

Kamu tidak perlu khawatir kelaparan jika sedang asyik di sini, banyak kios atau pedagang kaki lima yang berjualan berbagai jenis makanan. Menariknya lagi, kamu dapat menjumpai sebuah monumen bertuliskan tiga tokoh pahlawan nasional asal Salatiga di sini. Yakni Adi Sucipto, Brigadir Jenderal Sudiarjo dan Komandan Yos Sudarso.

Wisata Gunung Merbabu Salatiga

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gunung Merbabu? Gunung ini merupakan gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.145 mdpl. Tidak heran jika banyak anak muda yang ingin melakukan pendakian di gunung satu ini. Setidaknya ada lima jalur pendakian resmi, yaitu jalur Wekas-Magelang, Selo-Boyolali, Cuntel-Semarang, Suwanting-Magelang dan Thekelan-Semarang. 

Bagi kamu yang ingin mendaki, perlu diingat bahwa sistem pendaftaran untuk melakukan pendakian di Gunung Merbabu sudah melalui sistem online (tidak bisa offline/langsung lagi). Untuk harga tiket masuk Merbabu sangat terjangkau yaitu Rp5000 – Rp10.000/orang. Tidak perlu khawatir terkait fasilitas, karena sudah terdapat pusat informasi pendakian, rest area(termasuk kios jajanan), kamar mandi, jasa porter, dan lainnya

Taman Wisata Kopeng Salatiga

Bagi kamu yang sedang mencari destinasi wisata yang cocok untuk rekreasi keluarga, kamu wajib tahu yang satu ini. Taman Wisata Kopeng beralamat di Jalan Raya Kopeng, Magelang Km.15 Getasan. Di sini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan bersama keluarga, seperti i waterpark, taman seluas 4,17 hektar, ATV, playground, outbound centre, resort, fun billiard, resto hingga VIP family karaoke.

Selain itu kamu juga dapat melakukan camping ground di sini, untuk peralatan camping juga sudah disediakan oleh pihak pengelola (sewa). Dengan suasana sejuk khas pegunungan dan pemandangan alam yang indah, camping bersama keluarga bukanlah pilihan yang buruk. 

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Semarang